Blog Rakamin Academy

Kepoin 8 Situs Sertifikasi Digital Marketing untuk Pemula

bootcamp digital marketing 26 Okt 2022

Pesatnya perkembangan teknologi digital membuat sebagian orang mulai beralih dari profesi konvensional menjadi profesi digital.

Salah satu prospek kerja yang sedang diminati oleh generasi milenial saat ini adalah profesi di bidang digital marketing.

Hal ini dikarenakan banyak sekali perusahaan dan bisnis yang sedang bertumbuh dan membutuhkan seorang digital marketer yang handal dan mumpuni di bidangnya.

Namun untuk mendapatkan kandidat yang cocok dalam posisi di bidang Digital Marketing sepertinya tidak mudah jika kandidat tersebut mempunyai skill yang sesuai dengan bidang yang dituju.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengikuti sertifikasi Digital Marketing.

Sertifikasi digital marketing merupakan salah satu bentuk kredensial bagi seseorang yang akan menempuh karir di bidang digital marketing.

Apapun latar belakangnya baik pemula maupun profesional bisa mengambil sertifikasi digital marketing sebagai salah satu senjata ampuh untuk menaklukkan hati rekruter ketika interview kerja.

Dengan begitu, pewawancara menganggap bahwa kamu memiliki nilai tambah berupa digital marketing certification yang sudah kamu dapatkan melalui kursus maupun mengikuti sertifikasi dari lembaga yang terpercaya.

Dengan memiliki sertifikasi digital marketing maka HRD menganggap bahwa seseorang sudah teruji kompetensinya dan menunjukkan seberapa besar keseriusan kandidat dalam memilih prospek karir di bidang Digital marketing.

Jika kamu bingung untuk memilih sertifikasi digital marketing yang tepat. Berikut ini Rakamin akan memberikan delapan situs ataupun laman yang bisa kalian gunakan untuk memperoleh sertifikasi digital marketing.

Ada yang gratis ada pula yang berbayar. Apa sajakah itu? Berikut adalah ulasan selengkapnya.

1. HubSpot Academy

Rekomendasi pertama datang dari HubSpot Academy. HubSpot Academy adalah salah satu sertifikasi digital marketing yang bisa kamu coba khususnya yang ingin berkarir menjadi seorang SEO Specialist.

Tidak ketinggalan jika HubSpot juga menyediakan kursus dan sertifikasi seputar SEO.

Dalam kursus yang disediakan terdapat 15 video materi yang bisa diakses secara free oleh peserta kursus.

Materi yang diajarkan mulai dari dasar SEO hingga pengembangan strateginya untuk menjalankan campaign.

Kemudian ada pula materi soal link building hingga pemilihan topik konten yang menarik.

Setelah mempelajari materi, peserta bisa mengikuti quiz untuk menguji pengetahuan soal SEO.

Reputasinya di mata digital marketer, senior digital marketing dan pebisnis bisa dibilang sangat bagus terkait kursus dari HubSpot Academy.

Oleh karena itu, Rakamin merekomendasikan untuk mengambil sertifikasi di HubSpot Academy.

Jangan khawatir apabila yang ingin mengikuti kursus di HubSpot Academy, anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun alias gratis.

Cukup melakukan pendaftaran, membaca teori yang sudah disediakan dan jawab semua pertanyaan melalui quiz.

2. Hootsuite Academy

Hootsuite merupakan salah satu aplikasi manajemen media sosial populer di dunia juga membuka kursus yang terkait dengan digital marketing.

Bagi kamu yang ingin mengambil spesialisasi di social media marketing bisa dibilang kursus ini sangat cocok untuk kamu.

Sertifikat digital marketing dari Hootsuite Academy sangat bisa digunakan untuk meningkatkan nilai tambah calon kandidat ketika ingin melamar menjadi seorang social media specialist.

Hootsuite Academy menyediakan 9 modul yang berhubungan seputar Social Media Marketing.

Dimana setiap modul harus diselesaikan dalam waktu 60 menit. Untuk biaya kursus dari Hootsuite Academy juga bervariasi.

Saran dari kami, kamu bisa mengambil kursus dari Hootsuite Academy yaitu Social Marketing Certification Course dan Advanced Social Advertising Certification Course.

3. Facebook Blueprint

Siapa sih yang nggak tahu media sosial Facebook? Media sosial dengan jumlah pengguna sangat besar di Indonesia.

Bagi pemilik bisnis online, Facebook adalah sertifikasi yang cocok untuk kamu dalam melancarkan kampanye iklan dan pemasaran.

Hal ini sanggup menjangkau target audience yang tepat dengan algoritma yang dimiliki oleh Facebook.

Disana, kamu mendapatkan sertifikat dari 8 modul yang masing-masing modulnya perlu kamu lewati dengan skor minimal 700.

Sertifikasi dari Facebook Blueprint ini akan berlaku sampai 1 tahun sejak mengikuti kursus.

Ada dua rekomendasi yaitu 300-101 Facebook Certified Creative Strategy Professional, 400-101 Facebook Certified Media Planning Professional, 510-101, Facebook Certified Advanced Marketing Developer.

4. SEMRush Academy

SEMRush merupakan salah satu tools andalan digital marketer yang berguna untuk menganalisis strategi yang sudah dilakukan.

Apalagi jika kamu yang ingin berkarir menjadi seorang SEO Specialist maka sertifikasi ini sangat dibutuhkan.

Sertifikasi dari SEMRush bisa diambil oleh siapapun yang ingin mempelajari SEO maupun cabang digital marketing lainnya.

