Blog Rakamin Academy

Improve Skill Data Literacy untuk Menjadi Profesional Data Handal

Insights 11 Agt 2023

Literasi data merupakan salah satu keterampilan yang sangat bermanfaat bagi seorang pemula yang akan terjun di industri data untuk berinvestasi dan menjadi semakin penting di masa depan. Betapa tidak, sebagai salah satu skill yang penting untuk dipelajari tentunya sekarang ini perusahaan telah berfokus pada teknologi dan informasi serta adanya data driven mindset yang dioptimalkan dalam penggunaan setiap data yang ditransformasikan menjadi sebuah informasi yang bermanfaat.

Berdasarkan definisinya, literasi data merupakan kemampuan untuk membaca menganalisis pekerja dan berkomunikasi dengan data. Keterampilan ini memberdayakan para karyawan untuk lebih memahami bagaimana alur dan struktur dari data yang telah dikumpulkan hingga menjadi sebuah informasi yang bermanfaat dalam setiap pengambilan keputusan yang ditetapkan oleh tim pemangku kebijakan terkait.

Literasi data juga dapat membantu mereka untuk mengajukan Pertanyaan yang tepat sasaran memuat keputusan yang cerdas dan mengomunikasikan temuan penting kepada orang lain yang dianggap dapat mempercayakan dan lain-lain tersebut untuk dipertanggungjawabkan dalam mengambil setiap keputusan dan rekomendasi yang akan ditetapkan. Mengingat skill yang satu ini merupakan hasil yang sangat penting. Lalu bagaimana caranya kita untuk meningkatkan skill literasi data ini? Simak selengkapnya yuk untuk lebih tahu soal skill data literacy dan bagaimana cara meningkatkannya.

Pentingnya Data Literacy

Kemampuan literasi data merupakan salah satu kunci sukses bagi kamu yang ingin menjadi seorang praktisi data profesional di industri masa depan. Di daerah jika kemampuan yang satu ini merupakan kemampuan yang sangat mahal karena praktisi data juga dituntut untuk bisa membaca, menulis, dan mengkomunikasikan temuan data dalam konteks spesifik ke masing-masing background industri yang dikerjakan.

Dikutip dari Chief Data Officer atau CDO, Kemampuan literasi data yang buruk merupakan salah satu penghalang untuk mencapai keberhasilan industri. Selain itu literasi data yang kurang juga menghambat transformasi digital organisasi dan kemampuan untuk bersaing dalam lingkungan bisnis yang semakin berkembang menjadi sangat minim karena literasi data yang sangat minim pula.

Di sisi lain perkembangan industri digital dan penerapan data driven mindset yang di aplikasikan di berbagai perusahaan teknologi informasi dan komunikasi sekarang ini juga menjadi salah satu persaingan yang cukup ketat untuk mengutamakan digital teknologi di beberapa aspek. Maka dari itu data literacy atau literasi data merupakan salah satu kemampuan yang harus diasah dari sekarang.

Cara Meningkatkan Skill Data Literacy

Adapun cara untuk meningkatkan skill literasi data bagi para pemula yang ingin menapaki karir sebagai praktisi data profesional adalah sebagai berikut:

Kuasai Konsep Dasar

Mulailah dari hal yang kecil terlebih dahulu yakni memahami konsep dasar dari adanya data analysis. Misalnya kamu perlu pahami istilah apa itu data science, data, database, data management, visualisasi data, statistik dasar, konsep probabilitas, bahasa pemrograman dasar yang sekiranya sangat erat kaitannya dengan data science sebagai pijakan dasar dalam meningkatkan skill data literacy itu sendiri.

Pelajari Alat Analisis Data

Kemudian, pelajari dan kuasai perangkat lunak analisis yang ingin kamu terapkan. Semisal kamu ingin menjadi seorang data analyst, maka kemampuan dasar atau hard skill yang harus kamu miliki adalah menguasai Excel, Python, dan SQL. Tools-tools berikut dapat membantu kamu untuk melakukan analisis data, manipulasi data, maupun visualisasi data.

