Blog Rakamin Academy

Intip 12 Pelatihan Digital Marketing Online Terbaik dan Terpercaya

bootcamp digital marketing 17 Feb 2023

Apakah kamu memiliki rencana untuk berkarir di bidang digital marketing?

Jika iya maka karir di bidang digital marketing sangat cocok untuk kamu. Tidak dapat dipungkiri apabila karir digital marketing punya prospek yang cerah.

Sejalan dengan perkembangan internet dan derasnya arus teknologi maka profesi digital marketing semakin banyak diincar oleh perusahaan-perusahaan yang sudah mulai bertransformasi ke sistem pemasaran digital.

Sebuah data yang dilaporkan oleh WBR Digital menyebutkan bahwa bisnis yang menerapkan strategi digital marketing memiliki tingkat keberhasilan 81 persen dalam meningkatkan penjualan.

Terlebih digital marketing juga memiliki jenjang karir yang luas.

Biro Statistik Tenaga Kerja Amerika Serikat memproyeksikan bahwa semua pekerjaan akan tumbuh pada tingkat 8% antara tahun 2020 dan 2030.

Tetapi digital marketing justru punya proyeksi yang berbeda.

Bureau of Labor Statistics United States mengatakan bahwa dari 2020–2030, posisi marketing research analyst dan marketing specialists mengalami peningkatan permintaan sebesar 22%.

Peningkatan besar-besaran juga menempatkan marketing research analyst dan marketing specialists dalam daftar pekerjaan baru terbanyak dalam kurun waktu 2020–2030 berada di nomor 11 dengan proyeksi 163.300 pekerjaan baru.

Kursus digital marketing menjadi sebuah pilihan bagi pemula yang ingin belajar seputar Digital Marketing maupun experienced yang ingin putar haluan untuk menapaki jenjang karir di ranah digital marketing.

Ada banyak variasi materi yang disajikan karena setiap kursus yang ada memiliki spesialisasi yang berbeda-beda walaupun masih dalam lingkup yang sama.

Dengan mempelajari digital marketing, Anda dapat menguasai beberapa keahlian sekaligus sehingga Anda akan dapat memilih dari beragam pilihan jabatan yang ada.

Seperti SEO Specialist, Social Media Manager, Search Engine Marketing Analyst, Analytics Manager, Paid Ads Specialist, Performance Marketing Content Marketing Manager, dan masih banyak lagi.

Tidak perlu memusingkan masalah latar belakang pendidikan sebab mayoritas kursus digital marketing membimbing peserta kursus dari nol hingga mahir.

Apalagi belajar digital marketing tidak hanya populer untuk orang-orang yang memiliki bisnis saja namun juga dapat menarik orang-orang yang ingin mendalami ilmu ini untuk keperluan dunia kerja.

Berikut ini Rakamin bagikan informasi seputar rekomendasi kursus digital marketing yang bisa kamu jadikan wishlist untuk belajar skill baru.

Apakah kalian penasaran? Yuk simak selengkapnya melalui artikel berikut ini!

1. Rakamin Academy

Rekomendasi kursus data science yang pertama yaitu Rakamin Academy. Rakamin Academy bekerjasama dengan expert lulusan Master of Education dari Top Global Universities untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Kurikulumnya juga sudah didesain sehingga peserta mudah mempelajari dan mengikuti bahkan untuk NON-IT sekalipun.

Setiap peserta juga akan dibimbing dari nol.

Modul-modul yang diajarkan juga sudah disesuaikan dengan kasus industri sehingga akan sesuai dengan kebutuhan pekerjaan yang berhubungan dengan digital marketing.

Peserta juga diberikan akses materi, bahan bacaan, tugas, mini project dan Virtual Internship Experience dalam Learning Management System.

Adapun lulusan kami juga sudah diterima di berbagai perusahaan melalui program job connector yang diselenggarakan oleh Rakamin Academy.

Jadi tunggu apa lagi segera daftar langsung dan kunjungi official website Rakamin Academy untuk info lebih lanjut seputar kursus digital marketing.

