Blog Rakamin Academy

Pertimbangkan 5 Hal Berikut Sebelum Melakukan Career Switch!

Insights 17 Nov 2023

Pernahkah kamu merasa bosan dengan posisi dan pekerjaan yang sekarang kamu jalani? Terkadang ada satu titik dimana kita merasa posisi yang kita raih saat ini mulai menunjukkan ketidakpuasan dalam bekerja atau tidak stabil. Alih-alih ingin mencoba untuk banting setir ke posisi lain. Mencoba untuk meningkatkan skill agar bisa masuk ke posisi yang kita inginkan demi keberlangsungan karir kedepan.

Banting setir ini bisa jadi masih dalam satu posisi tapi berbeda perusahaan, atau bisa juga memang benar-benar berubah posisi karir dan perusahaannya. Kondisi ini kerap ditemui bagi sebagian orang yang sudah lama bekerja dan mendambakan untuk mendapatkan karir yang tinggi ataupun ingin mencoba pekerjaan lainnya. Kondisi ini disebut juga sebagai career switch.

Career switch merupakan keputusan yang tidaklah mudah untuk kamu ambil. Akan ada banyak sekali pertimbangan yang perlu kamu pikirkan dengan matang, apabila memang benar-benar ingin melakukannya. Tapi jika kamu sudah memantapkan diri untuk pindah karir, ada beberapa hal yang kamu pertimbangkan dulu sebelum benar-benar berpindah. Kira-kira apa saja ya hal yang perlu dipersiapkan? Ada baiknya kamu tidak melewatkan penjelasan berikut ini. Simak ya sobat Rakamin!

Evaluasi Diri

Ketika kamu sudah memutuskan untuk melakukan career switch, Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah melakukan evaluasi diri sebelum melamar ke pekerjaan yang baru. Mulai dari keterampilan yang kamu punya, list daftar pekerjaan yang sesuai dengan skill kamu dan juga spesialisasi minat kamu melalui tes karir agar lebih menggambarkan posisi kamu tuh lebih ke mana sebenarnya. Tes karir digunakan untuk menentukan daftar pekerjaan yang sesuai dengan minat kamu. Melalui tes ini kamu bisa mendapatkan saran dan rekomendasi pekerjaan yang cocok untuk memilih karir yang terbaik.

Gali Lebih Dalam Pekerjaan Tersebut

Setelah kamu sudah tahu satu pekerjaan yang menurut kamu cocok untuk acuan career switch, selanjutnya kamu bisa menggali lebih dalam informasi terkait dengan pekerjaan tersebut. Mulai dari deskripsi pekerjaannya seperti apa, prospek kerja, kualifikasi pendidikannya seperti apa, syarat-syarat yang harus dipenuhi, gajinya berapa dan lain sebagainya. Semua kamu bisa cari informasinya lebih dalam di banyak situs portal pencari kerja. Biasanya pihak perusahaan akan memberikan informasi yang adil seputar deskripsi pekerjaan yang ingin kamu lamar.

Buat Daftar Pekerjaan yang Diinginkan

Ketika kamu sudah mendapatkan jawaban dari tes karir dan minat bakat yang sudah kamu ikuti, pastinya nanti akan muncul daftar pekerjaan apa saja yang menjadi rekomendasi kamu untuk melakukan career switch. Tidak perlu banyak-banyak pilihan yang kamu jadikan sebuah opsi untuk melakukan career switch maksimal 5 pekerjaan saja yang bisa kamu pilih. Dari 5 pilihan tersebut nantinya kamu bisa mencari alternatif dan juga beberapa pertimbangannya untuk kamu pikirkan untuk melihat progres karir kamu ke depannya.

Persempit Pilihan Pekerjaan

Setelah kamu menemukan karir yang pas pastikan untuk menyeleksi ulang semua pilihan. Kamu bisa mengurangi daftar pekerjaan yang sudah dibuat berdasarkan riset yang telah kamu lakukan. Contoh Apabila salah satu lowongannya itu menjalankan pengalaman dengan gelar yang lebih tinggi atau kualifikasi pengalaman yang lebih lama (misal lebih 2 tahun) maka kamu bisa mencoret dan langsung beralih ke pekerjaan yang lain. Ini bisa kamu lakukan apabila kamu posisinya adalah fresh graduate ya

Ikuti Beberapa Pelatihan yang Sesuai dengan Pekerjaan Kamu

Untuk meraih karir yang kamu inginkan baik career switch maupun orang yang sedang mencari pekerjaan baru, pastinya kamu butuh beberapa keterampilan yang dapat digunakan untuk menunjang pekerjaan kamu nantinya. Salah satu caranya adalah dengan mengikuti pelatihan.

Nah itu tadi beberapa pertimbangannya bisa kamu pikirkan jika ingin memantapkan diri melakukan switch career. Pastikan untuk melakukan semua hal tersebut agar kemungkinan untuk mendapatkan pekerjaan baru lebih tinggi berbagai cara tadi juga bisa membuat kamu siap untuk mendapatkan pekerjaan yang baru. Jadi apakah kamu sudah yakin untuk melakukan career switch dengan posisi-posisi yang sudah kamu pertimbangkan?

Jika kamu masih bimbang untuk menemukan karir yang cocok sebagai acuan kamu dalam meraih karir kedepannya, kamu bisa coba Rakamin Career Role Assesment. Cukup dengan 5 menit kamu bisa mendapatkan rekomendasi karir impian yang cocok untuk kamu dan berkesempatan pula untuk mendapatkan voucher diskon di akhir kuesioner yang sudah kita sediakan.

Oh iya kamu juga bisa mencari informasi lowongan pekerjaan yang sedang dibuka dan juga memilih karir yang cocok di berbagai perusahaan ternama seperti Tokopedia, Lazada, dan Telkom. Hasil test kami akan memberikanmu gambaran kepribadian dan karir yang mudah untuk kamu pahami dan implementasikan untuk membantumu mencapai karir impianmu. Info lebih lengkapnya kamu bisa kepoin langsung di sini ya!

Tag

Reyvan Maulid

Writing about Data Science and Digital Marketing Topics. Penyuka Seblak dan Maklor!

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.