Blog Rakamin Academy

Ikuti Langkah Belajar Data Science Gratis Bagi Pemula

Insights 14 Sep 2022

Memiliki kesempatan untuk belajar data science secara gratis pastinya merupakan dambaan bagi semua orang. Khususnya bagi sobat Rakamin yang ingin berkarir di ranah data. Selain karena fleksibilitas yang tinggi, belajar data science gratis menjadi sebuah pilihan yang tepat bagi pemula hingga professional untuk mengembangkan skillnya di bidang data analysis.

Soal waktu, kalian bisa atur semampunya sesuai dengan waktu luang kamu. Terlebih materinya juga telah disediakan oleh lembaga kursus data science selaku penyelenggara yang kini bisa diakses secara online. Mengingat di era digital sekarang ini, materi data science bisa diakses dimana saja. Baik dalam bentuk artikel, audio hingga video pun banyak tersedia.

Belajar data science secara gratis untuk pemula dinilai sebagai langkah awal untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas untuk berkarir di industri data. Mengingat kebutuhan profesi di bidang data science kian diminati dan diprediksi terus bertambah setiap tahunnya. Banyak orang yang ternyata bukan lulusan NON-IT justru bisa menembus posisi penting dalam bidang data science.

Memang untuk menembus posisi ini tidaklah mudah sebab ada sederetan persyaratan yang harus diikuti agar calon kandidat bisa memenuhi kualifikasi yang diinginkan oleh perusahaan. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengupgrade kemampuan diri dengan belajar data science gratis. Buat kamu pemula di bidang data yang ingin belajar seputar data science, yuk ikuti langkah-langkahnya melalui artikel ini sobat Rakamin!

1. Belajar Mandiri Melalui Internet

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah belajar mandiri melalui internet. Sejalan dengan adanya perkembangan internet, banyak orang bisa melakukan akses terhadap materi-materi yang kamu butuhkan. Sekarang ini, belajar bisa dilakukan melalui media apa saja termasuk melalui video YouTube, podcast, artikel, dan lain-lain.

Hal ini bisa kamu manfaatkan teknologi tersebut untuk mempermudah proses belajar Data Science secara otodidak. Memang tantangannya akan sulit kalau kamu memutuskan untuk belajar otodidak. Diluar dari fleksibilitas waktu kadang-kadang gaya belajar setiap orang berbeda beda. Maka dari itu, proses belajar otodidak bisa disarankan untuk kamu yang setidaknya sudah ada pijakan terkait dengan data science.

2. Aktif Berdiskusi dalam Forum Online

Trik lainnya yang bisa kamu lakukan adalah tetap komunikatif dalam forum diskusi terkait data science dan proaktif di dalamnya. Rakamin Academy juga menyediakan forum diskusi yang memiliki passion yang sama denganmu.

Dengan aktif dalam forum diskusi membuat kamu lebih bersemangat untuk mempelajari data science, karena kamu akan bertemu dengan orang-orang yang memiliki passion yang sama dengan kamu yang datang dari berbagai latar belakang pendidikan yang berbeda-beda sehingga wawasan kamu jadi bertambah pula.

Kamu juga dapat saling bertukar pengetahuan mengenai materi seputar data science baik itu mengenai hal teknis maupun non-teknis. Dengan mengikuti komunitas, selain wawasan baru kamu bisa memperluas relasi kamu serta tak jarang kamu bisa mendapatkan info mengenai kompetisi, berbagai seminar atau bahkan lowongan pekerjaan juga.

3. Membangun Portfolio

Jika kamu sudah memiliki skill dasar dan pemahaman tentang bahasa pemrograman yang biasanya dibutuhkan dalam data science, maka itu merupakan modal yang cukup untuk kamu mulai membangun portfolio data.

Rakamin Academy menyediakan portofolio penerapan industri yang berisi tentang berbagai studi kasus yang kurikulumnya disusun oleh para praktisi yang berpengalaman dibidangnya. Jadi, kamu bisa mengerjakan semua studi kasus tersebut untuk menambah sekaligus mempercantik portfolio kamu.

Dengan membangun projek data mu sendiri, secara tidak langsung kamu semakin meningkatkan pemahaman kamu akan konsep data dan mengasah kemampuan coding. Selain hardskill yang terasah, softskill seperti problem solving serta creative thinking mu juga dapat terasah

4. Ikut Internship atau Kompetisi Data Science

Cara yang paling ampuh untuk belajar hal baru adalah dengan terjun langsung menghadapi masalah tersebut. Begitupun untuk proses pembelajaran Data Science, kamu bisa memanfaatkan internship untuk bisa langsung terjun dengan studi kasus yang real terjadi di lapangan.

Biasanya, studi kasus yang didapatkan saat proses pembelajaran terutama pembelajaran formal di pendidikan tinggi akan sangat berbeda dengan kondisi real nya. Saat ini, beberapa perusahaan memang aktif memberikan kesempatan bagi para mahasiswa yang tertarik untuk menjadi intern di bidang data dengan catatan telah memenuhi kualifikasi yang ada.

Jadi gimana? Seru kan belajar data science gratis? Jika kamu mau Rakamin Academy menjawab segala kebutuhan kamu. Mungkin kamu perlu ikutan Bootcamp Data Science dari Rakamin Academy deh.

Biar skill data analysis kamu makin cuakeeppp! Disini kalian bisa dapetin materi seputar data science dari expert tutor yang daging banget dan berkualitas pokoknya! Materi-materi yang ditawarkan lengkap dan sesuai dengan kebutuhan industri, disusun oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya.

Eitsss, bagi kamu yang tim gratisan juga boleh merapat hayuuuukkkk. Ada Rakamin Trial Class juga yang bisa kamu coba buat nambah skill baru seputar data science. Yuk tunggu apalagi, buruan amankan seat kamu dan daftar sekarang sebelum nyesel loh entar! Batasnya ditunggu sampai kalian penasaran yaaa sobat Rakamin!

Tag

Reyvan Maulid

Writing about Data Science and Digital Marketing Topics. Penyuka Seblak dan Maklor!

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.