Blog Rakamin Academy

Contoh Content Marketing di Instagram Untuk Pebisnis Pemula!

Insights 30 Jun 2022

Content marketing merupakan sebuah strategi marketing dalam membuat dan menyebarkan konten yang berharga, relevan dan bisa menarik audiens atau leads agar tertarik dengan bisnis kita.

Content marketing yang baik bukan hanya sekedar membuat konten viral dan haus untuk mendapatkan viewers yang banyak.

Namun, dalam pembuatan konten marketing tentunya juga harus melibatkan perasaan dan intensi audiens sehingga membuat audiens penasaran.

Apalagi sekarang konten yang disajikan tidak hanya berupa tulisan saja, sobat Rakamin.

Bisa melalui audio, video, website, penggunaan media sosial dan masih banyak sekali yang lainnya.

1. Pengertian Content Marketing

Content marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang dilakukan oleh para pebisnis di era digital sekarang ini.

Content marketing bisa menjadi jembatan bagi pebisnis online untuk memperkenalkan produk kepada khalayak luas.

Joe Pulizzi sebagaimana dikutip dari Content Marketing Institute mendefinisikan secara rinci terkait content marketing sebagai berikut:

“Content marketing adalah teknik pemasaran dengan cara membuat dan membagikan konten yang bermanfaat, terkait, dan konsisten untuk menarik dan mendapatkan target audiens yang sesuai agar bisa memperoleh keuntungan dari pengunjung website.”

2. Kunci Keberhasilan Content Marketing

Ketika kalian memutuskan untuk melakukan produksi konten marketing, setidaknya ada tiga kunci keberhasilan yang bisa dijadikan tolak ukur dan pertimbangan

1. Relevan, apakah konten marketing yang kamu sajikan sesuai dengan kebutuhan user.

Kita tahu bahwa user memiliki permasalahan dan kendala masing-masing. Pastikan untuk membuat konten yang sesuai dengan produk kamu.

Dengan menyajikan konten marketing yang relevan sesuai dengan bisnis dan target audiens maka user akan menjadi penasaran terkait dengan bisnis dan produk yang kamu tawarkan.

2. Bernilai, apakah konten marketing yang diinformasikan memiliki manfaat dan value yang terselip didalamnya.

Jangan hanya padat didalam tapi tidak menggambarkan keseluruhan isi kontennya.

Diharapkan dalam pembuatan konten marketing untuk sebisa mungkin menyampaikan informasi yang berguna bagi audiens.

Jadi tidak hanya mengejar konten viral saja namun perlu mengemas konten agar terlihat lebih informatif.

3. Konsisten, percuma kalau kita sudah membuat content plan sebegitu detailnya, tapi tidak konsisten dan sustain dalam menyebarkan konten kepada target audiens yang ingin kalian sasar.

Bukan hanya konsisten saja, tapi bagaimana konten tersebut bisa sustain alias berkelanjutan agar dapat dirasakan dalam jangka panjang.

Oleh karena itu, konsisten sangatlah penting sebab kita perlu memproduksi content marketing secara berkala.

3. Kenapa Harus Instagram Sebagai Media Content Marketing?

Kalian penasaran dong, kenapa kok harus Instagram? Kenapa bukan media sosial yang lainnya?

Belakangan ini, banyak para content creator, pebisnis bahkan akun pribadi kini bisa bebas untuk membuat konten di Instagram.

Apalagi ketika kita sudah set ke akun bisnis atau akun professional, kita bisa memilih bidang mana yang ingin kita fokuskan atau bisnis produk apa sih yang ingin kita jual.

Jenis konten yang bisa kamu buat pun bermacam-macam.

Mulai dari membuka Question & Answer dan polling untuk membangun kedekatan kepada followers, membagikan tips and trick, tebak-tebakan ataupun kuis.

Tapi selain itu, kamu juga bisa nih membuat carousel post, merapikan feed instagram agar terlihat lebih menarik dan memiliki banyak sekali contoh yang lainnya.

