Blog Rakamin Academy

Intip 6 Skill Penting yang Dimiliki Product Manager

Insights 15 Agt 2023

Profesi Product Manager merupakan salah satu profesi yang sangat penting kehadirannya di berbagai perusahaan. Profesi yang satu ini memiliki tugas yaitu membuat garis besar dari perencanaan produk baru di perusahaan hingga melakukan beberapa analisa data terkait dengan penjualan dan proses pemasaran. Sejalan dengan pentingnya profesi ini untuk dimiliki oleh berbagai perusahaan maka kita perlu tahu nih kira-kira skill apa saja sih yang dibutuhkan dan diasah untuk bisa menjadi seorang Product Manager yang handal.

Deskripsi Pekerjaan Product Manager

Product Manager merupakan profesi yang bertanggung jawab mengenai pengembangan sebuah produk mulai dari tahap perencanaan sampai proses launching produk sehingga produk tersebut dapat dipasarkan ke masyarakat luas. Secara sederhana profesi ini dapat juga diartikan sebagai salah satu profesi yang berkontribusi aktif. Mulai dari membuat ide mentah menjadi solusi yang akan memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan mulai dari sisi perusahaan maupun sisi konsumen.

Profesi product Manager merupakan orang yang ditunjuk untuk mengidentifikasi apa saja kebutuhan pelanggan dan tujuan bisnis secara garis besar terhadap produk yang ingin dibuat. Umumnya, perusahaan akan mendapatkan kesuksesan yang berkelanjutan ketika semua produk berhasil menjangkau pelanggan.

Profesi product Manager sangat berhubungan erat dengan profesi lainnya tentunya hubungan ini dilakukan untuk melancarkan kesuksesan produk yang sedang dirintis. Misalnya profesi Product Manager akan menghubungi tim Finance untuk membicarakan terkait dengan rancangan anggaran dan juga biaya akuisisi pelanggan. Kiranya bagaimana produk tersebut diluncurkan dan dikhususkan kepada masyarakat sehingga produk tersebut bisa menyelesaikan permasalahan pelanggan.

Skill Penting Product Manager

Lingkup tugas dari Product Manager yaitu mengelola seluruh siklus pembuatan produk beserta roadmap produk. Biasanya product manager akan bekerja dengan teknisi, marketing, sales, pelanggan, staff legal, berbagai pemimpin divisi yang ada di perusahaan dan partner atau kemitraan. Setelah kamu mengetahui secara singkat deskripsi tugas dan lingkup pekerjaan product manager, kali ini kita akan sedikit kulik apa saja skill yang dibutuhkan dan perlu diasah jika kamu ingin menjadi Product Manager? Simak yuk!

Mengerti UX dan Web Developer

Memang pada dasarnya, seorang product manager tidak perlu memiliki kemampuan dalam hal UX ataupun rancang bangun website. Namun, ada baiknya untuk kamu bisa memiliki kemampuan ini. Kenapa? Hal ini akan mempermudah tim teknik bekerja dan tentunya akan membangunhubungan yang lebih baik dengan tim teknikmu. Selain itu, ketika kamu mengerti bagaimana UX bekerja, hal yang akan terjadi adalah kamu bisa dengan mudah mengkomunikasikan desain atau fitur lainnya yang ingin kamu tampilkan di website mu

Riset Pasar

Menjadi seorang product manager yang sukses tentunya membutuhkan kecakapan riset pasar yang baik terhadap peluncuran produk yang akan dipublikasikan kepada khalayak umum. Memiliki pengalaman dalam melakukan riset pasar juga sangat penting untuk kamu miliki. Hal ini akan memudahkan dalam membuat konsep baru dan mengetahui apakah pasar yang dituju pas untuk produkmu. Tidak hanya itu, kamu juga bisa untuk mengasah kemampuan dalam memahami dan mengenali karakteristik pelanggan yang ingin kamu sasar dalam produk yang kamu perjualbelikan.

