Blog Rakamin Academy

Trik Mengetahui Keahlian Diri Sendiri, Seberapa Tahukah Kamu?

Insights 25 Jul 2023

Mengetahui keahlian diri sendiri merupakan hal yang sangat penting diketahui oleh seorang individu. Sebab, sekarang ini banyak perusahaan mulai mensyaratkan kualifikasi dan spesifikasi tertentu ketika ingin melamar di satu posisi. Mengetahui keahlian atau skill yang kita punya dapat membantu seseorang untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan masing-masing individu. Misalnya si A lebih unggul pada skill analisis data, si B juga unggul di skill analisis data namun pendukungnya ada pada skill komunikasi. Nah, dengan memahami dan memetakan keahlian sesuai dengan bakat dan minat individu tersebut akan membantu mereka dalam menapaki karir yang sukses di dunia kerja nanti.

Namun sayangnya, masih banyak yang belum sadar dan belum merefleksikan pada dirinya sendiri terkait kira-kira keunggulan nya ada dimana ya? Terlebih bakat atau keahlian pastinya dimiliki oleh manusia sejak dirinya lahir. Masalahnya tidak semua orang tahu bakat apa yang ia miliki kalau dari diri sendiri ini tidak diasah dan dilatih lebih lanjut.

Maka dari itu, sebelum nantinya mereka menduduki posisi di dunia kerja penting untuk mengukur diri sendiri dan paham seberapa tahu skill mereka. Dalami pula apakah skill mereka ini bisa dipakai secara maksimal di dunia kerja? Simak cara lengkap mengetahui keahlian diri sendiri melalui postingan berikut ini yuk sobat Rakamin!

Sadar akan Kemampuan Diri Sendiri

Menyadari kemampuan diri dinilai sebagai bentuk self-love dan self-care pada diri kita. Merasakan dan merefleksikan apa yang menjadi bakat dan kebutuhan kita adalah satu langkah awal seseorang untuk bisa memahami keterampilan yang dimiliki oleh diri sendiri. Kadang-kadang mereka merasa tidak bisa dan tidak mampu. Padahal kalau misalnya dia yakin dan berusaha toh juga tidak ada salahnya untuk sering-sering dilatih.

Misalnya yang paling simple adalah kamu pintar menyusun kata-kata dalam sebuah paragraf. Kata-kata ini bisa kamu susun dari berbagai kalimat. Mungkin karena kamu sudah malas pastinya hal ini akan sulit kamu lakukan. Tapi kalau kamu sudah terbiasa dan dipaksa untuk bisa, lama-lama ini bisa menjadi sebuah rutinitas yang mungkin saja akan menjadi satu keterampilan yang sangat bagus kalau diasah lebih lanjut. Bisa menjadi seorang penulis, content writer, script writer, dan lain-lain. Keren kan? Kalau misalnya kamu terjerang dalam rasa malas pastinya bakat yang kamu punya terpendam dan tidak diasah dengan baik. Sayang banget…

Temukan Hal yang Disukai

Cara selanjutnya untuk menemukan keahlian diri sendiri adalah temukan hal yang disukai. Cara ini dinilai paling mudah karena dengan hal yang kita suka, kita sudah bisa tahu arah dan tujuannya mau jadi apa dan kemana. Kamu bisa menemukan hal apa saja yang disukai dari semua hal. Mulai dari hal yang paling kecil sampai paling besar. Seringkali kelihatannya sepele namun kalau misalnya kita tahu apa yang kita suka justru jadi lebih mudah untuk dikenali.

Untuk mengetahui keahlian diri sendiri sedari awal memang menemukan hal yang kita suka adalah kuncinya. Namun pertanyaannya adalah apakah kita bisa mengasah keahlian diluar kesukaan dan kemampuan kita? Jawabannya tidak masalah selagi kamu bisa dan mampu, silakan lakukan saja.

Bertanya pada Orang Terdekat

Tidak bisa di pungkiri jika banyak orang yang bingung memahami cara mengetahui keahlian diri sendiri. Atau merasa tidak percaya diri akan bakat atau keahlian tertentu yang ada pada dirinya. Namun, setiap orang pasti lahir dengan dibekali bakat atau keahlian masing-masing. Hanya saja tidak mudah untuk mengetahuinya.

Supaya kamu bisa mengetahui keahlian diri sendiri, disarankan untuk bertanya kepada orang-orang terdekat. Orang-orang terdekat yang bisa ditanyai seperti orang tua, saudara kandung, teman, pasangan dan sebagainya. Tanyakan kelebihan apa yang kamu miliki dan hal-hal apa yang mudah dikuasai.

Pahami Kekuatan dan Kelemahan Diri Sendiri

Kamu tidak hanya berfokus pada kekuatan yang kamu punya, kelemahan yang kamu miliki juga perlu jadi perhatian. Mulai sekarang, tentukan apa yang menurutmu menjadi suatu kelemahan kamu. Siapa tahu dari yang mulanya menjadi sebuah kelemahan justru menjadi kekuatan dimasa depan. Kamu bisa menulis kekuatan dan kelemahan tersebut di kertas atau membuat list di note HP.

Dengan mengetahui kekuatan dan kelemahan diri sendiri, akan membuatmu bisa memahami diri dengan sangat baik. Untuk mendapatkan jawabannya, kamu harus melakukan cara seperti dengan sabar dan konsentrasi penuh agar bisa mengenali bakat atau keahlian diri sendiri. Kamu bisa mulai deteksi diri dengan analisis SWOT untuk dirimu sendiri. Berikan alternatif strategi untuk memecahkan masing-masing faktor mulai dari kelemahan, kekuatan, peluang, dan ancaman yang kamu hadapi di saat ini maupun masa depan.


Kalau pun kamu masih bingung dan masih meraba-raba, wah kira-kira aku nanti cocok untuk kerja di bidang apa ya? Kira-kira aku bakatnya dimana dan kalau bakatku gini cocoknya kerja di posisi apa? Nah, deteksi kemampuan diri sendiri mungkin bisa jadi salah satu solusinya.

Rakamin Academy sendiri punya banyak minat yang bisa kamu pilih untuk menapaki karir gemilang saat bekerja di dunia industri nanti. Mulai dari minat Digital Marketing, Full Stack Web, UI UX Designer, Product Management maupun Data Scientist.

Kalau kamu sudah tahu kira-kira skill kamu jagonya dimana dan sudah tahu karirmu akan kemana, jangan ragu dan sungkan untuk cek kecocokan karir dengan pekerjaan impianmu melalui Unified Assessment Center dari Rakamin Academy.

Jangan ragu dan sungkan untuk cek kecocokan karir dengan pekerjaan impianmu di Unified Assessment Test dari Rakamin Academy. Hasil test kami akan memberikanmu gambaran kepribadian dan karir yang mudah untuk kamu pahami dan implementasikan untuk membantumu mencapai karir impianmu. Info lebih lengkapnya kamu bisa kepoin langsung di sini ya!

Tag

Reyvan Maulid

Writing about Data Science and Digital Marketing Topics. Penyuka Seblak dan Maklor!

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.