Blog Rakamin Academy

Mengenal Facebook Ads Library: Definisi, Cara Akses, dan Manfaat

Insights 5 Mei 2023

Siapa sih yang tidak kenal dengan Facebook? Pastinya semua orang sudah familiar dengan media sosial yang satu ini.

Usut punya usut, Facebook bisa dimanfaatkan khususnya bagi kamu yang ingin membangun bisnis dan mendapatkan audiens sesuai dengan target pasar yangs sudah kamu susun.

Salah satu cara yang bisa kamu terapkan adalah mengaplikasikan Facebook Ads.

Banyak orang selama ini akrab dengan Facebook Ads sebagai media beriklan, membangun konten berbasis iklan produk sehingga dilirik banyak pembeli dan mendapatkan cuan yang melimpah.

Kalau Facebook Ads pastinya sudah pada sering mendengar. Lalu bagaimana dengan Facebook Ads Library?

Sebenarnya, Facebook Ads Library masih terkait dengan media sosial Facebook. Berdasarkan pengertiannya, Facebook Ads Library merupakan salah satu fitur Facebook yang bermanfaat untuk melihat berbagai macam iklan yang ada di Facebook.

Awalnya Facebook Ads ini digunakan untuk melakukan iklan-iklan yang berkaitan dengan pemilu untuk melakukan transparansi data dan keterbukaan kepada publik. Namun kini, Facebook Ads dapat digunakan untuk keperluan bisnis.

Apakah kamu penasaran dengan penggunaan dari Facebook Ads Library? Apalagi ingin tahu lebih lanjut soal Facebook Ads Library?

Semua akan dibahas dalam artikel ini. Simak pembahasan lebih lengkapnya disini yuk!

1.  Apa itu Facebook Ads Library

Facebook Ads Library merupakan salah satu fitur gratis milik Facebook atau Meta yang dapat digunakan untuk melihat semua iklan yang dipasang di platform Facebook, Instagram, Messenger Facebook, hingga Audience Network.

Banyak pebisnis yang kini menggunakan Facebook Ads Library untuk memantau iklan dari kompetitor bisnis mereka.

Facebook melakukan transparansi data sehingga kamu dapat melihat gambar iklan, ads copy, maupun target audiens yang digunakan klien.

Dengan demikian, kamu akan mudah untuk mendapatkan inspirasi, ide, dan membuat iklan yang cocok dengan target audiensmu.

Facebook Ads Library adalah sebuah database online yang berisi informasi tentang iklan-iklan yang dipasang di Facebook, Instagram, dan Messenger.

Database ini berisi informasi tentang iklan yang sedang tayang, iklan yang sudah tidak aktif, dan iklan yang telah dihapus.

Informasi yang tersedia di Facebook Ads Library mencakup nama pengiklan, jumlah uang yang dikeluarkan untuk iklan tersebut, rentang waktu iklan, negara atau daerah target iklan, jenis iklan (gambar, video, atau teks), kategori iklan dan keterangan singkat tentang iklan.

2.  Kategori Iklan Facebook Ads Library

Berikut adalah kategori iklan Facebook Ads Library yang sering digunakan

Iklan Umum (All Ads)

FB ads library hanya menampilkan iklan yang mempromosikan suatu produk maupun jasa. Perlu diketahui bahwa Facebook Ads Library hanya menampilkan iklan umum yang masih aktif.

Contohnya ketika Anda mencari iklan kompetitor di Ads library Facebook namun hanya menampilkan “Hasil Pencarian 0” kemungkinan iklan tersebut sudah tidak aktif atau memang kompetitor tersebut tidak menggunakan fitur Facebook Ads.

Iklan Isu, Pemilu, atau Politik (Issues, elections or politics)

Mempertunjukkan iklan yang memiliki unsur politik, partai, pemilu, dan isu tertentu. Berdasarkan riset pada jenis iklan ini, Anda masih bisa melihat iklan politik walaupun sudah tidak aktif sejak tahun 2020.

3.  Cara Mengakses Facebook Ads Library

Nah, bagaimana cara menggunakan Facebook Ads Library dan cara melihat iklan kompetitor di Facebook? Coba simak langkah-langkah berikut ini:

1. Hubungkan devicemu dengan internet lalu buka browser.

2. Silahkan login ke akun Facebook yang masih aktif.

3. kemudian Klik link atau ketik URL berikut pada browsermu; https://www.facebook.com/ads/library/

4. Tampilan Facebook Ads Library akan terlihat seperti gambar di bawah ini:

Tampilan Facebook Ads Library

5. Silahkan pilih lokasi dan kategori iklanmu. Pada ulasan ini, kami memberi contoh dengan target lokasi negara Indonesia.

Target Lokasi

6. Selanjutnya, silahkan pilih kategori iklan. Terdapat dua pilihan yaitu Semua Iklan dan Isu, Pemilu atau Politik. Pilihlah kategori Semua Iklan.

Kategori Iklan Facebook Ads Library

7. Kamu bisa melihat iklan dengan dua cara, yaitu dengan menuliskan keyword iklan yang kamu butuhkan atau menuliskan spesifik pengiklan yang kamu tuju pada pencarian Facebook Ads Library

Manfaat dari Facebook Ads Library

Facebook Ads Library dapat memberikan manfaat yang sangat besar bagi pengguna. Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari Facebook Ads Library antara lain:

Mengawasi Iklan Pesaing

Facebook Ads Library dapat membantu Anda untuk mengawasi iklan-iklan pesaing Anda. Anda dapat melihat jenis iklan apa yang sedang dipasang oleh pesaing Anda, di mana iklan tersebut ditargetkan, dan berapa banyak uang yang dikeluarkan untuk iklan tersebut.

Memperoleh Ide untuk Iklan Anda Sendiri

Melihat iklan-iklan yang dipasang oleh orang lain di Facebook Ads Library dapat memberikan inspirasi untuk membuat iklan Anda sendiri. Anda dapat melihat jenis iklan yang populer dan mendapatkan ide untuk menciptakan iklan yang lebih menarik dan efektif.

Menjaga Transparansi

Facebook Ads Library membantu menjaga transparansi dalam pengiklanan online. Dengan melihat iklan-iklan yang dipasang oleh orang lain, Anda dapat memahami lebih baik bagaimana iklan-iklan diarahkan kepada target audiens dan bagaimana mereka menarik perhatian pengguna.

Nah, itulah tadi sedikit penjelasan tentang Facebook Ads Library. Mulai dari apa itu Facebook Ads Library, kemudian apa saja tipe iklan yang ada di dalam Facebook Ads Library, beserta cara aksesnya. Kalau misalnya kamu ingin kulik lebih banyak, kamu bisa lho belajar gratis seputar ads dan digital marketing bersama Rakamin Academy di Rakamin Trial Class. Rasakan pengalaman belajar Digital Marketing secara gratis hanya dalam 2 hari pembelajaran. Kamu bisa mendalami skill-skill yang berkaitan seputar digital marketing bersama tutor expert yang berpengalaman pastinya.

Kamu juga bisa mendapatkan kesempatan buat dapetin sertifikat hingga diskon menarik! Buruan serbu yuk kawan, kapan lagi kan belajar gratis dan dapetin akses konten selamanya secara gratis. Informasi lebih lanjut kamu bisa kunjungi website kita ya!

Tag

Reyvan Maulid

Writing about Data Science and Digital Marketing Topics. Penyuka Seblak dan Maklor!

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.