Melihat fenomena ini disebut pula dengan Instagram Content Marketing.

Dilansir dari Later, algoritma Instagram sejatinya tidak jauh berbeda dengan algoritma Google. Apa yang kamu mau dan kamu cari semuanya ada.

Apalagi berdasarkan riset dari Impact BND, menyatakan bahwa 72 persen orang melakukan pembelian suatu produk setelah melihatnya di Instagram.

Hal ini yang menjadikan Instagram sebagai salah satu media sosial terbaik dalam menjalankan content marketing bagi sebuah bisnis.

Sebuah riset yang dilakukan oleh Forrester menyebutkan bahwa konten Instagram mampu meningkatkan engagement hingga 58 kali lebih tinggi per followers daripada konten yang ada di media sosial Facebook dan Twitter.

Namun, lagi-lagi consistency is the key. Sebab, kamu harus mengoptimalkan beragam fitur yang ada di Instagram agar bisa mendapatkan engagement secara organik untuk keperluan bisnis kamu.

Misalnya memposting video reels di Instagram, melakukan polling atau jajak pendapat dan sebagainya.

4. Fitur-Fitur Instagram yang Perlu Diketahui

Sebelum kita melakukan produksi konten marketing di Instagram, ada baiknya kita kenalan terlebih dahulu apa saja fitur-fitur yang ada di Instagram?

Yuk kita kupas satu-persatu

Instagram Feed - berupa halaman utama yang ketika pengguna melihat pertama kali membuka aplikasi Instagram akan muncul timeline.

Mulai dari foto, video berdurasi pendek (reels), video berdurasi panjang alias IGTV.

Ada yang baru dari instagram Feed bahwa kita bisa memfavoritkan beberapa akun-akun tertentu. Nantinya akun tersebut akan masuk ke laman favorit.

Sedangkan akun yang tidak difavoritkan akan masuk ke bagian mengikuti.

Disini juga tersedia postingan yang disarankan atau suggested post pada laman timeline instagram.

Instagram Story - konten berdurasi singkat selama 24 jam ada di pojok kiri atas.

Disini kamu bisa mengoptimalkan fitur-fitur instagram Story seperti Polling, Question, GIF, Foto, waktu, buat saya dan lain-lain.

Apalagi Instagram versi terbaru juga sudah dilengkapi dengan filter dan Instagram music.

Pastinya dengan fitur-fitur ini bisa membuat story Instagram kamu menjadi lebih menarik.

Highlight - fitur ini juga bisa disebut dengan sorotan.

Ketika kamu ingin membuat berbagai story, maka kamu bisa mengelompokkan story tersebut menjadi kategori sesuai keinginan kamu.

Sekaligus Kamu bisa menyesesuaikan penamaannya sesuai keinginanmu.

Karena highlight merupakan bagian fitur instagram yang berada tepat dibawah Bio maka ketika orang mengunjungi profil instagram kamu.

Maka, buatlah highlight yang menarik supaya pengunjung instagram bisnis kamu mau melihatnya.

Ingat, highlight bukan semata-mata menjadi sebuah hiasan.

Tapi kamu bisa manfaatkan sebagai branding dari akun instagram kamu.

IGTV - Kita beranjak ke fitur selanjutnya yaitu IGTV.

Layaknya saluran televisi, ternyata instagram juga memiliki fitur yang memungkinkan pengguna bisa melihat lebih lama.

Video yang berdurasi lebih panjang (lebih dari satu menit) juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan promosi ataupun menyimpan live instagram.

Reels - Instagram memiliki fitur yang hampir mirip dengan Tiktok yaitu Reels. Konsep video berdurasi 30 detik - 60 detik.

User bisa mengedit, memberikan efek, mengontrol kecepatan video melalui fitur ini, dan menambahkan lagu ataupun musik yang mengikuti beat lagu juga bisa dilakukan melalui fitur ini.