Mampu Berpikir Kritis

Salah satu skill yang wajib dimiliki product manager adalah berpikir kritis dan analitis. Sesuai dengan jobdesknya, product manager akan sering menganalisis informasi dan data serta memberikan wawasan yang dapat ditindaklanjuti ke dalam tim internalnya. Skill ini akan membantu product manager untuk memastikan apakah produk sudah layak bagi bisnis dan pelanggan mereka atau belum.

Di dalam kesehariannya, Product Manager juga harus membuat berbagai keputusan mengenai produk, strategi, alokasi waktu, hingga sumber daya yang dibutuhkan. Ia juga harus meninmbang pilihan yang terbaik dari berbagai macam pilihan yang disuguhkan. Hal inilah yang membuatmu harus mendapatkan skill ini jika ingin menjadi seorang product manager.

Problem Solving

Pentingnya problem solving bagi product manager sangat penting dalam keberlangsung proyek maupun produk yang dihasilkan atau dibuat. Dalam kesehariannya, seorang product manager perlu membuat sebuah produk atau keluaran website yang mana nantinya akan menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan pelanggan. Kamu bisa membayangkan, bagaimana caramu memecahkan masalah di dalam kehidupan sehari-hari. Definisikan masalah secara jelas, sehingga solusi dapat terbentuk dengan tepat. Selain itu, kamu juga bisa menumbuhkan skill ini dengan berempati pada pelanggan saat melakukan brainstorming ide-ide untuk produk baru

Kemampuan Komunikasi

Hampir semua pekerjaan di dunia ini memerlukan kemampuan komunikasi yang efektif, dan hal ini juga berlaku bagi product manager. Sukses dalam menciptakan dan memasarkan produk memerlukan kontribusi dari berbagai ahli, mulai dari desainer dan pengembang, hingga tim pemasaran. Oleh karena itu, kemampuan berkomunikasi yang baik sangat penting agar pesan dapat disampaikan dengan jelas.

Dalam menjalankan tugas sebagai product manager, setiap hari akan dihabiskan untuk menjawab pertanyaan, berinteraksi dengan klien, dan mempresentasikan perkembangan produk kepada atasan. Inilah beberapa alasan konkret mengapa kemampuan komunikasi menjadi keterampilan utama yang harus dimiliki seorang product manager dalam bekerja.

Manajemen Waktu

Seorang product manager akan terus menerus membagi waktu mereka untuk mengerjakan hal ini dan itu. Ia juga harus menyesuaikan dan memilah mana kegiatan yang memiliki prioritas lebih besar daripada yang lainya. Tanpa disadari, ketika menjadi seorang product manager ide, permintaan, dan saran akan datang dari berbagai sudut. Tentu, tidak mungkin semua itu diimplementasikan semuanya bukan?

Karena itu, keahlian manajemen waktumu sangat dibutuhkan di profesi ini. Dengan manajemen waktu yang baik, kamu bisa menangani semua tugas secara efisien dan menentukan apa yang menjadi prioritas tertinggi bagi produk yang sedang dibuat.

Nah kalau kamu penasaran dan ingin mendapatkan kesempatan magang di perusahaan ternama? Rakamin Berani Temenin kamu! Jangan ragu dan sungkan untuk cek kecocokan karir dengan pekerjaan impianmu di Unified Assessment Test dari Rakamin Academy. Hasil test kami akan memberikanmu gambaran kepribadian dan karir yang mudah untuk kamu pahami dan implementasikan untuk membantumu mencapai karir impianmu.

Eitss... kamu juga bisa untuk belajar skill baru disini! Yuk ikutan Bootcamp Product Management dari Rakamin Academy! Ada banyak benefit yang bisa kamu dapatkan ketika kamu berkesempatan untuk ikut bootcamp ini. Mulai dari belajar langsung bersama dengan data expert dari perusahaan top-tech, layanan career profiler dan konseling untuk menentukan kecocokan karir dan peluang karir kamu kedepannya dan masih banyak lagi yang lainnya. Masih ragu sama kemampuanmu di bidang product management? Yuk ikut technical test untuk eksplor diri kamu di sini!

Info lebih lengkapnya kamu bisa kepoin langsung di sini ya!

Tag

Reyvan Maulid

Writing about Data Science and Digital Marketing Topics. Penyuka Seblak dan Maklor!

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.