Blog Rakamin Academy

Cara Memperkenalkan Diri Saat Interview yang Mengesankan!

Karir 20 Agt 2022

Siapa yang sebentar lagi mau interview kerja? Hayo tunjuk tangannya sobat Rakamin! Hal yang pertama kali ditanyakan oleh pewawancara saat sesi interview kerja adalah perkenalan diri.

Perkenalan diri adalah awalan bagi rekruter untuk mengenal siapa diri kamu dalam waktu yang singkat. Yes, dalam waktu yang singkat kamu harus bisa menjelaskan siapa dirimu dalam waktu 1-2 menit. Kebayang singkatnya seperti apa dan bingung gimana cara menjawabnya?

Kalau dipikir-pikir susah-susah gampang untuk menjawab pertanyaan ini karena kita harus bisa menyampaikan banyak hal dalam satu kali jawab. Apa sih yang sebenarnya ingin diketahui lebih lanjut oleh pewawancara tentang diri kita?

Mereka butuh tahu apa saja ketika meminta kandidat untuk melakukan perkenalan diri. Pastinya kamu sebagai pelamar harus bisa memberikan first impression yang baik kepada HRD alias lawan bicara kita.

Memang tidak ada standar maupun aturan terkait cara memperkenalkan diri saat interview. Tapi setidaknya dengan adanya poin-poin ini bisa membantu kamu jobseeker maupun Experienced yang ingin melamar kerja.

Buat kalian yang sebentar lagi ingin melangsungkan proses interview sebagai bagian dari seleksi kerja, ada baiknya kamu perlu perhatikan informasi ini. Berikut adalah cara memperkenalkan diri saat interview kerja yang mengesankan HRD.

1. Informasi Dasar Pelamar

Ketika kamu memulai perkenalan diri untuk interview pastikan untuk pelamar bisa menyebutkan informasi dasar kepada HRD. Informasi dasar biasanya memuat nama lengkap, nama panggilan, usia, dan kesibukan saat ini.

Apabila anda merupakan pelamar yang sudah berpengalaman maka bisa diinformasikan terkait pengalaman bekerja beserta bidang perusahaan sebelumnya. Berikut adalah contohnya.

Bagi pelamar yang sudah berpengalaman, kamu bisa menggunakan contoh seperti ini:

Selamat Pagi Bapak/Ibu, sebelumnya terima kasih atas kesempatan yang telah mengundang saya untuk sesi interview. Perkenalkan nama saya Egita Maharani. Saya biasa dipanggil Egi. Sebelumnya saya telah memiliki sebagai Content Writer selama 2 tahun di industri media dan komunikasi dengan menghandle berbagai project blog dan website.

Bagi pelamar yang masih berstatus fresh graduate, boleh banget pakai contoh dibawah ini:

Selamat Pagi Bapak/Ibu, sebelumnya terima kasih atas kesempatan yang telah berkenan mengundang saya untuk sesi interview. Perkenalkan nama saya Egita Maharani. Saya biasa dipanggil Egi. Saya adalah lulusan dari Universitas Yarsi Program Studi Akuntansi. Selama kuliah saya juga berbagai organisasi antara lain Ketua Divisi Akademik dan Profesi Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi, Anggota Tagana Provinsi DKI Jakarta.

2. Jabarkan Pengalaman Terkait

Apabila kamu sudah memiliki pengalaman bisa diinformasikan kepada rekruter terkait pengalaman apa saja yang dimiliki oleh kandidat. Disini kamu bisa sebutkan juga terkait dengan pencapaian dan hal-hal yang pernah kamu raih. Berikut adalah contohnya:

“Selama saya memegang posisi sebagai Content Writer, banyak pencapaian yang saya dapatkan. Terbukti dengan dua tahun saya bekerja, saya berhasil meningkatkan pertumbuhan SEO Organic melalui website sebesar 7 persen. Hal ini membuat website yang saya handle juga meningkat dari segi kunjungan website”

Disini sebisa mungkin kandidat perlu mencantumkan pencapaian secara angka agar bisa meyakinkan rekruter. Jadi bukan hanya sekedar kata-kata yang tidak ada buktinya. Kalau misalnya tidak mencantumkan hal ini, besar kemungkinan juga akan ditanyakan balik sama rekruternya.

