Blog Rakamin Academy

7 Social Media Tools Idaman Social Media Marketer

Insights 10 Apr 2023

Social media tools merupakan salah satu digital platform dan aplikasi yang didesain untuk membantu individu, pebisnis, maupun perusahaan dalam melakukan kedekatan dengan audience.

Mulai dari, mendorong interaksi media sosial baik melalui likes, comment, share, pesan langsung, save, melakukan pengukuran performa dalam optimalisasi media sosial untuk menjalankan strategi dan kampanye pemasaran.

Media sosial telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari.

Apalagi sesimpel membeli suatu barang saja, pastinya sebagai calon konsumen mulai cari tahu kira-kira apakah bisnis tersebut memiliki platform media sosial atau tidak?

Kalau pun belum punya, dugaan konsumen menjadi lebih khawatir ketika ingin membeli produk.

Dengan semakin populernya platform media sosial, kebutuhan akan social media tools juga meningkat.

Ada banyak social media tools yang tersedia yang bisa dimanfaatkan pengelola media sosial untuk mengukur kinerja media sosial suatu bisnis.

Tentunya, pengelolaan media sosial akan sangat membantu perusahaan dalam membangun ketertarikan konsumen sebelum membeli produk.

Terus-terus, kalau misalnya ingin melakukan optimalisasi social media, tools apa yang sekiranya kita perlukan?

Kebetulan artikel yang satu ini menjawab rasa penasaran kamu lho yang ingin mengoptimalkan social media tools namun dengan biaya yang minim. Simak yuk.

1.  Hootsuite

Social media tools yang pertama yaitu Hootsuite. Hootsuite menjadi salah satu tools yang paling sering digunakan dalam optimalisasi media sosial.

Hootsuite memungkinkan kamu untuk mengelola beberapa akun sekaligus seperti Twitter, Instagram, dan Facebook Page hanya dalam satu dashboard saja.

Dengan begitu, akan lebih mudah bagi kamu untuk memantau audience dari seluruh social media bisnis kamu, posting konten, dan bisa juga untuk membalas respon dari audience di setiap social media bisnis kamu hanya dari satu dashboard saja.

2.  Buffer

Buffer merupakan platform yang digunakan untuk memanajemen social media kamu agar lebih tertata baik pada waktu dan juga relasi.

Buffer memiliki dua aplikasi yang digunakan, yaitu Buffer Publish dan Buffer Reply.

Buffer Publish merupakan platform yang membantu dalam mengatur jadwal publikasi produk atau postingan yang ada di social media.

Caranya, kamu dapat melampirkan data kapan postinganmu dipublikasi serta menggunakann cara bagaimana postinganmu dipublikasi.

3.  Canva

Tools ini digunakan untuk menciptakan desain visual yang menarik untuk konten di social media bisnis kamu.

Didalamnya terdapat banyak sekali fitur, seperti penghilang background. Di canva juga memungkinkan kita untuk mengambil color palette dari sebuah foto jadi tidak usaha susah lagi jika ingin membuat desain konten dengan color palette bisnis kamu.

Tools ini sangat mirip dengan photoshop tetapi jauh lebih sederhana dan dengan harga yang sangat terjangkau pula, tetapi Canva dapat diakses secara gratis dan fitur yang didapat juga tetap lengkap.

4.  Slack

Slack adalah aplikasi pesan instan yang digunakan sebagai media komunikasi di tempat kerja baik personal maupun dalam grup.

Tidak hanya memungkinkan para penggunanya berkirim pesan, fitur di aplikasi ini juga memungkinkan anda untuk mengunggah dan berbagi file dengan rekan kerja.

Dengan slack kamu dapat membagi tugas kepada rekan kelompok kamu dengan mudah.

Selain itu,  fitur workflow, kamu dapat otomasi pekerjaan harian dengan berbagai template workflow yang tersedia. Dan ada pula fitur slack connect yang memungkinkan kamu untuk mengirim pesan ke orang dari workspace berbeda.

5.  Google Analytics

Google Analytics adalah salah satu tool yang digunakan untuk memantau serta menganalisa web atau platform yang terhubung secara online dan diberikan secara gratis oleh Google.

Oleh karena itu, Google Analytics adalah salah satu layanan yang sangat membantu pemilik blog atau website untuk menganalisa situs berdasarkan data-data yang ditampilkan.

Hingga hari ini, Google Analytics adalah tool yang sangat penting bagi website owner, digital marketer, dan SEO specialist untuk mendapatkan data statistik pengunjung website.

Berkaitan dengan hal tersebut, tak mengherankan, Google Analytics adalah tool yang sering digunakan oleh para marketer maupun webmaster untuk mendapatkan insights tentang aktivitas pengunjung situs mereka.

Insights tersebut nantinya dapat digunakan untuk membuat keputusan yang akan meningkatkan hasil bisnis melalui website.

6.  Sprout Social

Sprout Social bisa menjadi pilihanmu apabila ingin mencari tool dengan fitur yang lengkap.

Tools Sprout Social mampu menjadwalkan postingan, melacak keyword, memantau kompetitor, menganalisis berbagai metric dan mencari mentions.

Namun, tidak seperti Hootsuite dan IFTTT yang mampu terhubung dengan banyak platform, Sprout Social hanya mampu terhubung dengan beberapa platform saja.

Meski demikian, tool ini tetap banyak diminati oleh social media marketer.

7.  Meta Business Suite

Meta Business Suite sendiri adalah layanan gratis yang memusatkan layanan Facebook, Instagram, dan perpesanan di satu tempat khusus, membantu pengembang menghemat lebih banyak waktu, menghubungkan lebih banyak orang, dan meningkatkan bisnis mereka.

Keunggulan lainnya adalah meta business suite sendiri tersedia di ponsel dan PC, sehingga kreator dapat menggunakan layanan ini kapan saja, di mana saja.

Meta Business Suite memungkinkan kreator untuk melihat pesan masuk dengan mudah dan merespons dengan cepat, sehingga pesanan dan keluhan konsumen dapat ditangani dengan cepat dan efektif.

Selain itu, penulis dapat menerima hasil kinerja konten selama periode waktu tertentu untuk mengukur kinerja dan memberikan wawasan tentang konten baru yang disukai konsumen.

Nah, itulah tadi serangkaian social media tools yang bisa kamu aplikasikan dalam optimalisasi media sosial.

Selain menguasai tentang bagaimana alur pemasaran produk dan siapa target pasarnya, seorang social media marketer juga harus memahami tentang penggunaan social media tools dalam optimalisasi media sosial.

Agar pengetahuan social media marketing-mu semakin luas dan bisa menentukan strategi pasarmu lebih maksimal, kamu dapat belajar social media tools gratis bersama Rakamin Academy di Rakamin Trial Class.

Rasakan pengalaman belajar Digital Marketing secara gratis hanya dalam 2 hari pembelajaran.

Kamu bisa mendalami skill-skill yang berkaitan seputar digital marketing bersama tutor expert yang berpengalaman pastinya.

Kamu juga bisa mendapatkan kesempatan buat dapetin sertifikat hingga diskon menarik!

Buruan serbu yuk kawan, kapan lagi kan belajar gratis dan dapetin akses konten selamanya secara gratis. Informasi lebih lanjut kamu bisa kunjungi website kita ya!

Tag

Reyvan Maulid

Writing about Data Science and Digital Marketing Topics. Penyuka Seblak dan Maklor!

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.