Blog Rakamin Academy

Pentingnya Skill Coding untuk Persiapan Karir Praktisi Data

Insights 9 Okt 2023

Coding merupakan salah satu skill yang perlu diasah, apalagi jika ingin berkarir menjadi seorang praktisi data. Bahkan, Presiden RI Joko Widodo menyebut coding dinilai jauh lebih penting daripada bahasa Inggris. Bahasa bukan hanya bahasa Inggris saja, namun bahasa coding kedepannya akan jauh lebih penting. Bahasa coding penting di masa depan akan menggantikan banyak pekerjaan baru. Terlebih di era artificial intelligence mulai bermunculan pekerjaan yang berhubungan dengan coding nantinya.

Belajar coding membuat kamu lebih terbiasa dengan pemecahan masalah dan mencari langkah-langkah logis untuk membuat sebuah program dapat bekerja dengan baik. Selain itu, belajar coding juga melatih kamu dalam melihat masalah sebagai tantangan untuk berkembang. Jika kamu adalah seorang pemula yang sedang mengejar karir sebagai praktisi data, berikut adalah beberapa alasan mengapa skill coding penting untuk dipelajari.

Keahlian yang Banyak Dicari

Pekerjaan di bidang IT merupakan salah satu pekerjaan yang termasuk dalam high-paying jobs. Bisa dibilang pekerjaan di bidang IT menawarkan gaji yang paling tinggi dibandingkan bidang lainnya. Berdasarkan situas Payscale, rentang gaji posisi di bidang IT berkisar antara 60 juta sampai 220 juta per tahun. Versi lain yaitu website Jobstreet juga melansir bahwa pekerjaan bidang IT menawarkan gaji rata-rata mulai dari Rp 5,4 juta sampai Rp 36 juta per bulan. Itulah mengapa keahlian coding merupakan keterampilan yang banyak dicari. Walaupun terbilang rumit, namun keahlian coding bisa dipelajari pelan-pelan bahkan dari nonIT pun bisa mengikuti.

Sebagai Langkah Awal Memulai Karir di Bidang IT

Salah satu manfaat utama dari belajar coding adalah sebagai langkah awal untuk memulai karir di bidang IT. Dewasa ini, peluang karir pada bidang ini sangat menjanjikan karena perkembangan Artificial Intelligence yang semakin melesat berkat kemunculan ChatGPT. Banyak perusahaan mulai membutuhkan orang-orang pilihan yang memiliki kemampuan coding untuk membuat website maupun aplikasi yang memudahkan user.

Mengasah Kemampuan Logika

Dengan memiliki keahlian coding juga dapat membantu seseorang dalam mengembangkan kemampuan logika. Dalam coding nantinya akan banyak berhadapan dengan logika matematika, menyusun algoritma matematika yang nantinya akan diterapkan pada sistem, program, maupun aplikasi. Apabila logika yang digunakan tidak sesuai maka program tersebut dapat menghasilkan error atau tidak dapat berjalan sesuai yang diperintahkan. Namun, jika sesuai maka program akan mengeluarkan output sesuai sintaks yang disediakan.

Pilihan Karir yang Fleksibel

Mempelajari skill coding tentunya akan membuka banyak pilihan karir. Kamu bisa mendapatkan berbagai posisi dalam bidang IT. Adapun pilihan karir tersebut antara lain computer programmer, web developer, DevOps Engineer, data scientist, database administrator, network system administrator, machine learning engineer, data engineer, dan masih banyak yang lainnya. Skill coding dapat membantu seorang pemula secara fleksibel menentukan karir sesuai dengan preferensi dan minatnya.

Itulah tadi pentingnya skill coding untuk dipelajari bagi pemula yang ingin mengejar karir sebagai praktisi data. Siapa tahu karir sebagai praktisi data adalah karir yang selama ini kamu idam-idamkan. Masih bingung dalam menentukan karir kamu kedepannya? Rakamin Berani Temenin kamu! Jangan ragu dan sungkan untuk cek kecocokan karir dengan pekerjaan impianmu di Unified Assessment Test dari Rakamin Academy. Hasil test kami akan memberikanmu gambaran kepribadian dan karir yang mudah untuk kamu pahami dan implementasikan untuk membantumu mencapai karir impianmu.

Eitss... kamu juga bisa untuk belajar skill baru disini! Yuk ikutan Bootcamp Data Science dari Rakamin Academy! Ada banyak benefit yang bisa kamu dapatkan ketika kamu berkesempatan untuk ikut bootcamp ini. Mulai dari belajar langsung bersama dengan data expert dari perusahaan top-tech, layanan career profiler dan konseling untuk menentukan kecocokan karir dan peluang karir kamu kedepannya dan masih banyak lagi yang lainnya.

Info lebih lengkapnya kamu bisa kepoin langsung di sini ya!

Tag

Reyvan Maulid

Writing about Data Science and Digital Marketing Topics. Penyuka Seblak dan Maklor!

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.