Bagi pelamar yang statusnya masih fresh graduate maka kamu bisa jabarkan terkait pengalaman organisasi yang pernah kamu ikuti. Tidak hanya organisasi tapi juga bisa kamu ceritakan seputar lomba ataupun pengalaman kepanitiaan yang pernah kamu ikuti.

3. Jabarkan Kelebihan Kamu di Posisi Itu

Setelah kamu jabarkan tentang pencapaian kamu di posisi sebelumnya, sekarang kamu bisa kaitkan dengan penjelasan apa kelebihan diri kamu sehingga bisa masuk ke posisi itu.

Tidak perlu terlalu muluk-muluk yang penting kelebihan kamu adalah kelebihan yang memang menunjukkan diri kamu dan pekerjaan yang kamu tekuni. Kamu bisa pilih 1-2 kelebihan untuk dijabarkan sebagai bukti.

Contoh perkenalan diri dengan menyebutkan kelebihan yang dimiliki:

“Sebagai seorang Content Writer saya dituntut untuk memiliki kemampuan adaptasi dan riset yang cepat terhadap suatu konten yang ingin saya buat dalam bentuk artikel. Pada proyek terakhir yang saya kerjakan, saya melakukan pembuatan artikel sebanyak 20 setiap bulannya. Dari 20 artikel yang saya buat ternyata 10 diantaranya sudah mendapatkan posisi di halaman pertama pencarian Google. Dari tim SEO melakukan evaluasi terhadap artikel yang dibuat oleh Content Writer. Hasilnya tidak ada kesalahan yang ditemukan dan artikel yang sudah dibuat padat dan mendalam sehingga bisa mencapai posisi tersebut”

4. Sebutkan Hobi yang Berkaitan dengan Pekerjaan

Cara memperkenalkan diri selanjutnya dalam sesi interview adalah kamu bisa sebutkan hobi yang berkaitan dengan pekerjaan kamu. Ceritakan juga tentang karakter yang menggambarkan pekerjaan kamu.

Disini HRD bisa melihat bahwa kamu dinilai sebagai kandidat yang aktif, inisiatif dan punya daya juang yang tinggi. Contoh cara memperkenalkan diri dengan menjabarkan hobi yang berkaitan dengan pekerjaan.

“sehari-harinya hobi saya adalah menulis. Agar bisa menghasilkan konten yang bermanfaat dan menarik untuk dibaca maka saya selalu melakukan riset melalui mesin pencari Google dengan mengambil tiga besar artikel terbaik untuk dijadikan pedoman. Kemudian saya akan mengembangkan idenya sendiri dengan mencari kelemahan artikel lain”

Gimana nih udah kebayang-bayang kan sekarang? Jadi kamu sudah tidak perlu bingung-bingung lagi buat memperkenalkan diri kamu dihadapan HRD. Pastikan kamu percaya diri dan selalu bersikap jujur atas apa yang kamu ingin sampaikan. Jangan sampai diawal kamu menaruh kesan yang tidak baik ketika sesi interview.

Sudah siap cari kerja dengan perbekalan skill yang mumpuni? Kalau belum punya, mending siapkan dirimu dari sekarang deh bersama Rakamin Academy! Ada banyak pilihan kelas nih yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan.

Mulai dari Digital Marketing, SEO, UI UX Designer, Business Intelligence, Data Science dan lain-lain.

Keunggulan yang kamu bisa dapatkan adalah materi-materi dari expert tutor yang berpengalaman dibidangnya. Kamu juga akan mendapatkan sesi Coaching  & CV Grooming untuk disalurkan kerja dan mendapatkan tiga portofolio sebagai bahan konsiderasi dalam melamar kerja. Tiga loh guys kurang apa coba. Yaudah apalagi yang mau tunggu? Segera daftar yuk sobat Rakamin!

Tag

Reyvan Maulid

Writing about Data Science and Digital Marketing Topics. Penyuka Seblak dan Maklor!

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.