Blog Rakamin Academy

Simak 4 Rekomendasi Kursus Data Science Terbaik untuk Pemula

24 Okt 2022

Karir data science menjadi pekerjaan yang sedang hot di kalangan generasi milenial pada tahun 2022.

Mengutip Analytics Insight bahwa karir di bidang ilmu data merupakan karir yang sangat bagus dengan peluang yang luar biasa.

Didukung melalui permintaan yang tinggi di beberapa negara, gaji kompetitif dan fasilitas yang banyak merupakan karir yang paling menjanjikan di industri digital saat ini.

Tidak heran jika Harvard Business Review menyebut data science sebagai "The Sexiest Job of the 21st Century", karir yang paling menjanjikan versi Linkedln dan pekerjaan terbaik di Amerika versi Glassdoor.

Pekerjaan yang berhubungan dengan data science seperti Data Analyst, Data Scientist dan Data Engineer tidak jauh jauh dari kegiatan mengelola, menambang, dan membersihkan data tidak terstruktur dan menyiapkannya untuk penggunaan praktis.

Data tersebut kemudian digunakan untuk memberikan hasil yang berdampak pada hasil bisnis.

Biro Statistik Tenaga Kerja Amerika Serikat memperkirakan bahwa permintaan akan profesi data science akan meningkat 27,9% hingga tahun 2026.

Kondisi ini mengindikasikan bahwa profesi data science menjadi salah satu profesi yang paling diminati di era digital saat ini sejalan dengan adanya konsep data-driven.

Tidak dapat dipungkiri apabila profesi ini juga diminati di Indonesia dengan berbagai perusahaan mulai mencari kandidat yang cocok untuk mengisi posisi data science.

Apabila kamu adalah seorang pemula dan ingin berkarir di dunia data science maka kursus data science merupakan salah satu solusi yang bisa kalian pilih.

Apalagi profesi di ranah data science juga tidak pilih-pilih soal latar belakang pendidikan yang spesifik.

Apapun itu semuanya bisa teman teman. Apalagi belajar data science tidak hanya populer untuk orang-orang di bidang IT saja namun juga menarik perhatian dari orang-orang di luar jurusan IT.

Berikut ini aku bagikan informasi seputar rekomendasi kursus data science yang bisa kamu jadikan referensi untuk belajar skill terkait data science.

Apakah kalian penasaran? Yuk simak selengkapnya melalui artikel berikut ini!

1. Rakamin Academy

Rekomendasi kursus data science yang pertama yaitu Rakamin Academy. Rakamin Academy bekerjasama dengan expert lulusan Master of Education dari Top Global Universities untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Kurikulumnya juga sudah didesain sehingga peserta mudah mempelajari dan mengikuti bahkan untuk NON-IT sekalipun. Setiap peserta juga akan dibimbing dari nol.

Disini kamu diberikan waktu 62 sesi pembelajaran plus 3 bulan program job guarantee, 9 portofolio real case industry, konsultasi belajar bersama expert tutor, career preparation class dan mendapatkan kesempatan virtual internship program.

Jadi tunggu apa lagi segera daftar langsung dan kunjungi official website Rakamin Academy untuk info lebih lanjut seputar kursus data science.

Atau kamu mau ikutan kursus data scientist gratis dari Rakamin, tinggal klik link disini

2. DQLab

DQLab merupakan salah satu lembaga kursus data science yang juga memberikan kesempatan untuk kamu yang ingin belajar data science baik gratis maupun berbayar. Ada tiga bahasa pemrograman yang disediakan oleh DQLab untuk bisa dipelajari yaitu R, Python, dan SQL.

Adapun keunggulan dari kursus data science yang disediakan oleh DQLab adalah adanya fitur live code editor. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk belajar coding secara langsung tanpa perlu melakukan instalasi software tambahan. Jadi bisa dilakukan langsung untuk mengetahui apakah benar atau salah kode yang kita kerjakan dan langsung terintegrasi dengan bahasa pemrograman yang sedang dipelajari.

3.  Binar Academy

Rekomendasi yang ketiga datang dari Binar Academy.

Disini peserta diberikan kesempatan untuk belajar bagaimana menjadi seseorang yang memahami konsep statistika di data science, mau menguasai bahasa pemrograman python operasional database dan SQL serta memahami deep learning dan machine learning dari sebuah data.

Kursus data science yang diadakan oleh Binar Academy berdurasi 4 bulan dari awam sampai paham.

Adapun keunggulan dari kursus data science Binar Academy adalah belajar 3 kali seminggu bareng fasilitator mendapatkan challenge di setiap chapter yang dipelajari oleh peserta kursus, kemudian mendapatkan feedback dari fasilitator terkait dengan hasil pembelajaran yang telah dilakukan, lalu dilanjutkan dengan sprint review, job connect, graduation dan final presentation.

4.  Purwadhika

Rekomendasi yang keempat datang dari Purwadhika. Dalam kursus ini kamu akan belajar menjadi seorang profesional Data Analyst atau Data Scientist selama 12-14 minggu.

Peserta kursus akan mendapatkan pengalaman belajar langsung dari para instruktur dan mentor di bidang data science yang telah berpengalaman bekerja di berbagai perusahaan multinasional terkemuka.

Selain itu, Purwadhika juga memberikan dukungan karir dan fasilitas koneksi kerja kepada setiap alumni program job connector dengan hiring partner di seluruh Asia.

5.  Algoritma Data Science School

Rekomendasi terakhir datang dari Algoritma Data Science School. Ada tiga kelas atau spesialisasi yang bisa kamu pilih sejalan dengan topik data science.

Ada data visualization, machine learning dan data analytics. Pada data visualization, peserta kursus akan mempelajari teknik-teknik visualisasi data.

Mulai dari proses pre-processing data, pembuatan berbagai jenis plot, pemilihan plot dan kolaborasi dengan stakeholder melalui dashboard yang menampilkan visualisasi data.

Sedangkan machine learning lebih fokus pada keseimbangan antara penerapan machine learning dalam memecahkan permasalahan bisnis dan teori matematis dibalik penggunaan machine learning. Kemudian data analytics lebih ke pendalaman bahasa pemrograman Python dan SQL untuk data analysis.

Ketiga spesialisasi ini masing-masing memiliki modul dan project akhir dengan masing-masing memiliki jumlah pertemuan yang berbeda-beda.

Aktivitas belajar akan diadakan secara online dan menggunakan Zoom Live Streaming. Ada juga pilihan jadwal yang bisa dipilih jadi bisa fleksibel sesuai kebutuhan kamu.

Nah itulah tadi rekomendasi kursus data science yang bisa dijadikan sebagai referensi. Semoga bermanfaat ya.


Reyvan Maulid

Writing about Data Science and Digital Marketing Topics. Penyuka Seblak dan Maklor!

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.