Blog Rakamin Academy

Tutorial Memasang Iklan di Google Ads, Wajib Banget Disimak

Insights 4 Mei 2023

Seperti yang kita tahu, Google merupakan salah satu situs penyedia search engine terbesar di dunia. Sebagian besar pastinya sudah tahu kalau Google ini menyediakan berbagai macam fitur mulai dari situs referensi untuk penelitian, pengolahan dan analisis data, data science, citra satelit dan sistem informasi geografis hingga keperluan bisnis.

Apabila kamu merupakan seseorang yang sedang merintis bisnis, salah satu cara yang paling efisien untuk meningkatkan penjualan adalah mengiklankan produk atau jasa yang kamu tawarkan agar jangkauannya lebih luas dan banyak meraup keuntungan. Sarana iklan produk yang bisa kamu manfaatkan yaitu dengan Google Ads.

Google Ads atau yang sebelumnya dikenal dengan Google Adwords merupakan salah satu fitur dari Google yang digunakan untuk mengiklankan produk agar menjangkau target audiens.

Cara kerjanya adalah menampilkan iklan saat user melakukan penelusuran secara online berbekal kata kunci yang ingin dicari. Melalui cara ini, pengguna dapat meningkatkan jumlah website traffic dari klik iklan yang telah dipasang.

Meskipun demikian, tidak banyak yang mengetahui bagaimana cara memasang iklan melalui Google Ads. Padahal fitur Google yang satu ini terbilang familiar.

Artikel kali ini akan membahas lebih lanjut tentang bagaimana caranya memasang iklan melalui Google Ads. Simak yuk caranya melalui artikel berikut ini!

Jenis-jenis Iklan di Google Ads

Sebelum beriklan, pastikan Anda tahu tujuan dan hasil yang ingin dicapai. Ini penting agar eksekusinya nanti lancar, alokasi biaya untuk beriklan pun tidak terbuang sia-sia.

Selain itu, pastikan juga bahwa Anda sudah mengenal jenis-jenis iklan di Google Ads. Ada apa saja? Berikut di antaranya:

1. Search Campaign

Biasanya berbentuk teks, iklan ini dapat tampil di halaman hasil Google saat seseorang menelusuri produk atau layanan dengan keyword relevan. Iklan ini akan berada di posisi paling atas dengan label "Iklan" atau "Ad".

2. Shopping Campaign

Shopping campaign adalah bagian dari search campaign di mana iklan akan dipromosikan dengan tampilan visual di halaman hasil pencarian dan halaman Google Shopping.

3. Display Campaign

Biasanya berbentuk gambar, iklan ini tampil di berbagai jaringan display Google. Google menawarkan untuk menampilkan iklan banner di dalam halaman website atau aplikasi yang merupakan bagian dari jaringan Google.

4. App Campaign

Kampanye ini merupakan bagian dari display campaign. App campaign digunakan untuk mempromosikan aplikasi seperti mendorong penginstalan. Iklan akan muncul di Google Play, Google Search, atau YouTube.

5. Video Campaign

Biasanya berupa video berdurasi 6 atau 15 detik, iklan ini ditampilkan tepat sebelum atau selama pemutaran konten YouTube. Pada tipe ini, Anda juga bisa memasang kampanye iklan yang tidak dapat di-skip oleh penonton.

Cara Membuat Iklan di Google Ads

Pertama, Anda perlu memiliki akun Google terlebih dahulu. Jika belum memiliki akun, Anda bisa menggunakan panduan Google untuk mendaftar. Selanjutnya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuat iklan di Google Ads:

1. Buka Google Ads

Silakan kunjungi halaman Google Ads lalu pilih "Mulai sekarang".

Google Ads

2. Masukkan tujuan campaign

Berikutnya adalah memilih goals yang hendak dicapai dari pemasangan iklan. Berbagai pilihan goals di Google Ads:

Goals Iklan Google Ads

Sales: untuk penjualan produk secara online atau offline.

Leads: untuk mendapatkan leads dan konversi.

Website traffic: untuk mendapatkan pengunjung ke website.

Product and brand consideration: mendorong pelanggan dalam mengenali bisnis.

Brand awareness and reach: menjangkau audiens luas dan membangun awareness.

App promotion: mempromosikan aplikasi agar pelanggan melakukan install.

Local store visits and promotion: meningkatkan kunjungan toko fisik.

