Blog Rakamin Academy

Contoh Deskripsi Diri dalam CV Yang Standout!

Insights 17 Okt 2022

Deskripsi diri pada CV adalah salah satu komponen yang wajib ada didalam CV.

Biasanya pelamar akan menuliskan beberapa kalimat yang ringkas untuk menginformasikan kepada HRD mulai dari kepribadian calon pelamar, keterampilan yang dimiliki sesuai dengan posisi, pengalaman dan juga tujuan karir yang diinginkan oleh pelamar.

Memang kelihatannya sederhana, namun HRD akan melihat bagian ini terlebih dahulu sebelum masuk ke masing-masing komponen dalam CV.

Informasi deskripsi diri muncul pada bagian atas setelah data-data pribadi dari calon pelamar.

Deskripsi diri merupakan uraian singkat yang ditulis oleh pelamar untuk menggambarkan siapa sebenarnya dan sebelumnya apakah ada pengalaman yang sesuai dengan posisi yang dilamar.

Walaupun singkat, pastikan betul bahwa kandidat tidak boleh menuliskan asal-asalan pada bagian ini.

Sebab, sebelum melihat komponen yang ada di dalam CV maka rekruter perlu melihat bagian ini sebagai pembukanya.

Jika kamu adalah seorang jobseeker yang sedang kebingungan dengan cara membuat deskripsi diri yang baik dalam CV, tenang saja. Rakamin Academy akan memberikan beberapa contoh deskripsi diri dalam CV yang standout.

Cocok untuk kamu yang ingin melamar kerja. Apa saja contohnya? Sssttt… jangan skip artikel ini. Ayo kita bahas bersama!

1.  Contoh Deskripsi Diri untuk Fresh Graduate

“Lulusan S1 Agribisnis dengan pengalaman internship selama 4 bulan sebagai Agronomist di salah satu perusahaan benih terkemuka di Indonesia. Menjadi asisten praktikum pada 9 Mata Kuliah dalam kurun waktu 2,5 tahun. Memiliki sertifikasi resmi dari lembaga kursus bahasa Inggris dengan perolehan nilai kemampuan bahasa Inggris yaitu 510”

2.  Contoh Deskripsi Diri untuk Experienced

“Memiliki pengalaman kerja lebih dari 3 tahun sebagai Customer Success Specialist. Seorang problem solver dan memiliki kemampuan handling objection yang baik untuk menangani keluhan pelanggan. Dapat membangun program retensi kepada pelanggan baru untuk meningkatkan loyalitas pelanggan hingga 65%.”

3.  Contoh Deskripsi Diri untuk Switch Career

“Profesional yang didorong dan pekerja keras dengan rekam jejak yang terbukti meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan. Ingin memanfaatkan keterampilan pemecahan masalah saya dan membangun pengalaman Customer Service saya selama 3+ tahun dengan beralih ke posisi Digital Marketing”

4.  Contoh Deskripsi Diri untuk Posisi Content Writer

“Seseorang yang telah bersemangat menulis selama 1+ tahun di berbagai portal media online dan menulis untuk kebutuhan perusahaan. Saya telah menulis 50+ artikel yang diterbitkan pada berbagai topik dan menjangkau audiens target saya. Kegemaran saya di bidang menulis membuat saya mengeksplorasi tantangan baru dan meningkatkan kemampuan menulis saya lebih tajam lagi.”

5.  Contoh Deskripsi Diri untuk Posisi SEO Writer

“Seorang SEO Writer dengan pengalaman lebih dari enam tahun membuat konten yang menarik dan melibatkan pengguna. Spesialisasi dalam mengembangkan konten yang kaya akan keyword dan dioptimalkan untuk search engine untuk keperluan berbagai merek dan bisnis”

6.  Contoh Deskripsi Diri untuk Posisi Data Analyst

“Menjadi seorang data analyst dengan pengalaman 5 tahun. Berpengalaman dalam menafsirkan dan menganalisis data untuk mendorong pertumbuhan perusahaan farmasi. Mengurangi biaya operasi sebesar 15%. Berikan wawasan, analitik, dan business intelligence yang diperlukan untuk mengambil keputusan”

7.  Contoh Deskripsi Diri untuk Posisi Performance Marketer

“Menjadi seorang Performance Marketer dengan pengalaman 5+ yang gesit dan berorientasi pada hasil dengan keahlian luas dalam menyediakan solusi bisnis dan pemasaran terintegrasi untuk berbagai klien di seluruh dunia, termasuk individu bernilai tinggi dan bisnis yang berkembang pesat. Berfokus pada pengalaman pelanggan, termasuk halaman arahan dan alur kerja pendaftaran. Berhasil dalam mendorong upaya generasi pemimpin, strategi dan eksekusi digital, serta berkontribusi pada tujuan kesadaran merek sambil mendorong peningkatan dan inovasi”

8. Contoh Deskripsi Diri untuk Posisi UX Designer

“Ahli dalam menguasai berbagai tools design seperti Adobe Photoshop, Canva, Figma, Adobe Illustrator, Invision, Sketch selama 5 tahun. Ahli dalam mengkomunikasikan ide, membuat mockup, moodboard, palette, storyboard, serta visual untuk media sosial, web, campaign iklan dan lain-lain”

Jadi kira-kira sudah ada pencerahan belum tentang contoh informasi ringkas yang ada dalam CV?

Semoga kamu bisa paham dan terapkan dalam CV untuk keperluan melamar kerja nantinya!

Mulai sekarang kamu coba untuk membuat deskripsi sesuai dengan contoh diatas ya.

Sudah siap untuk membuat contoh deskripsi diri dalam CV yang standout? Kamu perlu siapkan juga dengan skill yang mumpuni pastinya.

Kalau belum punya skill gimana? Mending bangun skill kamu dari sekarang deh bersama Rakamin Academy!

Ada banyak pilihan kelas nih yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari Digital Marketing, SEO, UI UX Designer, Business Intelligence, Data Science dan lain-lain.

Rakamin Academy bekerjasama dengan expert lulusan Master of Education dari Top Global Universities untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Kurikulumnya juga sudah didesain sehingga peserta mudah mempelajari dan mengikuti bahkan untuk orang awam sekalipun.

Setiap peserta juga akan dibimbing dari nol. Segera daftar langsung dan kunjungi official website Rakamin Academy untuk informasi lebih lanjut.

Tag

Reyvan Maulid

Writing about Data Science and Digital Marketing Topics. Penyuka Seblak dan Maklor!

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.