Blog Rakamin Academy

Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis, Wajib Coba!

Karir 25 Jul 2023

Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan paling fundamental yang perlu dikuasai jika kamu ingin menjadi seorang analis. Berpikir kritis menjadi satu aspek yang perlu dimiliki dan menunjang selama bekerja. Misalnya ketika kamu dihadapkan oleh dua pilihan dan sedang bingung dalam menentukan keputusan, berpikir kritis inilah skill yang kamu butuhkan, evaluasi validitas, argumen, pemetaan potensi dan dampak serta segala kemungkinan yang dapat terjadi semuanya dipertimbangkan secara matang dalam menelaah suatu informasi menggunakan skill berpikir kritis.

Mungkin orang banyak dan pandai untuk berbicara serta mengemukakan pendapatnya, namun mereka mungkin tidak sadar bahkan lupa kalau dirinya tidak menggunakan pikirannya untuk menelaah informasi yang bertebaran dimana-mana. Mereka tidak menggunakan dasar pijakan argumen yang kuat tanpa landasan sehingga ketika ia mengemukakan pendapat tidak didasari justifikasi yang kuat. Sejalan dengan hal tersebut, rasa-rasanya kemampuan berpikir kritis adalah skill yang sangat mendukung dalam atmosfer dunia kerja. Berikut ini adalah cara meningkatkan kemampuan berpikir kritis yang bisa mendukung pengalaman kerja kamu.

Kabar baiknya, berpikir kritis adalah suatu keterampilan yang bisa kamu pelajari dan latih pada diri sendiri. Ini berarti, ada cara berpikir kritis yang bisa kamu lakukan untuk mengasah kemampuan tersebut, seperti berikut ini.

1. Cek semua informasi dengan cermat

Baik itu artikel yang kamu dapatkan dari seseorang secara online atau data yang terkait dengan pekerjaan, selalu periksa informasi yang kamu dapatkan. Jika perlu, tanyakan apakah informasi ini lengkap dan terkini, apakah terdapat bukti untuk mendukung argumen, atau pertanyaan sejenis lainnya.

Jangan lupa, cari tahu dari mana informasi itu berasal. Apakah sumbernya dapat kamu percaya? Apa motivasi mereka untuk menyajikan informasi ini? Misalnya, apakah mereka mencoba menjual sesuatu atau membuat kamu mengambil tindakan tertentu? Mudahnya, selalu cek semua informasi dengan cermat.

2. Pertimbangkan lebih dari satu sudut pandang

Setiap orang memiliki pendapat dan motivasinya sendiri. Bahkan, orang yang sangat cerdas yang membuat argumen yang terdengar masuk akal memiliki pendapat dan bias pribadi yang membentuk pemikiran mereka. Jadi, ketika seseorang memberi informasi, pertimbangkan apakah ada sisi lain dari cerita tersebut.

3. Jangan Menelan Informasi Mentah-mentah

Karena menyebarkan informasi melalui media sosial begitu mudah, banyak orang yang menyebarkan informasi tanpa memastikan dulu kebenarannya. Itu adalah ciri-ciri orang yang tidak berpikir kritis.

Orang yang berpikir kritis akan melihat dulu sumber informasinya. Dari ahli-kah? Dari media terpercaya-kah? Atau copy-paste dari grup WhatsApp? Sudah adakah penelitian resminya? Sudah banyakkah yang membahas? Masuk akalkah informasinya?

Selalu pertanyakan kebenaran informasi yang kamu dapatkan. Jangan percaya pada siapapun sebelum kamu bisa membuktikan kebenarannya.

4. Ajukan Pertanyaan yang Mendasar

Menanyakan sesuatu yang semua orang sudah tahu bisa memalukan memang. Tapi kalau kamu ingin melatih kemampuan berpikir kritis, kamu harus siap menahan malu. Siapa tahu dari pertanyaan bodoh muncul solusi kreatif.

Menanyakan kenapa sebuah apel bisa jatuh dari pohon bisa dibilang membuat orang terlihat bodoh. Tapi tanpa berpikiran seperti itu, Isaac Newton tidak akan menemukan teori gravitasi. Kalau tidak ada yang bertanya kenapa burung bisa terbang, mungkin pesawat terbang belum diciptakan sampai sekarang.

Jangan takut terlihat bodoh, semua orang kritis pasti pernah terlihat bodoh. Pertanyakan segala sesuatu yang membuatmu penasaran.

5. Adakan Diskusi Kecil-kecilan dengan Teman

Kapan terakhir kali kamu membahas tentang isu sosial atau politik atau agama dengan teman-temanmu? Kalau belum pernah, kamu harus mencobanya secepat mungkin.

Membahas sesuatu yang rumit memaksamu untuk berpikir lebih keras dari biasanya. Kamu harus mengingat kembali teori, jurnal penelitian, dan statistik yang pernah kamu baca. Kamu harus mendengarkan argumen temanmu dan menyiapkan balasannya dalam waktu beberapa detik. Tidak ada latihan yang lebih seru dari ini.

Ajak teman-teman dekatmu untuk membahas sesuatu yang belum pernah kalian bahas sebelumnya. Tapi jangan lupa buat perjanjian dengan teman-temanmu untuk tidak emosi selama diskusi berlangsung.


Kalau kamu ingin meningkatkan skill berpikir kritis dalam dunia kerja, jangan lupa terapkan cara-cara diatas ya! Ingin mendapatkan kesempatan magang di perusahaan ternama? Rakamin Berani Temenin kamu! Jangan ragu dan sungkan untuk cek kecocokan karir dengan pekerjaan impianmu di Unified Assessment Test dari Rakamin Academy. Hasil test kami akan memberikanmu gambaran kepribadian dan karir yang mudah untuk kamu pahami dan implementasikan untuk membantumu mencapai karir impianmu. Info lebih lengkapnya kamu bisa kepoin langsung di sini ya!

Tag

Reyvan Maulid

Writing about Data Science and Digital Marketing Topics. Penyuka Seblak dan Maklor!

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.