2. RevoU

Kursus digital marketing kedua yaitu RevoU. RevoU adalah lembaga pendidikan teknologi yang berfokus pada pendidikan & pelatihan kompetensi digital.

RevoU masuk Indonesia pada tahun 2019 dan didirikan oleh Matteo Sutto, mantan petinggi di Zalora dan iPrice, dan RevoU sendiri merupakan gabungan dari dua lembaga pendidikan teknologi di Tiongkok dan Amerika Serikat, yang dikhususkan untuk pelajar Indonesia.

Bootcamp yang diadakan oleh RevoU biasanya berdurasi kurang lebih 3 bulan, dan dilanjutkan dengan program pelatihan dan pendampingan pencarian kerja selama 3 bulan.

Seluruh program pendidikan RevoU diadakan secara online yang memungkinkan pelajar untuk belajar dengan nyaman dari rumah

3. Digital Marketing School

Kursus digital marketing selanjutnya adalah Digital Marketing School.

Digital marketing school memberikan materi terupdate dan pengajar yang kompeten dibidangnya, sehingga menghasilkan lulusan yang memiliki skill yang sesuai dengan kebutuhan industri.

Selain itu dari Digital Marketing School juga memiliki keunggulan yaitu sertifikatnya diakui oleh negara.

Adapun materi dari Digital Marketing School yang diakui oleh BNSP yaitu Social Media Specialist dan Digital Marketing.  

Kelas ini menyediakan kebutuhan media sosial dari A – Z, mulai dari ide konten, trend media sosial, analisis pertumbuhan followers, copywriting dan caption, mengelola dan menjadwalkan konten media sosial, dan masih banyak lainnya. Kamu juga bisa kunjungi websitenya disini.

4. Hacktiv8

Hacktiv8 menyelenggarakan Digital Marketing Bootcamp yang bisa diikuti oleh pemula yang ingin belajar seputar digital marketing.

Adapun kurikulum yang disusun telah dirancang sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan di industri.

Nantinya peserta juga dapat merancang strategi dan praktik dalam menjalankan campaign pemasaran digital.

Disini peserta akan menjalani kursus selama 8 minggu dengan dibimbing oleh instruktur professional dan fasilitas 1-on-1 mentoring dan sesi konsultasi pengembangan diri untuk memiliki growth mindset.

Di akhir nantinya peserta akan diberikan pelatihan karir dan dihubungkan dengan hiring partner dari Hacktiv8.

5. Binar Academy

Terakhir datang dari Binar Academy. Di course ini, kamu akan belajar Facebook Ads, marketing strategy, critical thinking dan masih banyak lagi.

Kamu akan dibimbing hingga menguasai ilmu Digital Marketing dari dasar sampai penerapannya dalam pekerjaan.

Mulai dari Digital Marketing Fundamental, Competitor Mapping, Performance Analysis, Facebook Ads Optimization, Paid Marketing Strategy dan lain-lain.

Adapun keunggulan dari kursus data science Binar Academy adalah belajar 3 kali seminggu bareng fasilitator mendapatkan challenge di setiap chapter yang dipelajari oleh peserta kursus, kemudian mendapatkan feedback dari fasilitator terkait dengan hasil pembelajaran yang telah dilakukan, lalu dilanjutkan dengan sprint review, job connect, graduation dan final presentation.

6.  eMarketing Institute

Sedikit berbeda dengan tempat kursus digital marketing yang lain, eMarketing Institute memfasilitasi para calon pemasar untuk belajar melalui e-book digital marketing yang telah mereka sediakan.

Total ada 10 topik sertifikasi dari e-book digital marketing yang dapat Anda pelajari secara GRATIS, yaitu:

  • E-commerce Certification
  • Affiliate Marketing Certification
  • Blogging Certification
  • Content Marketing Certification
  • Email Marketing Certification
  • Online Marketing Fundamental Certification
  • SEO Certification
  • Social Media Marketing Certification
  • Search Engine Marketing Certification
  • Web Analytics Certification

Jadi, kamu tinggal pilih aja deh mau ambil kursus digital marketing di bidang apa.

