Blog Rakamin Academy

Bidik 7 Strategi Social Media Marketing untuk Optimalisasi Bisnis

Insights 2 Mar 2023

Dewasa ini, social media tidak dapat dipisahkan dari kehidupan generasi millenial. Popularitas social media yang tidak terbantahkan ini diaplikasikan dalam berbagai hal.

Salah satunya adalah membangun jejaring bisnis baik untuk skala kecil, menengah maupun besar.

Nah, buat para pebisnis kece diluar sana pastinya penggunaan social media bisa menjadi peluang untuk mendatangkan calon audiens.

Sebab social media merupakan sebuah tools yang sangat penting dalam mengukur keberhasilan strategi digital marketing yang diciptakan dalam bentuk social media marketing.

Berdasarkan definisinya, social media marketing adalah salah satu bentuk dari digital marketing dengan menggunakan media sosial untuk memasarkan produk maupun jasa melalui paid (berbayar).

Social media marketing melibatkan berbagai aktivitas seperti membangun kehadiran di jejaring sosial, menyebarkan brand awareness, melibatkan pelanggan melalui konten yang diunggah dan meningkatkan konversi ROI (Return of Investment), mengarahkan traffic ke situs website dan lain sebagainya.

Dengan memanfaatkan social media tentunya membuka kesempatan untuk membangun kedekatan dengan audiens sebab customer terbiasa mengaksesnya setiap hari.

Melansir survei yang dilakukan oleh Marketing Insider, sebanyak 52 social media marketer percaya jika social media juga punya pengaruh secara positif dalam mempengaruhi pendapatan dan penjualan perusahaan.

Maka pemilihan platform media sosial benar-benar sangat dipertimbangkan demi tercapainya target audiens yang dibuat.

Lalu apa sih strategi dalam menerapkan social media marketing untuk optimalisasi bisnis? Simak artikel selengkapnya yuk!

1.  Membuat Content Marketing yang Relevan

Strategi yang pertama yang bisa dilakukan dalam menerapkan social media marketing adalah membuat konten.

Pernahkah diantara kamu mendengar tentang quotes “content is the king?” Memang tidak salah sih.

Tapi kenapa kok pendekatannya harus membuat konten dulu?

Jawabannya adalah kalau misalnya konten yang kita buat menarik dan membuat audiens jadi tertarik maka secara organik memiliki pengaruh secara signifikan terhadap keberhasilan strategi social media marketing.

Membuat content marketing tidaklah mengeluarkan biaya yang mahal. Justru ini merupakan kesempatan berharga kalau kamu memanfaatkannya dengan baik.

Content marketing yang baik akan membantu pebisnis dalam mencari kata kunci telusur yang tepat, mendatangkan customer yang tepat dan memiliki keterkaitan terhadap masalah yang memang dikeluhkan oleh konsumen.

2.  Manfaatkan Brand Advocate

Brand advocate adalah orang atau sekumpulan orang yang selalu membicarakan pengalaman dan kepuasannya dalam menggunakan suatu produk.

Disini konsumen bisa menceritakannya dalam bentuk review maupun ulasan tanpa perlu dibayar atau diberi imbalan apapun.

Bisa dibilang brand advocate merupakan salah satu aset yang mahal dimiliki oleh pebisnis karena mereka ini adalah konsumen yang paling loyal.

Mereka juga sering terlibat aktif dalam membagikan informasi mengenai produk dan brand, baik melalui media sosial maupun dilakukan secara langsung kepada orang-orang di sekitar.

Dengan adanya brand advocate maka bisa jadi sumber evaluasi yang sangat baik untuk perusahaan.

Kritik atau saran yang diberikan oleh brand advocate sangat relevan atas dasar pengalamannya secara langsung dan tidak ada kesan menjatuhkan brand anda.

Malah dengan brand advocate ini sangat terbantu sehingga adanya repurchase dapat mereka lakukan.

3.  Tetapkan Metrik dan KPI dalam Social Media Marketing

Apapun tujuan bisnis dan campaign yang anda jalankan maka semua harus berlandaskan dengan data.

Artinya semua indikator-indikator yang dikumpulkan berfokus pada metrik social media yang penting.

Kumpulkan seluruh data yang berkaitan dengan bisnis anda kemudian sandingkan dengan metrik sebagai pengukurannya.

