Blog Rakamin Academy

Macam Tipe Data yang Biasa Digunakan oleh Programmer 2023

Insights 9 Okt 2023

Tipe data dalam pemrograman adalah cara untuk mengklasifikasikan dan mengidentifikasi jenis data yang akan disimpan dan diolah dalam program komputer. Tipe data menentukan jenis nilai yang dapat diwakili, operasi yang dapat dilakukan pada nilai tersebut, dan sebagian besar tipe data memiliki batasan pada rentang nilai yang dapat mereka wakili. Tipe data membantu komputer memahami bagaimana menyimpan, memproses, menganalisis dan berinteraksi dengan data dalam program. Pemahaman tentang tipe data dan pemilihan yang tepat dari tipe data untuk tugas tertentu adalah keterampilan penting dalam pengembangan perangkat lunak.

Tipe data sangat dibutuhkan dalam dunia programming agar complier dapat mengetahui bagaimana suatu data dapat digunakan. Mengingat data terbagi menjadi beberapa macam dan tipe data yang memiliki perbedaan tentunya punya fungsi masing-masing. Dengan mengetahui macam tipe data yang digunakan oleh programmer tentunya akan memudahkan kerja seorang programmer dalam melakukan pengolahan data. Apa saja tipe data beserta contohnya yang biasa digunakan dalam dunia pemrograman? Simak yuk!

Tipe Data Floating-Point

Tipe data floating-point adalah tipe data yang digunakan untuk merepresentasikan angka desimal atau pecahan dalam pemrograman. Tipe data ini memungkinkan kita untuk menyimpan angka dengan titik desimal, seperti bilangan pecahan, angka rasional, atau angka dengan presisi desimal tertentu. Istilah “floating” dalam tipe data merujuk kepada sifat bilangannya yang dapat “dibulatkan” ke bilangan yang mendekatinya. Misalnya bilangan 34,7 apabila dibulatkan menjadi 35.

Tipe Data Boolean

Selanjutnya adalah tipe data boolean. Tipe data yang satu ini mewakili nilai benar (True) atau nilai salah (False) dalam suatu variabel. Penggunaan tipe data boolean dalam bilangan biner direpresentasikan dengan angka 1 untuk bernilai benar dan angka 0 jika bernilai salah. Tipe data boolean termasuk ke dalam tipe operasi logika dan menjadi dasar pengambilan keputusan dalam pemrograman.

Tipe Data Integer

Data integer merupakan tipe data yang berisi kumpulan bilangan bulat, baik dalam bentuk bilangan positif maupun negatif. Integer atau int merupakan tipe data yang paling umum digunakan untuk menyimpan angka tanpa komponen pecahan. Pada data integer, kamu akan menemukan data yang berisi bit atau binary digit dengan panjang 16 bit atau sampai 2^16 atau 65.536. Tipe data integer ini digunakan dalam berbagai jenis perhitungan matematis, pengindeksan dalam struktur data seperti array, dan banyak aspek pemrograman lainnya.

Tipe Data Character

Tipe data selanjutnya adalah Character (char), yaitu tipe data yang digunakan untuk menyimpan satu huruf, angka, tanda baca, simbol, maupun spasi kosong.

Tipe data jenis (char) digunakan dalam berbagai bahasa pemrograman seperti C, C++, C#, untuk menyimpan karakter dengan menampilkan kode numerik kecil sebagai perwakilan masing-masing karakternya.

Contoh data Character (char):

(A), (D), (4), (-), atau (#).

Tipe Data String

Tipe data string adalah tipe data yang digunakan untuk merepresentasikan urutan karakter dalam pemrograman. String biasanya digunakan untuk menyimpan teks, kata, frasa, atau data karakter lainnya. Di hampir semua bahasa pemrograman, string dinyatakan dengan tanda kutip (seperti 'Hello, World!' atau "Ini adalah string.") atau tanda kutip ganda (seperti "Hello, World!").

Tipe data string umumnya memiliki operasi dan fungsi yang memungkinkan Anda untuk memanipulasi dan mengakses karakter dalam string, seperti pencarian, penggantian, penggabungan, pemotongan, dan banyak lagi. String sering digunakan dalam pengembangan perangkat lunak untuk tugas seperti pengolahan teks, pengolahan data, manipulasi string, dan interaksi dengan pengguna melalui antarmuka pengguna.

Setelah dikenalkan mengenai tipe data, apakah kalian sudah mulai memahaminya? Sebagai seorang programmer, penting dan perlu untuk memahami tipe-tipe data yang biasa digunakan dalam dunia pemrograman.

Ingin tahu lebih dalam seputar tipe data? Kamu bisa curi kesempatan dengan ikutan Bootcamp Data Science dari Rakamin Academy! Ada banyak benefit yang bisa kamu dapatkan ketika kamu berkesempatan untuk ikut bootcamp ini. Mulai dari belajar langsung bersama dengan data expert dari perusahaan top-tech, layanan career profiler dan konseling untuk menentukan kecocokan karir dan peluang karir kamu kedepannya dan masih banyak lagi yang lainnya.

Info lebih lengkapnya kamu bisa kepoin langsung di sini ya!

Tag

Reyvan Maulid

Writing about Data Science and Digital Marketing Topics. Penyuka Seblak dan Maklor!

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.