Instagram Guide - selain feed, highlight, story dan instagram reels, instagram juga memiliki fitur Panduan alias Instagram Guide.

Fitur berlogo buku ini, bisa diatur oleh pemilik akun instagram untuk membagikan tips, informasi maupun ragam rekomendasi kepada pengguna lain.

Instagram Live - kamu bisa melakukan siaran langsung dari akun instagram untuk menyapa followers secara langsung sambil berinteraksi melalui live chat.

Apalagi dalam kesempatan live di instagram juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan flash sale dan mempromosikan produk sekaligus banting harga.

Instagram Shop - satu lagi fitur yang disediakan oleh Instagram untuk menunjang bisnisnya. Dialah Instagram Shop alias toko Instagram.

Disini kalian bisa melakukan promosi, klasifikasi produk berdasarkan kategori. Fitur Shop berada di halaman Explore, tempat pengguna bisa menemukan Editors’ Picks, Collections, dan membeli produk langsung dari aplikasi.

5. Contoh Ide Content Marketing di Instagram Untuk Bisnis

Setelah mengetahui fitur-fitur yang tersedia pada instagram, saatnya kamu melakukan action terhadap content marketing yang ingin kamu buat.

Sudah banyak bisnis yang mengaplikasikan content marketing sebagai salah satu strategi dalam meningkatkan brand awareness.

Jika kamu berniat untuk mengaplikasikan content marketing melalui instagram, berikut adalah contoh ide content marketing melalui instagram yang bisa kamu gunakan dalam bisnis.

Check this out sobat Rakamin!

1. Buat Panduan Melalui Instagram Guide

Fitur ini sepertinya tidak banyak orang yang mengetahui. Padahal kalau dilihat-lihat bahwa fitur Guide alias Panduan belum lama ini dirilis oleh Instagram.

Adapun tujuan dari fitur Instagram Guide adalah untuk berbagi tips and trick, konten-konten informatif, rekomendasi, hasil polling yang dilakukan oleh followers dan lain-lain.

Guide dalam Instagram didesain khusus layaknya majalah yang menyajikan informasi terkait brand bisnis kamu.

Sebagai referensi, fitur guide biasanya digunakan oleh brand fashion seperti ZARA.

Mereka memanfaatkan fitur Instagram Guide untuk merekomendasikan tips mix and match baju-baju dengan warna tertentu, tips DIY dalam berpakaian dan masih banyak beberapa konten-konten yang bisa dijadikan satu guide untuk mempermudah user dalam melakukan pencarian konten tertentu.

2. Posting Tutorial Berdurasi Singkat di Feed

Media sosial sekarang ini tidak hanya menjadi media komunikasi dan interaksi bagi sesama penggunanya.

Instagram sebagai salah satu media sosial juga bisa dijadikan sebagai media belajar berbagai macam skill.

Mulai dari tips memasak, tips makeup natural sampai makeup karakter, mix and match baju sampai konten-konten yang mengedukasi lainnya. Tak ayal, apabila konten baik video, audio hingga tutorial menjadi salah satu pemicu untuk bisa mendatangkan engagement.

Salah satu bisnis yang mulai menerapkan strategi tutorial ini adalah Pixy Cosmetics. Salah satu brand kosmetik yang terkenal di Indonesia ini selalu konsisten untuk mengunggah video singkat ke feed Instagram.

Kontennya pun bermacam-macam mulai dari tutorial makeup dengan menggunakan produk Pixy agar wajah menjadi glowing dengan tagar #SpotlightedTrueBeauty yang mampu menginspirasi penggunaanya untuk mempraktekkan tutorialnya di rumah.

3. Konten Informatif dan Bermanfaat dengan Carousel Post

Pernah nemuin postingan instagram yang saling nyambung antara satu slide dengan slide yang lainnya?

Kalian cukup memposting sekali saja, tanpa ribet-ribet untuk mengupload postingan berbeda. Biasanya konsep postingan ini dinamakan dengan Carousel Post.

