Kenalan dengan Data Science, Bidang Ilmu Kekinian di Era Digital

Siapa yang tidak kenal dengan data science?

Bidang ilmu yang satu ini sedang menggeliat dan diminati oleh berbagai kalangan.

Seperti yang kita ketahui bahwa data memang bisa dimanfaatkan untuk banyak kepentingan.

Di berbagai industri, penggunaan data dengan data science diaplikasikan dalam bidang-bidang tertentu.

Mulai dari bidang sosial, politik, ekonomi, health, sales and marketing, retail, financial dan masih banyak sekali aplikasi yang lainnya.

Apalagi, sebuah riset yang dilakukan Tech Jury membeberkan suatu fakta bahwa 95% bisnis masih punya masalah terkait data.

Maka dari itu, lebih dari 90% bisnis memutuskan untuk mulai berinvestasi di bidang data.

Melihat keberadaan bidang ilmu data science sebagai bidang ilmu kekinian sejatinya mulai diperhitungkan.

Tidak heran apabila data science telah menciptakan profesi yang turunannya berakar dari ilmu ini.

Mulai dari data scientist, data analyst, data engineer, machine learning specialist, dan lain-lain.

Uniknya lagi, kini banyak perusahaan yang membutuhkan posisi penting di bidang data dengan iming-iming gaji tinggi.

Apalagi berdasarkan data dari Indeed, salah satu portal pencarian lowongan kerja menyatakan bahwa rata-rata posisi data scientist memiliki gaji diatas 8 juta.

Jadi, apakah sobat Rakamin tertarik untuk menekuni dunia data science?

Pastikan untuk tahu terlebih dahulu apa itu data science. Yuk simak postingan mimin sampai selesai.

  1. Apa Itu Data Science?

Data science adalah bidang ilmu yang sedang happening di era digital saat ini. Dibentuk berdasarkan disiplin ilmu matematika, statistika, dan komputer.

Ketiga ilmu tersebut berkolaborasi dengan tujuan membuat proses pengolahan data lebih efisien dan akurat.

Proses pengolahan data dalam data science meliputi pengumpulan data, manipulasi data, mengolah data, hingga menganalisis data untuk memperoleh informasi yang berguna.

Lalu nantinya informasi yang didapat dijadikan pedoman dalam pengambilan keputusan untuk kedepannya.

Keunggulan dari data science antara lain yaitu data yang diolah dengan data science dapat berupa berbagai jenis data mulai dari yang terstruktur dan tidak terstruktur.

Data yang diolah juga merupakan data yang berjumlah besar yang disebut Big Data.

Seperti yang kita tahu bahwa aktivitas kita hampir seluruhnya menggunakan teknologi, sehingga data yang terkumpul juga semakin banyak jumlahnya dan makin banyak jenisnya.

Disinilah ilmu data science berperan dalam proses pengolahan data agar lebih powerful.

2.Kegunaan Data Science

Dalam keberadaannya data science sangatlah penting dan berguna bagi bisnis maupun organisasi.

Dengan data science maka kamu dapat mengumpulkan dan menganalisis data berdasarkan kasus-kasus yang ada di industri.

Selain itu, penggunaan data science juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas produk berdasarkan data yang diperoleh. Selain itu adanya data science juga memiiki manfaat sebagai berikut:

1.Mengurangi Risiko Fraud alias Kecurangan

Data science dapat mengurangi risiko penipuan alias fraud. Data scientist dilatih untuk melakukan identifikasi data yang menonjol dengan beberapa cara.

Data scientist membuat statistik, jaringan, jalur dan metodologi Big Data. Tujuan utamanya adalah untuk memprediksi kecurangan dan menggunakannya demi membuat peringatan yang dapat membantu memastikan tindakan cepat ketika data tersebut tidak bisa diakui.

Penggunaan internet dan transaksi online yang tinggi membuat persebaran data sangat banyak setiap harinya.

Penggunaan internet ini mempermudah akses data dari berbagai sumber, namun seringkali justru menjadi sumber kejahatan karena lemahnya perlindungan terhadap privasi pengguna.

Salah satu contoh manfaat dari Data Science yaitu dalam sektor keuangan. Kasus penipuan di sektor keuangan di Indonesia adalah salah satu berita yang sangat sering kita dengar setiap harinya.

Kasus tersebut merupakan salah satu bentuk fraud dalam dunia perbankan di Indonesia. Untuk itulah peran Data Science di industri finansial amat dibutuhkan.

2.Hasil Analisis Lebih Efisien dan Akurat

Dalam dunia bisnis, kita akan menemukan jumlah data yang tak terhingga yang dihasilkan setiap harinya.

Jika kita dapat memanfaatkan data dengan baik dan benar, maka perusahaan dapat menciptakan produk/layanan yang sesuai dengan tren dan kebutuhan pelanggan.

Akan tetapi, mengolah data juga bukanlah pekerjaan yang sederhana. Dibutuhkan kemampuan analisis dan solusi yang tepat untuk membantu perusahaan mengatasi tantangan selama proses pengolahan data.

Pekerjaan Data Science dapat menentukan seberapa akurat hasil analisa yang akan dihasilkan nantinya. Hasil analisis yang akurat akan lebih berdampak pada kebijakan mengenai pemasaran serta promosi produk suatu perusahaan.

Dengan akuratnya kebijakan yang dihasilkan maka akan berdampak pada keuntungan yang diperoleh oleh perusahaan.

3.Tercapainya Goals Bisnis

Kepuasan pelanggan merupakan suatu perasaan atau penilaian emosional dari pelanggan terhadap penggunaan produk dan layanan dimana harapan dan kebutuhan pelanggan terpenuhi.