3. Pilih jenis tampilan Google Ads

Seperti yang telah disebutkan di atas, terdapat beberapa jenis kampanye iklan yang bisa Anda luncurkan seperti search, display, shopping, atau lainnya.

Jenis Tampilan Google Ads

4. Pilih target lokasi dan bahasa

Berikutnya adalah memilih target lokasi dan bahasa yang akan digunakan untuk iklan. Ini akan sangat berkaitan dengan jangkauan iklan.

5. Sesuaikan target audiens

Google Ads dapat membantu Anda untuk menyasar audiens yang spesifik melalui penargetan audiens. Di sini Anda bisa menyesuaikan agar iklan dapat diterima oleh mereka yang memang Anda sasar, mulai dari demografis, interest, atau lainnya.

6. Tentukan anggaran iklan harian

Anda bisa mengatur anggaran iklan harian di Google Ads. Artinya, Anda bisa memastikan anggaran harian maksimal yang akan dikeluarkan setiap hari. Hal ini akan bergantung pada biaya per klik.

7. Tentukan bidding untuk iklan

Bidding adalah biaya yang akan dikeluarkan untuk setiap tujuan iklan. Terdapat dua opsi yang bisa Anda pilih, yakni mempercayakan Google untuk menentukan sendiri nilai per klik atau mengisi sendiri nominal yang ingin dibayarkan per klik.

8. Lengkapi informasi lain soal bisnis

Agar hasilnya optimal, jangan lupa untuk menambahkan informasi seperti lokasi bisnis, kontak, media sosial, atau lainnya.

9. Atur keyword untuk iklan

Selanjutnya Anda perlu memasukkan keyword yang relevan dengan konten yang yang dipromosikan. Ada tiga jenis keyword match yang ditentukan Google, yakni exact match, phrase match, dan broad match. Berikut perbedaannya:

Broad match ─ berisi semua kata, mungkin dalam urutan apa pun, dan dapat menyertakan kata lain.

Phrase match ─ berisi semua kata, dalam urutan, dan dapat mencakup kata lain sebelum atau sesudah frasa.

Exact match ─ hanya berisi kata-kata ini dalam urutan ini.

10. Buat Ad copy

Selanjutnya adalah membuat tampilan iklan. Untuk paid search, Google membatasi karakter teks agar dapat memuat seluruh isi teks iklan pada hasil pencarian.

11. Lakukan review

Setelah menerapkan semua langkah di atas, Anda sebaiknya mengecek ulang apakah iklan sudah siap ditayangkan. Setelah selesai, Anda akan diarahkan ke halaman preview untuk melihat tampilan iklan.

12. Siapkan detail penagihan

Cara pasang iklan Google selanjutnya adalah Anda diminta untuk memasukkan detail penagihan pembayaran. Di sini Anda perlu mengisi beberapa informasi seperti Negara dan Zona Waktu, Info Pelanggan,  Metode Pembayaran, Centang Persetujuan.

Setelah pembayaran tagihan dilakukan, iklan akan di-review oleh Google. Anda tinggal menunggu apakah iklan disetujui dan layak tayang.

Itulah langkah-langkah membuat iklan di Google Ads yang bisa langsung Anda coba untuk memaksimalkan potensi bisnis. Agar hasilnya sesuai, jangan lupa untuk mempersiapkan keyword berdasarkan riset, rencana penempatan iklan sesuai data, serta anggaran biaya yang sesuai. Selamat mencoba!

Ingin tahu lebih lanjut tentang Google Ads? Nah, kamu bisa lho belajar gratis seputar ads dan digital marketing bersama Rakamin Academy di Rakamin Trial Class. Rasakan pengalaman belajar Digital Marketing secara gratis hanya dalam 2 hari pembelajaran. Kamu bisa mendalami skill-skill yang berkaitan seputar digital marketing bersama tutor expert yang berpengalaman pastinya.

Kamu juga bisa mendapatkan kesempatan buat dapetin sertifikat hingga diskon menarik! Buruan serbu yuk kawan, kapan lagi kan belajar gratis dan dapetin akses konten selamanya secara gratis. Informasi lebih lanjut kamu bisa kunjungi website kita ya!

Tag

Reyvan Maulid

Writing about Data Science and Digital Marketing Topics. Penyuka Seblak dan Maklor!

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.