Blog Rakamin Academy

Apa itu KOL dan Pentingnya Dalam Digital Marketing

digital marketing 3 Jun 2023

Akhir-akhir ini, kita sering mendengar istilah influencer. Tentunya kamu pasti kerap menjumpainya lewat media sosial. Seperti yang kita tahu, influencer adalah seseorang yang memiliki kekuatan untuk mempengaruhi orang lain untuk mencoba atau membeli suatu produk. Seorang influencer memang telah membangun citra diri melalui internet sebagai orang terkenal. Namun, sejatinya influencer ini belum tentu menggeluti profesi khusus sebelumnya.

Namun, tahukah kamu dengan istilah KOL? Mungkin istilah ini tidak familiar bagi dirimu. Meskipun secara pemikiran orang awam, istilah KOL ini sering disangkutkan dengan influencer. Ternyata KOL dan influencer adalah dua hal yang berbeda. Pada artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut soal KOL dan peranannya dalam bidang digital marketing. Langsung saja, simak pembahasan selengkapnya melalui artikel berikut ini.

Mengenal Apa itu KOL

KOL atau Key Opinion Leader merupakan seseorang yang memiliki keahlian dalam bidang tertentu. Keahlian inilah yang menarik orang-orang ke media sosial atau YouTube yang dimiliki oleh KOL tersebut. Istilah KOL dibagi menjadi beberapa sebutan, misalnya KOL Management dan KOL Marketing.

KOL Management adalah perusahaan yang menangani para KOLs dengan menaungi suatu manajemen perusahaan dan juga membantu untuk mengarahkan mereka agar bisa menjadi agen pemasaran yang baik untuk perusahaan, dan konten promosi yang dijalankan dapat tersampaikan dengan baik kepada target pasar yang telah ditetapkan, terutama audiens dari para KOL tersebut.

Jenis-Jenis KOL

Untuk lebih jelasnya, KOL dapat dibedakan berdasarkan jumlah followersnya. Pertama ada Nano Influencer, dimana jumlah followers yang dimiliki mulai dari 1.000 sampai 10.000. Kedua yaitu Micro Influencer dengan jumlah followers antara 10.000 sampai 50.000. Ketiga yaitu Mid Tier Influencer dengan jumlah followers 50.000 hingga 500.000. Keempat yaitu Macro Influencer yaitu 500.000 hingga 1 juta followers. Terakhir ada Mega Influencer  yaitu diatas 1 juta followers.

Dari penggolongan followers diatas, kita bisa menyimpulkan bahwa jumlah pengikut mempunyai peranan penting bagi seorang KOL. Sebab, klien akan melihat terlebih dahulu dari berapa jumlah followers yang dimiliki. Jumlah pengikut dinilai menjadi sebuah aset yang sangat berharga dan menjadi nilai jual dari KOL kepada klien.

Semakin banyak jumlah pengikutnya maka semakin tinggi rate-card yang dipasang KOL kepada klien. Rate Card mencerminkan bahwa KOL memiliki besaran harga untuk kesepakatan promosi.

Keuntungan Menggunakan KOL dalam Digital Marketing

Menggunakan strategi KOL marketing pastinya memiliki keuntungan untuk bisnis Anda. berikut beberapa manfaat atau keuntungan menggunakan strategi KOL marketing untuk bisnis:

1.  Perusahaan dapat membangun brand Anda. Branding merupakan hal penting dalam bisnis, selain itu kegiatan branding juga cukup menantang. Karena itu, Anda perlu banyak strategi untuk mencapai tujuan Anda. Salah satu pilihan strateginya adalah menjalankan kampanye dengan KOL.

2.   Dapat meningkatkan reputasi brand serta memperkuat kredibilitas. Dengan menggunakan KOL, Anda dapat meningkatkan reputasi brand Anda. Karena KOL memiliki keahlian pada bidangnya sehingga pendapat mereka memiliki kekuatan tersendiri di mata followersnya.

