Blog Rakamin Academy

Contoh Headline Linkedln Bagi Fresh Graduate, Sudah Tahu?

Karir 2 Mei 2023

Headline merupakan salah satu bagian yang paling sering dilihat oleh rekruter saat membaca profil maupun CV kamu.

Terutama saat kamu ingin membuat akun pada platform pencari kerja seperti Linkedln.

Mungkin bagi profesional maupun experienced yang sudah berpengalaman pastinya paham bagaimana cara membuat headline yang menarik itu seperti apa.

Namun, apa jadinya bagi seorang fresh graduate? Membuat headline pada Linkedln tidak bisa asal dan ujug-ujug langsung jadi kawan.

Kamu harus tahu bagaimana tips dan trik untuk membuat headline Linkedln agar rekruter jadi terpesona dengan lamaran kamu.

Pastikan untuk kamu wahai fresh graduate untuk simak tips-tipsnya dalam membuat headline Linkedln yang menarik dan engaging.

Apa itu Headline Linkedln

Headline merupakan bagian dari CV yang menjelaskan tentang siapa diri kamu secara ringkas hanya dalam beberapa kata saja. Bagian headline ini diibaratkan seperti judul dalam sebuah artikel maupun berita.

Namun, dalam konteks CV headline mengacu pada judul ataupun title yang sangat mewakili siapa kamu.

Judul tersebut biasanya berisi nama posisi ataupun pekerjaan kamu sekarang. Terkadang dalam headline juga dituliskan terkait pengalaman kerja yang relevan.

Perbedaan Headline dengan Summary

Headline memiliki perbedaan dengan deskripsi diri pada Linkedln. Jika deskripsi diri, pengguna dapat menuliskan beberapa kalimat yang panjang dan lebih detail. Dalam deskripsi diri (Linkedln Summary) kamu bisa menuliskan banyak poin seputar diri kamu.

Mulai dari pekerjaan saat ini, pengalaman kerja, skill yang kamu miliki, sertifikasi (bila ada), kemampuan teknis, dan lain-lain.

Sedangkan headline biasanya kalimatnya pendek tapi sudah menggambarkan dengan jelas terkait siapa dirimu.

Headline bisa digunakan sebagai ajang showcase kepada rekruter secara keseluruhan terkait kualifikasi diri dan keahlian yang kamu miliki.

Namun, dengan keterbatasan jumlah kata pelamar diminta untuk menuliskannya secara singkat.

Hal ini karena rekruter biasanya tidak punya banyak waktu untuk melakukan screening kandidat. Berbekal headline saja, rekruter sudah menangkap bahwa si kandidat ini latar belakangnya seperti apa.

Alasan Headline Penting Dimasukkan dalam Linkedln

Memiliki headline dinilai sebagai salah satu bentuk usaha yang dilakukan kandidat agar dapat meyakinkan rekruter bahwa dia adalah orang yang cocok untuk mengisi posisi di perusahaan.

Maka dari itu, membuat headline Linkedln perlu dielaborasi serelevan mungkin agar kandidat mampu menjelaskan secara singkat terkait gambaran dirinya dengan kualifikasi yang dimilikinya.

Jadi, rekruter dapat tertarik untuk membaca profilmu secara utuh. Dengan memiliki headline maka

l Rekruter lebih mudah dalam mengenali profil kandidat

l Memiliki personal branding.

l Lebih terlihat profesional

l Memiliki kepercayaan diri akan skill yang kamu miliki

Tips Membuat Headline Linkedln Bagi Fresh Graduate

Nggak perlu minder buat kalian fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja.

Apalagi sampai bingung, untuk menuliskan headline dalam Linkedln. Tenang aja, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu ikuti dalam membuat headline pada Linkedln.

1.  Perhatikan Jumlah Karakter dalam Penulisan Headline

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan dalam membuat headline Linkedln adalah perhatikan jumlah karakternya. Secara umum, headline berjumlah tidak lebih dari 120 karakter.

Jumlah ini mutlak dipakai dalam penulisan headline. Pastikan untuk memilih padanan kata dan Elaborasi kata yang sesuai, tidak ditambah-tambahkan dan tidak dilebih-lebihkan. Sebaiknya headline tidak ditulis secara bertele-tele sehingga menimbulkan pemborosan kata.