Menurut Kotler dan Keller (2006), kunci utama untuk mempertahankan konsumen adalah kepuasan konsumen. Hal ini disebabkan karena penjual perusahaan di setiap periodenya berasal dari konsumen baru dan konsumen yang sudah ada sebelumnya.

Oleh karena itu, untuk dapat mempertahankan konsumen, maka perusahaan harus melakukan penelitian menggunakan Data Science mengenai kepuasan pelanggan.

Hal ini dikarenakan Data Science dapat mempelajari pola perilaku pelanggan melalui Big Data yang dianalisis.

Keunggulan atau manfaat lainnya dari Data Science adalah untuk membantu tim Sales dan Marketing memahami pelanggan mereka secara rinci.

Pengetahuan tersebut akan menjadi modal berharga agar dapat menciptakan pengalaman sebaik mungkin bagi pelanggan mereka.

3.Penerapan Data Science

Bidang ilmu data science dapat menghubungkan berbagai bidang pekerjaan di industri data. Terlebih lagi banyak tujuan dan goals yang dilakukan dengan pemanfaatan data science.

Misalnya data science digunakan untuk melakukan proses perhitungan yang bertujuan untuk menerjemahkan data mentah untuk pengambilan insight yang valuable.

Berikut adalah penerapan bidang studi data science di dunia industri:

Healthcare

Tahukah kamu peran seorang Data Scientist juga sangat penting dalam mengambil keputusan bersama dengan para stakeholder?

Seorang Data Scientist memiliki kemampuan dalam mengolah data dan analitik dengan menggunakan metode statistik, sehingga menjadi suatu insight dan informasi data yang sangat bermanfaat.

Dalam industri kesehatan, Data Scientist mengolah data untuk memprediksi efek dari obat dan juga memahami penyakit manusia.

Ilmu Data Science sendiri merupakan kunci utama untuk menelaah obat-obatan.

Data medis yang didapat juga berasal dari data yang jumlahnya besar lalu dikembangkan dan menerapkan dengan bantuan AI atau Machine Learning

Fraud Detection

Fraud Detection atau mendeteksi penipuan adalah bagian terpenting dari segala industri keuangan, sehingga data science dan Artificial Intelligence (AI) adalah kedua ilmu yang sering digunakan untuk melakukan proses ini.

Sebab, kerusakan dan gangguan sekecil apapun itu dapat menyebabkan kerugian finansial bagi suatu perusahaan tertentu.

Dengan melakukan analisis prediksi real-time, hal ini akan membantu dalam peningkatan deteksi penipuan dan juga keamanan cyber.

Selain itu, dengan bantuan dari sebuah data science, suatu perusahaan dapat menyediakan layanan keuangan yang lebih efektif.

Sehingga teknologi ini dipercaya dapat membantu untuk mengidentifikasi potensi transaksi penipuan yang dilakukan di setiap aktivitas.

Dynamic Pricing

Penetapan harga dinamis pada umumnya digunakan oleh suatu perusahaan dengan menggunakan data untuk mensegmentasikan pelanggan atau konsumen secara akurat.

Sehingga setiap kelompok pelanggan atau konsumen ke depannya akan dapat ditawari produk dengan harga yang berbeda. Penawaran seperti ini didasari pada informasi yang dihasilkan oleh data science dari berbagai faktor lainnya.

Tourism

Data science digunakan oleh industri perjalanan dan pariwisata untuk menganalisis dan mengumpulkan data tentang orang-orang untuk mendapatkan informasi tentang destinasi atau apa yang dibutuhkan orang-orang.

Data science memungkinkan industri pariwisata mengetahui berbagai kelemahan, kekuatan dan reputasi keseluruhan berbagai perusahaan.

Selain itu, data science bisa membantu mengidentifikasi potensi celah di pasar dan destinasi yang ingin dituju orang-orang, serta kebutuhan orang-orang selama melakukan perjalanan ke destinasi tersebut.

Hal ini dapat menguntungkan bagi perusahaan perjalanan dan pariwisata, terutama agen perjalanan karena strategi ini dibuat berdasarkan bukti di lapangan

4.Komponen dalam Data Science

Konsep dari data science terdiri dari beberapa bidang disiplin ilmu yaitu matematika dan statistika, data mining, ilmu komputer, domain knowledge, dan artifical inteligence (meliputi deep learning, machine learning, dan natural language processing (NLP)).

Dari penjelasan diatas kita bisa mengetahui bahwa matematika dan statistika ikut serta dalam konsep ini, hal ini terjadi karena pada dasarnya kita bermain dengan data.

Dan untuk mengolah data kita membutuhkan yang namanya regresi, dimana regresi itu masuk kedalam ilmu matematika dan statistika.

Apalagi kita juga membutuhkan analisis yang kuat, maka dari itu kita juga membutuhkan ilmu matematika.

5.Siapkan Dirimu Menjadi Seorang Praktisi Data Bersama Rakamin Academy!

Nah sekarang kalian semua jadi pada tahu kan apa itu data science. Pengen belajar lebih banyak lagi seputar data science?

Mungkin kamu perlu ikutan Bootcamp Data Science dari Rakamin Academy deh. Biar skill data analysis kamu makin cuakeeppp!

Disini kalian bisa dapetin materi seputar data science dari expert tutor yang daging banget dan berkualitas pokoknya!

Eitsss, bagi kamu yang tim gratisan juga boleh merapat hayuuuukkkk.

Ada Rakamin Trial Class juga yang bisa kamu coba buat nambah skill baru seputar data science.

Yuk tunggu apalagi, buruan amankan seat kamu dan daftar sekarang sebelum nyesel loh entar!

Batasnya ditunggu sampai kalian penasaran yaaa sobat Rakamin!