Mulai dari SEO, Social Media Marketing sampai PPC.

Di SEMRUSH Academy, kamu dapat mempelajari materi dan topik lebih dalam serta menguji diri kamu sendiri tentang apa yang telah pelajari.

Selain itu, SEMRUSH pun menyediakan resource bagi siapapun yang ingin mengenal apa itu SEO dan belajar SEO lebih dalam melalui blog yang telah mereka bangun dengan baik.

5. Google Digital Garage

Google Digital Garage adalah sertifikasi yang akan mempelajari fundamental digital marketing.

Program ini disediakan oleh Google yang bekerja sama dengan Digital Garage.

Program ini sangat cocok untuk pemula, mengingat teori dan pembelajaran yang ada di dalamnya berawal dari suatu yang dasar tapi penting.

Keseluruhan kursus terdiri dari 26 topik dan diakreditasi oleh Interactive Advertising Bureau Europe and The Open University.

Modulnya pun beragam, mulai dari search engine marketing, video marketing, email marketing, sampai analytics dan data insight.

Setiap modul membutuhkan waktu kurang lebih 40 menit untuk diselesaikan.

Jangan khawatir, karena di setiap awal sesi akan ada video panduan mengenai teori dari modul yang sedang kamu ambil.

Di setiap akhir sesi akan ada beberapa pertanyaan yang jika kamu jawab dengan benar maka kamu akan mendapatkan sertifikat untuk modul tersebut.

6. YouTube Creator Academy

YouTube sebagai salah satu media sosial terpopuler juga membuka kesempatan untuk kamu yang ingin berkarir menjadi seorang digital marketer.

Apabila kamu adalah seorang pebisnis yang menggunakan layanan YouTube dalam melakukan aktivitas bisnis, ada baiknya untuk mengikuti kursus gratis dari YouTube Creator Academy.

Sertifikasi ini akan membantu kamu bagaimana cara membuat channel YouTube, cara mengembangkan dan mengoptimalkannya.

Sertifikat ini sangat penting bagi konten kreator yang aktif di YouTube sebagai tempat beriklan.

Menurut informasi dari YouTube melalui halaman bantuan bahwa kursus YouTube Creator hanya tersedia bagi kreator dan partner yang memiliki partner manager YouTube atau akses ke content ID.

Adapun sertifikasinya juga gratis sobat Rakamin. Dua modul rekomendasi dari sertifikasi YouTube Creator Academy yaitu Content Strategy - Make great content dan Channel Optimization - tools to grow your channel.

7. Sertifikasi Digital Marketing BNSP

Sertifikasi Digital Marketing BNSP merupakan salah satu sertifikasi yang sudah teruji kredibilitasnya teman-teman.

Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) merupakan badan independen yang bertanggung jawab kepada Presiden yang memiliki kewenangan sebagai otoritas sertifikasi personil dan bertugas melaksanakan sertifikasi kompetensi profesi bagi tenaga kerja sesuai Pasal 18 ayat 5 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Sertifikasi digital marketing dari BNSP sudah ada sekitar 223 pemegang sertifikat digital marketing dari BNSP.

Sertifikat dari BNSP ini bisa kamu dapatkan hanya dengan biaya Rp 1.000.000. Modul yang tersedia disana pun terbilang cukup lengkap mulai dari pembuatan konten hingga influencer.

Sedikit informasi bahwa setiap 3 tahun sekali, kamu wajib untuk membuat ulang sertifikatnya.

8. Google Analytics Academy

Terakhir ada rekomendasi sertifikasi digital marketing dari Google Analytics Academy.

Seperti yang kita ketahui bahwa Google Analytics adalah tools digital marketing yang wajib dimiliki oleh semua perusahaan dan bisnis UMKM yang sudah memasarkan produknya secara online.

Tools inilah yang membantu digital marketer mendapatkan data dan informasi berupa angka yang penting untuk diketahui, dianalisa dan dijadikan sebagai bahan strategi digital marketing ke depannya.

Sertifikasi Google Analytics Academy menunjukan kualitas kamu dalam membaca data dan mengubahnya menjadi informasi penting.

Ada 6 modul yang bisa dipelajari, dari level beginner sampai advanced. Setiap modul bisa diselesaikan dalam waktu 4 – 6 jam.

Ingin berkarir menjadi seorang marketer profesional dan handal dibidangnya?

Atau justru bagi kamu para pemula yang ingin belajar digital marketing bingung untuk memilih sertifikasi Digital Marketing yang tepat?

Tenang, Rakamin Academy kini bisa menjawab solusi dan kebutuhan yang kamu rasakan.

Kamu bisa belajar dari mentor-mentor yang profesional dan berpengalaman dibidangnya, dimanapun dan kapanpun kamu mau.

Ada banyak pilihan kelas bisnis yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan.

Mulai dari Digital Marketing, SEO, UI UX Designer, Business Intelligence, Data Science dan lain-lain.

Keunggulan yang kamu bisa dapatkan adalah materi-materi dari expert tutor yang berpengalaman dibidangnya.

Materinya juga nggak kalah wagyu banget. Soalnya disetarakan kurikulumnya mirip dengan kurikulum yang disusun universitas top dunia.

Kamu juga nantinya mendapatkan sesi Coaching  & CV Grooming untuk disalurkan kerja dan mendapatkan tiga portofolio sebagai bahan konsiderasi dalam melamar kerja. Yaudah apalagi yang mau tunggu? Segera daftar yuk sobat Rakamin!

Tag

Reyvan Maulid

Writing about Data Science and Digital Marketing Topics. Penyuka Seblak dan Maklor!

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.