2.  Gunakan Bahasa yang Relevan

Selain jumlah karakter, jangan lupa kamu juga perhatikan bahasa yang akan kamu gunakan dalam membuat headline. Dalam konteks melamar kerja, bahasa yang tepat adalah bahasa yang lebih professional.

Pastikan bahasa yang kamu gunakan mudah tersampaikan kepada audiens yaitu rekruter. Walaupun demikian, penggunaan bahasa ini penting dalam membuat headline pada Linkedln.

3.  Sertakan Kata Kunci

Adanya keyword atau kata kunci yang disertakan pada bagian headline sangat membantu agar profilmu muncul pada halaman pencarian teratas Linkedln.

Maka dari itu, pilih keyword yang kamu gunakan dalam headline serelevan mungkin dengan posisi yang kamu incar, ketertarikan dan minat, dan skill maupun keahlian yang kamu miliki.

Bagi fresh graduate, kamu bisa memasukkan jurusan kuliah dan fresh graduate pada halaman headline.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan hard skill yang kamu skill sejalan dengan ketertarikan dan rencana karir kamu kedepannya.

Adanya keyword yang kamu sertakan pada headline akan membantu dalam meningkatkan personal brandingmu.

Kira-kira kamu ingin dikenal seperti apa oleh rekruter? Semua akan terjawab dalam headline.

Jangan lupa kamu juga melakukan riset terlebih dahulu. Cari informasi kata kunci apa yang sering dicari oleh rekruter atau orang lain pada posisi tersebut.

Kamu bisa pilih kata kunci yang memiliki banyak search volume agar profilmu makin banyak dilirik.

4.  Cantumkan Sertifikasi yang Kamu Miliki

Dalam menuliskan headline, kamu juga bisa menuliskan sertifikasi yang relevan dengan ketertarikan atau minat karir kamu.

Hal ini dapat menambah nilai dari CV atau profil kamu di mata rekruter.

Sertifikasi dinilai sebagai bentuk kredensial alias pengakuan sehingga dapat menunjukkan kepada rekruter bahwa kemampuanmu sudah diuji dan terbukti.

Jadi, kalau misalnya kamu punya sertifikasi dalam bidang apapun yang masih berkaitan dengan rencana karir, cantumkan saja ya.

5.  Hindari Kata-Kata Hiperbola

Salah satu tujuan dari menulis professional headline adalah memang untuk membuat recruiter terpincut sama CV atau profilmu.

Tapi, hal ini sebaiknya nggak kamu lakukan dengan memakai bahasa yang hiperbola ya.

Selain bakal terlihat lebay, orang yang membacanya juga bisa-bisa mendapatkan kesan negatif tentangmu. Nah, beberapa contoh yang dapat kamu hindari adalah “terbaik”, “paling …”, atau “expert

Contoh Headline Linkedln Bagi Fresh Graduate

Sebagai gambaran, berikut merupakan contoh dari penulisan headline dalam Linkedln yang bisa kamu coba!

l English literature graduate from Universitas ABC, seeking content writing opportunities

l Big Data enthusiast, Sarjana Teknik Informatika dari ABC

l Social Media Specialist, ex-intern at ABC

l Illustrator | Digital Artist | Influencer dengan 500 ribu followers

l Digital Marketing enthusiast | Googling Certified | ex-intern at ABC

l Pharmacy Undergraduate Student at Universitas ABC

l Fresh graduate of Forestry from Universitas ABC

Jadi gimana sobat Rakamin, sudah siap untuk menulis headline Linkedln yang simple, elegan dan engaging?

Mulai sekarang kamu coba untuk membuat headline yang eye-catching sesuai dengan contoh diatas ya. Kamu perlu siapkan juga dengan skill yang mumpuni pastinya.

Kalau belum punya skill gimana? Mending bangun skill kamu dari sekarang deh bersama Rakamin Academy!

Ada banyak pilihan kelas nih yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari Digital Marketing, SEO, UI UX Designer, Business Intelligence, Data Science dan lain-lain. Infomasi lebih lanjut kamu bisa cek langsung website Rakamin Academy yap.

Tag

Reyvan Maulid

Writing about Data Science and Digital Marketing Topics. Penyuka Seblak dan Maklor!

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.