Blog Rakamin Academy

Penjelasan Kegiatan Magang Studi Independen Bersertifikat Rakamin Academy X Kampus Merdeka

Insights 22 Jun 2023

Apakah kamu ingin mendapatkan ilmu secara praktis yang siap bersaing di industri tapi tanpa modal? Pasti kalian tidak bakal menolak kalau gratis, yakin deh. Kalau kamu ingin mengasah skill dan tambahan modal untuk bisa bersaing di industri teknologi, kebetulan banget nih ada informasi menarik untukmu. Rakamin Academy bekerjasama dengan Kampus Merdeka sedang membuka program intensive bootcamp yang ditujukan oleh mahasiswa/mahasiswi di seluruh Indonesia. Program ini sudah satu paket dan masuk dalam Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka

Tujuan Studi Independen

Sebagai salah satu bagian dari program Kampus Merdeka, Studi Independen Bersertifikat ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiiswa untuk belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan, namun tetap diakui sebagai bagian dari perkuliahan. Program tersebut sangat cocok bagi mahasiswa yang ingin memperlengkap portofolio dan skillnya dengan menguasai kompetensi spesifik dan praktis yang juga dicari oleh dunia industri.

Linimasa Program Magang Studi Independen Bersertifikat

Apabila kamu ingin mengikuti program Magang Studi Independen Bersertfikat, berikut adalah linimasa yang harus kamu ketahui:

18 April 2023 - 30 Juni 2023

Pendaftaran dan Kelengkapan Administrasi Mahasiswa. Pada tahap ini, mahasiswa melakukan pendaftaran ke program yang diminati melalui platform Kampus Merdeka dan mengumpulkan dokumennya secara lengkap pada saat pendaftaran

12 Juni 2023 - 1 Juli 2023

Verifikasi Berkas Administrasi Mahasiswa

5 Juli 2023 - 7 Juli 2023

Survey Kebhinekaan sebagai syarat untuk Mahasiswa yang mendaftar

8 Juli 2023 - 7 Agustus 2023

Proses seleksi mahasiswa. Mitra menyeleksi Mahasiswa dan melakukan offering pada platform yang dibuka

14 Agustus 2023

National Onboarding. Onboarding Mahasiswa ke program dan pengenalan ke masing-masing Mitra penyelenggara

14 Agustus 2023 - selesai

Pelaksanaan Program Studi Independen

Program Studi Independen Rakamin Academy vs Kampus Merdeka

Sebagai salah satu mitra dari program Magang Studi Independen Bersertifikat, Rakamin Academy sedang membuka tiga program intensive bootcamp yang dapat membantu mahasiswa untuk meningkatkan skill in-demand secara gratis. Berikut adalah penjelasan garis besar program-programnya:

Data Science Intensive Bootcamp

Program ini bertujuan untuk Menciptakan talent yang memiliki kemampuan dalam bidang Data yang mampu memberikan analisa dan memanfaatkan data untuk mengambil keputusan yang lebih baik dan membuat prediksi akurat pada perusahaan.

Selama program pelatihan data science, peserta akan bekerja dengan dataset dan menggunakan perangkat lunak dan bahasa pemrograman seperti Python, dan SQL. Peserta akan belajar cara membersihkan data, menguji hipotesis, mengidentifikasi pola, dan menghasilkan visualisasi yang efektif.

Lulusan program ini dapat berkarir sebagai Data Scientist, Data Analyst, Data Consultant, Business Analyst, Performance Analyst, hingga Fraud analyst. Namun ilmu Data juga dapat diimplementasikan di bidang lain seperti sebagai People Analyst (HR), Marketing Analyst (Marketing), Operation Analyst, dan lain sebagainya.

Full Stack Web Development Intensive Bootcamp

Menciptakan talent yang memiliki kemampuan dalam aplikasi web yang lengkap, mulai dari sisi depan (front-end) hingga sisi belakang (back-end) menggunakan bahasa pemrograman Java Script

Program pelatihan ini mencakup beberapa topik seperti HTML, CSS, JavaScript, Node.js, React, dan MongoDB. Selama pelatihan, peserta akan belajar cara merancang dan membangun website yang menarik dan responsive menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript. Peserta juga akan belajar cara menggunakan kerangka kerja seperti React untuk mengembangkan aplikasi web modern yang dinamis dan interaktif.

UI/UX Intensive Bootcamp

Program pelatihan yang dirancang untuk mengajarkan peserta cara merancang dan mengembangkan pengalaman pengguna (user experience) dan antarmuka pengguna (user interface) yang efektif dan menarik.

Program pelatihan ini mencakup beberapa topik seperti analisis pengguna, desain interaksi, desain visual, prototyping, dan pengujian. Selama pelatihan, peserta akan belajar cara mengumpulkan dan menganalisis data pengguna untuk memahami kebutuhan dan preferensi mereka. Mereka juga akan belajar cara merancang antarmuka pengguna yang efektif dengan menggunakan teknik seperti desain tata letak, warna, dan tipografi.

Jadi, apakah kamu ingin mendapatkan skill yang hole-package tapi secara gratis? Wah, asli kalian jangan sampai lewatkan kesempatan berharga ini sih! Kamu bisa ikutan langsung Rakamin Academy X Kampus Merdeka dengan beasiswa bootcamp secara full plus konversi 20 SKS, loh! Informasi selengkapnya kamu bisa langsung kunjungi dan klik di sini! Atau kalau masih bingung, jangan sungkan-sungkan untuk tanya langsung ke admin Rakamin Academy via Instagram ya!

Tag

Reyvan Maulid

Writing about Data Science and Digital Marketing Topics. Penyuka Seblak dan Maklor!

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.