7.  Ahrefs Academy

Buat kamu yang mungkin mempelajari SEO (Search Engine Optimization) pasti sering dengar tools yang satu ini, bukan?

Ahrefs merupakan perusahaan penyedia tool optimasi website yang memfasilitasi user-nya dengan topik-topik seputar SEO.

Saat ini ada 6 topik kursus digital marketing yang dapat Anda ikuti secara GRATIS di Ahrefs Academy, yang mana salah satunya merupakan sertifikasi SEO.

6 topik tersebut adalah:

  • Ahrefs Certification Course
  • How to Use Ahrefs
  • SEO Course for Beginner
  • Blogging for Business
  • Advanced Link Building
  • The Best of Ahrefs TV

8.  Twitter Flight School

Tempat belajar digital marketing yang satu ini mungkin kurang familiar bagi Anda.

Namun, ini cukup bermanfaat apabila Anda ingin menjalankan kampanye Twitter Marketing.

Ya, Twitter Flight School merupakan tempat kursus digital marketing yang disediakan Twitter untuk orang-orang yang tertarik di dunia Twitter Marketing, khususnya Twitter Ads.

Ada beragam topik materi digital marketing yang dapat Anda ambil secara GRATIS, dari tingkat Beginner, Intermediate, hingga Advanced.

9. Google Skillshop

Kalian tahu nggak, ternyata Google menyediakan digital marketing course yang bisa kamu gunakan nih, namanya Google Skillshop.

Google Skillshop merupakan tempat kursus digital marketing yang difasilitasi langsung oleh Google untuk mempelajari produk-produk mereka secara GRATIS.

Ada 8 topik yang dapat Anda pelajari, yaitu:

  • Google Ads
  • Google Marketing Platform
  • Analytics Academy
  • Google My Business
  • Google Ad Manager
  • Google AdMob
  • Authorized Buyers
  • Waz

10. Facebook Blueprint

Facebook Blueprint menjadi cara yang tepat bagi kamu untuk mempelajari dan mengikuti perkembangan Facebook dalam dunia digital marketing.

Pasalnya, kursus ini diperbarui secara berkala ketika ada fitur atau perubahan baru yang diluncurkan Facebook.

Facebook Blueprint sendiri menawarkan lebih dari 90 kursus dalam berbagai topik seperti memulai advertising, mengukur ad perfomance, mengatur ads, meningkatkan penjualan online, media buying, cara menghasilkan leads, dan lain-lain.

Kursus yang juga menawarkan ujian sertifikasi ini dapat diikuti mulai dari 15 hingga 50 menit. Yang kamu butuhkan hanya login ke akun Facebook untuk mulai belajar

11. SEMRUSH Academy

SEMRUSH adalah salah satu perusahaan digital marketing ternama. Siapa sangka kalau perusahaan ini juga membuka kelas digital marketing online.

Ada beragam jenis kelas yang bisa kamu pilih. Masing-masing kelas bisa diselesaikan dalam waktu 30 menit sampai 5 jam.

12. Reliablesoft Academy

Sama seperti SEMRUSH, Reliablesoft juga termasuk salah satu agensi digital kenamaan. Agensi ini membuka pelatihan digital marketing dalam 9 kelas berbeda.

Jika ingin mendapatkan sertifikat digital marketing, kamu harus menyelesaikan seluruh kelas tersebut. Tidak hanya sampai di situ, kamu juga harus mengikuti ujian dan lulus.

Materi yang diajarkan hampir sama seperti pelatihan yang lain yaitu tentang Search Engine Optimization (SEO), Google Analytics, dan berbagai strategi digital marketing.

Nah itulah tadi rekomendasi kursus digital marketing yang bisa dijadikan sebagai referensi..

Tag

Reyvan Maulid

Writing about Data Science and Digital Marketing Topics. Penyuka Seblak dan Maklor!

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.