Blog Rakamin Academy

Dua Tipe Ucapan Terima Kasih Setelah Interview Kerja

Insights 3 Jun 2023

Setelah selesai mengikuti proses wawancara kerja, ada satu hal yang perlu dilakukan sebagai tanda apresiasi dan rasa terima kasih atas kesempatan yang diberikan, yaitu mengirimkan ucapan terima kasih kepada pihak perusahaan atau perekrut yang telah meluangkan waktu untuk melakukan wawancara dengan Anda.

Tidak hanya sebagai tanda sopan santun, namun mengirimkan ucapan terima kasih juga dapat meningkatkan peluang Anda untuk diterima bekerja di perusahaan tersebut.

Meskipun memang masih dianggap tabu dan jarang dilakukan, tidak ada salahnya apabila kamu sebagai seorang kandidat mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan perusahaan telah diundang dalam sesi interview.

Ketika kamu mengucapkan terima kasih termasuk setelah interview menandakan bahwa kamu adalah kandidat yang paham bahwa setiap kesempatan yang diberikan kamu manfaatkan dengan baik dan urusan hasilnya diterima atau tidak yang penting kandidat sudah berusaha semampu mereka saat sesi interview.

Kali ini, Rakamin Academy berikan kamu dua jenis ucapan yang bisa kamu sampaikan kepada rekruter setelah sesi wawancara. Simak informasi selengkapnya yuk!

1.  Tipe Formal

Ucapan terima kasih setelah interview kerja bisa kamu sampaikan pada sesi akhir wawancara. Meskipun memang tidak menjadi sebuah keharusan, tetapi apabila kandidat melakukan hal ini maka kandidat merasa mendapatkan kesempatan untuk bisa diundang pada sesi interview oleh perusahaan dan sebagai penenang hati rekruter sehingga ucapan terima kasih dapat disampaikan setelah selesai sesi wawancara.

Pada tipe ini, ucapan terima kasih yang disampaikan kepada kandidat dapat menggunakan bahasa formal. Berikut adalah susunan dari ucapan terima kasih setelah interview kerja dengan tipe formal.

Subjek Email: Ucapan Terima Kasih
Yth. HRD PT Maju Bersama
Saya mengucapkan terima kasih telah meluangkan waktu Bapak/Ibu untuk mendiskusikan lebih lanjut terkait posisi Social Media Officer di perusahaan anda. Suatu kebanggan tersendiri bagi saya sehingga bisa bertemu langsung dengan Bapak/Ibu melalui sesi interview.
Saya sangat tertarik dengan posisi yang Bapak/Ibu tawarkan pada perusahaan ini. Lebih lagi, setelah dijelaskan terkait tugas dan tanggung jawab, job description, maupun nilai-nilai yang dianut perusahaan menjadikan perusahaan yang saya lamar sesuai dengan visi yang saya miliki.
Adapun kualifikasi yang dipersyaratkan perusahaan melalui informasi lowongan kerja sesuai dengan pengalaman yang saya miliki. Selama 1,5 tahun, saya memiliki pengalaman sebagai Social Media Admin di salah satu perusahaan startup bidang telekomunikasi. Saya percaya bahwa dengan kemampuan dan bekal pengalaman saya sebelumnya maka saya dapat berkontribusi aktif untuk perusahaan yang Bapak/Ibu kelola.
Apabila Bapak/Ibu merasa untuk membutuhkan informasi lain maupun ingin bertanya lebih lanjut, Bapak/Ibu bisa menghubungi nomor 08112324424 atau melalui alamat email ini.
Atas perhatian dan waktu yang telah diluangkan, saya mengucapkan terima kasih.
Salam
Melia Karunia
[email protected]
08112324424

2.  Tipe Detail

Berbeda dengan tipe formal yang sudah dijelaskan diatas, kamu juga bisa menyampaikan ucapan terima kasih dengan menggunakan tipe detail. Tipe detail ditujukan apabila kandidat ingin menyampaikan ucapan terima kasih namun dengan gaya penyampaian yang detail.

Perbedaan dengan tipe penyampaian formal adalah kandidat bisa menyampaikan dengan detail terkait pengalaman yang sebelumnya dimiliki. Tipe detail pada ucapan terima kasih akan memberikan kesan yang baik kepada rekruter. Berikut adalah susunan dari ucapan terima kasih setelah interview kerja dengan tipe detail

Subjek Email: Ucapan Terima Kasih
Yth. HRD PT Mulia Amanah
Terima kasih Bapak/Ibu telah memberikan saya kesempatan untuk bisa bertemu langsung pada tahapan sesi wawancara yang dilaksanakan pada pagi hari tadi. Saya sangat senang bisa berdiskusi lebih lanjut tentang posisi Data Engineer yang Bapak/Ibu tawarkan pada informasi lowongan kerja sebelumnya. Saya banyak belajar dari Bapak/Ibu disini tentang bagaimana caranya sebuah team bisa berkolaborasi bersama untuk mencapai visi misi perusahaan.
Saya sangat tertarik dengan posisi Data Engineer yang ditawarkan oleh perusahaan anda. Sebelumnya saya juga mengikuti Bootcamp Data Engineer selama 3 bulan di salah satu lembaga kursus data science di Indonesia. Dari kelas tersebut saya berhasil membuat 4-5 project data yang berkaitan dengan kasus real di industri. Selain itu saya juga mendapatkan tawaran untuk magang di instansi pemerintahan sebagai seorang data engineer.
Saya merasa bahwa pengalaman yang saya miliki ini dapat membantu untuk berkontribusi dalam ranah data dengan cara memimpin team data menjadi lebih sukses.
Besar harapan saya dapat berdiskusi lebih lanjut terkait dengan kesempatan yang  Bapak/Ibu berikan. Mohon beri kepastian apabila anda ingin menghubungi saya kembali terkait follow up kabar interview.
Atas perhatian dan waktu yang telah diluangkan, saya mengucapkan terima kasih.
Salam
Miladia Karfinah
[email protected]

Nah, itulah tadi dua tipe dalam menyampaikan ucapan terima kasih kepada rekruter setelah interview kerja. Kira-kira kalau misalnya kamu disuruh untuk memilih mau pakai tipe ucapan yang mana ya? Sebenarnya dua-duanya bisa dijadikan sebagai opsi untuk menyampaikan ungkapan terima kasih kepada rekruter.

Tipe formal lebih merujuk pada kandidat ingin menyampaikan ucapan terima kasih namun dengan bahasa yang sopan. Selain itu, susunan kalimat yang disampaikan kandidat juga menyelipkan ketertarikan pada posisi yang dilamar. Sedangkan pada tipe detail, kandidat menyampaikan ucapan terima kasih dengan sedikit bercerita soal ketertarikannya pada posisi yang dilamar.

Dalam bagian salam penutup, kedua tipe ini sama-sama berharap bahwa kandidat ingin diberikan kepastian untuk proses selanjutnya. Jadi jangan ragu jika kamu ingin menyampaikan rasa terima kasih kepada HRD setelah wawancara.

Ohiya, mimin ada info buat kamu nih. Kalau misalnya kamu ingin meningkatkan skill khususnya untuk career preparation maupun soft-skill yang mendukung dalam dunia industri, kamu bisa ikutan Rakamin Academy Trial Class. Kamu bisa memilih kelas yang kamu inginkan loh guys. Gratis! Info lebih lanjut langsung aja kunjungi website Rakamin Academy disini ya!

Tag

Reyvan Maulid

Writing about Data Science and Digital Marketing Topics. Penyuka Seblak dan Maklor!

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.