Ada beberapa metrik di social media yang perlu anda ketahui yaitu reach, click, engagements, conversion, Click Through Rate atau CTR dan lain sebagainya.

4.  Buat Konten yang Beragam

Kalau konten yang dibuat sudah menarik dan relevan dengan kebutuhan bisnis maka yang selanjutnya adalah konsisten.

Jangan lupa untuk selalu eksplor dalam menciptakan konten-konten yang dibuat. Bisa dalam bentuk video, podcast, audio, reels, dan lain-lain.

Konten-konten yang berhasil dibuat bisa dilakukan pendalaman lebih lanjut untuk bahan evaluasi dalam konten selanjutnya.

Disini kamu bisa meningkatkan ketertarikan audiens terhadap konten melalui berbagai jenis media.

Dengan membuat konten secara konsisten maka personality pada brand anda menjadi lebih kuat.

5.  Menjalankan Campaign di Berbagai Channel

Agar kegiatan social media marketing anda menjadi lebih maksimal maka anda bisa melibatkan berbagai channel social media terkait campaign yang sudah dibuat.

Strategi ini dijalankan oleh hampir semua perusahaan yang sudah menggunakan social media sebagai pilar dalam melakukan kegiatan pemasaran produk.

Pastikan untuk membuat campaign iklan sesuai dengan karakteristik social media yang ingin dibangun.

Misalnya pada akun Linkedln maka konten-konten yang dibuat lebih bersifat professional.

Sedangkan pada akun Tiktok lebih ke konten-konten yang sifatnya hiburan. Namun semua kembali pada tujuan anda sehingga inline dengan konten yang bisa dinikmati oleh audiens anda.

6.  Lakukan Analisis Kompetitor

Analisis kompetitif atau pesaing adalah praktik penting untuk pemain baru dan yang sudah ada.

Analisis pesaing berkala membantu perusahaan mengawasi pesaingnya, mengidentifikasi peluang, dan siap menghadapi ancaman yang akan datang.

Apapun strategi yang ingin dibangun oleh pebisnis maka analisis kompetitor adalah kuncinya.

Analisis kompetitor dapat membantu anda untuk mengenali siapa pesaing dalam bisnis anda. Luangkan waktu untuk mempelajari bagaimana pesaing anda

7.  Manfaatkan Fitur Live Chat

Seperti yang kita ketahui, live chat adalah sebuah fitur dalam website bisnis yang memudahkan komunikasi antara pengelola website dan pelanggan.

Live chat merupakan sebuah web service untuk membantu komunikasi secara real-time dengan pengunjung website.

Adanya fitur live chat dalam sebuah website dapat memudahkan pelanggan dalam menghubungi pengelola website saat membutuhkan informasi mengenai suatu produk atau bantuan.

Bisa dalam bentuk informasi lebih lanjut mengenai detail suatu produk atau jasa yang disediakan oleh penjual atau kesulitan pelanggan dalam mengoperasikan fitur lain dalam website.

Saluran komunikasi melalui Live Chat akan mendorong penjual dan pelanggan dapat berinteraksi secara proaktif.

Itulah tadi strategi social media marketing yang dapat diterapkan oleh pebisnis. Memang dalam praktiknya, tidaklah mudah untuk mengaplikasikan strategi diatas.

Namun jika berhasil maka strategi digital marketing yang kamu bangun terukur dan dapat membuat bisnis menjadi lebih berkembang.

Nah buat kalian yang ingin belajar lebih dalam terkait social media marketing, ada informasi menarik untuk kamu!

Bootcamp Digital Marketing dari Rakamin Academy menantimu guys! Ikuti perjalanan akselerasi karir selama 18 Minggu bersama expert tutor yang berpengalaman di bidangnya.

Mereka akan siap membantu kamu untuk belajar bareng seputar digital marketing.

Dapatkan benefit-benefitnya kalau kamu serius dan pengen banget ikutan Pelatihan Digital Marketing!

Kalian juga bisa cobain dulu Rakamin Trial Class. Disini kalian bisa menambah skill baru seputar digital marketing. Yuk tunggu apalagi, buruan daftar sekarang guys daripada tunggu nanti-nanti!

Tag

Reyvan Maulid

Writing about Data Science and Digital Marketing Topics. Penyuka Seblak dan Maklor!

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.