Keuntungannya user bisa mendapatkan lebih banyak informasi walaupun dalam satu feed instagram saja.

Carousel post umumnya digunakan oleh akun bisnis untuk berbagi informasi, tips & trick, how to, konten inspiratif, konten Edukasi, dan banyak kesempatan yang bisa kamu gunakan dalam melakukan pembuatan onten marketing.

Zaman sekarang untuk mempermudah kampanye iklan dalam sebuah bisnis, kalian juga memanfaatkan Content brief yang telah disediakan untuk dijadikan sebagai content marketing.

Kalian bisa atur jadwal sesuai dengan keinginan dan tanpa khawatir meleset di jam-jam posting yang efektif pada masing-masing algoritma media sosial.

4. Maksimalkan Bio Profil Instagram

Bio instagram memang familiar bagi kamu pengguna Instagram di seluruh dunia. Tetapi siapa sangka jika bio instagram yang dianggap sepele ini justru menjadi sebuah kunci agar orang penasaran dengan produk atau bisnis kamu.

Jadi isian dalam bio Instagram, kamu bisa menambahkan nama brand atau produkmu, tagline atau jargon, info kontak untuk melakukan pemesanan dan tautan alamat website yang mengarahkan pengguna ke laman bisnis ataupun sosial media yang lainnya.

Contoh penggunaan bio profil Instagram bisa mengikuti referensi dari brand air mineral yaitu Crystalin Water ID.

5. Buat Instagram Reels

Instagram merilis fitur baru yang dengan cepat menggaet hati banyak penggunanya, termasuk para pebisnis dan kreator konten di platform ini.

Fitur tersebut adalah Instagram Reels, yang kini menjadi format konten andalan untuk membuat video singkat dengan durasi maksimal 30 detik.

Konten Instagram menarik yang bisa kamu sajikan melalui fitur ini di antaranya cerita di balik layar, tutorial makeup, atau bisa juga berbagi resep kue dan masakan lainnya.

Berbeda dengan postingan feed yang dituntut untuk serba estetis dan berkualitas tinggi, Reels biasanya terkesan lebih “raw” atau mentah karena lebih berfokus untuk menyajikan konten yang sedang relevan dan mudah dicerna.

Kebingungan bagaimana cara membuat konten marketing melalui Instagram Reels? Simak baik-baik contoh content marketing dari J.CO Indonesia. Mereka membuat content marketing yang bertajuk POPPIN UP YOUR DAY WITH JPOPS DIY KIT.

6. Implementasikan Content Marketing Untuk Bisnis Bersama Rakamin Academy!

Jadi sudah pada tahu kan semuanya kalau content marketing sangat worth it dalam keperluan bisnis?

Pengen belajar lebih banyak lagi tentang Content Marketing dan bagaimana cara membuat Content Marketing? Tepat banget nih, ada Bootcamp Digital Marketing dari Rakamin Academy menantimu guys!

Ikuti perjalanan akselerasi karir selama 18 Minggu bersama expert tutor yang berpengalaman di bidangnya.

Mereka akan siap membantu kamu untuk belajar bareng seputar digital marketing.

Dapatkan benefit-benefitnya kalau kamu serius dan pengen banget ikutan Pelatihan Digital Marketing!

Mulai dari pembelajaran interaktif melalui live online zoom setiap weekend, live group discussion bersama asisten tutor, praktik dan bahas studi kasus, free consultation & counseling expert dan pembuatan portofolio.

Apalagi konten-kontennya bisa diakses selamanya! Kurang apa coba.

Eitsss, bagi kamu yang tim gratisan juga boleh merapat. Gausah galau-galau yaakk. Kalian juga bisa cobain dulu Rakamin Trial Class.

Disini kalian bisa menambah skill baru seputar digital marketing. Yuk tunggu apalagi, buruan daftar sekarang guys daripada tunggu nanti-nanti!

Tag

Reyvan Maulid

Writing about Data Science and Digital Marketing Topics. Penyuka Seblak dan Maklor!

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.