Ikuti Kursus atau Pelatihan

Ikuti kursus ataupun pelatihan yang membahas tentang data literacy. Banyak kursus data literacy menekankan pada proyek-proyek praktis, di mana Anda akan menghadapi masalah dunia nyata dan bekerja dengan data sebenarnya. Ini memberikan Anda kesempatan untuk mengaplikasikan pengetahuan yang Anda pelajari dan memahami bagaimana data digunakan dalam situasi nyata (real-case industry).

Terlibat Langsung dalam Proyek Data

Ketika kita ingin melatih daya peka dalam meningkatkan skill data literacy maka kita harus tahu dan coba untuk paksa diri kita dengan terlibat langsung dalam proyek data. Proyek data menantang Anda untuk mencari solusi berbasis data untuk masalah yang kompleks. Ini membantu Anda mengasah keterampilan pemecahan masalah, yang merupakan aspek penting dari data literacy.

Setiap proyek memiliki kekhasan dan karakteristik yang berbeda-beda sehingga setiap penyelesaiannya juga berbeda-beda bergantung pada tingkat kesulitan, tools yang digunakan, dan rekomendasi apa yang didapatkan setelah kita mengerjakan proyek tersebut. Terlibat dalam proyek data akan merangsang kreativitas Anda dalam mencari cara-cara baru untuk mengeksplorasi dan menyajikan data.

Pahami Sumber Data dan Kredibilitasnya

Gunakan data dalam semua pengambilan keputusan penting, alih-alih mengambil keputusan berdasarkan intuisi, data akan membuat keputusan menjadi lebih rasional dan berdasar. Pahami sumber data yang diperoleh asalnya darimana dan apa urgensinya mengambil data tersebut? Sepenting apakah data tersebut diambil dan digunakan dalam pengolahan data. Dari sini, kita jadi lebih terangsang dan kreatif untuk memunculkan ide-ide maupun pertanyaan yang akan terjadi ketika sudah ada data di tangan kita. Misalnya, untuk menjawab permasalahan konsumen kita perlu data apa saja? Untuk meningkatkan kepuasan pelanggan maka kita membutuhkan data apa dan lain sebagainya.

Kalau kamu ingin meningkatkan skill data literacy dalam dunia kerja, jangan lupa terapkan cara-cara diatas! Skill data literacy akan selalu dibutuhkan kapanpun kamu berada. Apapun profesi dan pekerjaan yang kamu kerjakan, semua akan berkaitan dengan yang namanya data. Data akan selalu ada dan menjadi sebuah pegangan ketika ingin merancang sebuah keputusan.

Nah kalau kamu penasaran dan ingin mendapatkan kesempatan magang di perusahaan ternama? Rakamin Berani Temenin kamu! Jangan ragu dan sungkan untuk cek kecocokan karir dengan pekerjaan impianmu di Unified Assessment Test dari Rakamin Academy. Hasil test kami akan memberikanmu gambaran kepribadian dan karir yang mudah untuk kamu pahami dan implementasikan untuk membantumu mencapai karir impianmu.

Eitsss... kamu juga bisa untuk belajar skill baru disini! Yuk ikutan Bootcamp Data Science dari Rakamin Academy! Ada banyak benefit yang bisa kamu dapatkan ketika kamu berkesempatan untuk ikut bootcamp ini. Mulai dari belajar langsung bersama dengan data expert dari perusahaan top-tech, layanan career profiler dan konseling untuk menentukan kecocokan karir dan peluang karir kamu kedepannya dan masih banyak lagi yang lainnya. Masih ragu sama kemampuanmu di bidang data science? Yuk ikut technical test untuk eksplor diri kamu di sini!

Info lebih lengkapnya kamu bisa kepoin langsung di sini ya!

Tag

Reyvan Maulid

Writing about Data Science and Digital Marketing Topics. Penyuka Seblak dan Maklor!

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.