3.  Dapat meningkatkan kepercayaan konsumen dengan KOL. KOL memiliki kualifikasi valid untuk dipercaya oleh masyarakat atau konsumen. Maka dari itu KOL dapat dengan mudah menarik kepercayaan konsumen.

4.  Memerlukan kampanye yang Efisien karena efisiensi kampanye merupakan hal yang sangat penting dalam kegiatan pemasaran ataupun marketing. Pengikut KOL bukan hanya sebatas pada platform online tetapi juga terdapat pengikut offline. Kampanye yang bisa berjalan lebih efektif serta efisien dapat dipengaruhi oleh banyaknya pengikut yang dimiliki pemimpin.

Dengan menggunakan KOL, Anda juga dapat menghasilkan ROI yang tinggi. Dalam bisnis, ROI atau Return on Investment merupakan hal yang perlu diperhatikan dengan baik. Salah satu hal yang mendorong optimalisasi ROI adalah efisiensi kampanye dengan strategi KOL. pastikan Anda menetapkan tujuan secara jelas untuk menghasilkan ROI yang tinggi

Cara Memaksimalkan KOL

Berikut adalah cara yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan strategi marketing melalui bantuan KOL:

Kenali Audiens Dari KOL

Salah satu hal yang paling dasar dalam menentukan KOL dan mengoptimalkan kerja dari KOL adalah dengan mengenali audiens mereka.

Mengenali audiens dari KOL adalah hal yang paling dasar dan salah satu paling penting. Kehadiran audiens akan menunjukan seberapa besar ruang lingkup atau target pasar dari brand kamu.

Apakah Brand Kamu Relevan Dengan KOL Yang Kamu Pilih

KOL atau Key Opinion Leaders merupakan orang yang fokus dan ahli pada bidang tertentu. Jadi pastikan bahwa produk dari brand kamu memang sesuai dengan KOL yang kamu pilih.

Relevansi antara KOl sangat penting, terutama dalam memberikan informasi seputar product knowledge kepada audiens. Bisa dibayangkan jika produk kamu tidak relevan dengan KOL, maka informasi itu bisa saja dianggap tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Misalnya, brang kamu adalah brand fashion dan bingung saat menentukan KOL. Maka scanning profil dari KOL tersebut, mulai dari kesukaan mereka, behaviour, followers mereka dan sebagainya.

Ukur Engagement Dari KOL Dan Audience

Mengukur engagement dari KOL emang bisa? ada beberapa cara untuk mengukur engagement diantaranya adalah kamu bisa menggunakan tools atau kamu lihat interaksi mereka di media sosial. Kamu bisa mencari berbagai macam tools gratisan di google, walaupun datanya tidak lengkap namun bisa dijadikan acuan untuk kamu menentukan KOL. Jika kamu masih memerlukan data lagi, kamu bisa pelajari bagaimana interaksi di media sosial.

Jadi gimana, kamu sudah tahu kan apa itu KOL dan peranannya dalam digital marketing? Dengan perusahaan menggunakan KOL dalam strategi marketing maka dapat membantu calon konsumen untuk membeli produk dari brand kamu.

Apakah kamu ingin memperdalam skill digital marketing dan ingin mendapatkan karir digital marketing? Sekarang kamu nggak perlu takut lagi, kamu bisa lho belajar gratis bersama Rakamin Academy di Rakamin Trial Class. Rasakan pengalaman belajar Digital Marketing secara gratis hanya dalam 2 hari pembelajaran.

Kamu bisa mendalami skill-skill yang berkaitan seputar digital marketing bersama tutor expert yang berpengalaman pastinya. Kamu juga bisa mendapatkan kesempatan buat dapetin sertifikat hingga diskon menarik! Buruan serbu yuk kawan, kapan lagi kan belajar gratis dan dapetin akses konten selamanya secara gratis. Informasi lebih lanjut kamu bisa kunjungi website kita ya!

Tag

Reyvan Maulid

Writing about Data Science and Digital Marketing Topics. Penyuka Seblak dan Maklor!

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.