Blog Rakamin Academy

Cara Membuat Ringkasan Diri Linkedln Agar Terlihat Standout

Karir 21 Mar 2023

Di era sekarang ini, mencari pekerjaan tidak sesusah dulu. Apalagi sekarang mencari pekerjaan bisa dilakukan secara online.

Salah satu platform yang bisa kamu manfaatkan dalam mencari kerja adalah Linkedln.

Dalam Linkedln, ada satu bagian yang disebut dengan Linkedln Summary (Ringkasan diri pada platform Linkedln).

Melalui summary yang kamu tuliskan pada Linkedln, pengguna bisa menunjukkan kepribadian serta rencana apa yang kamu inginkan dalam mengejar karir.

Apabila kamu berhasil menuliskan ringkasan diri pada Linkedln dengan tepat maka profilmu bisa muncul dalam pencarian pihak perusahaan maupun perekrut.

Lalu, apa sih ringkasan diri yang ada pada Linkedln? Berikut adalah penjelasannya.

Linkedln Summary Adalah….

Ketika kamu hendak untuk mengisi profil pada akun Linkedln maka kamu akan menemukan summary atau isian ringkasan diri.

Linkedln Summary atau bio Linkedln adalah isian beberapa paragraf yang muncul tepat pada sebelum bagian pengalaman kerja.

Linkedln memberikan batas pengisian sampai 2.600 kata. Namun yang nantinya akan muncul dalam profil hanya tiga sampai empat baris pertama saja yang terlihat.

Jika ingin melihat lebih banyak maka pengunjung profil perlu mengklik “Baca Selengkapnya”.

Umumnya, summary pada Linkedln biasanya berisi hal-hal yang menarik perhatian calon rekruter terkait keahlian, pengalaman, dan minat kamu.

Cara Menulis Ringkasan Diri di Linkedln

Memang dalam menulis summary pada Linkedln tidak segampang yang dibayangkan.

Ada baiknya kamu perlu mempersiapkan hal berikut untuk membuat ringkasan diri agar terlihat standout dan profesional.

Terus, apa saja yang harus kita cantumkan dalam Linkedln Summary? Rakamin Academy akan bagikan tipsnya untuk kamu!

Buat Garis Besar Sebelum Menulis Ringkasan Diri

Agar terlihat menarik dan uraian penjelasan yang ingin kamu sampaikan bisa runtut, penting sekali untuk kamu dalam membuat garis besar sebelum menuliskan ringkasan diri pada Linkedln.

Pastikan punya struktur yang jelas agar kamu dapat menyampaikan kira-kira nanti isi ringkasannya apa saja.

Dilansir dari Cakeresume, berikut adalah outline ringkasan diri yang bisa kamu jadikan sebagai acuan:

Hook = pada bagian ini, berikan kalimat yang membuat pembaca agar tetap stay. Ingat, hook ini sangat penting karena sebagai kesan pertama pembaca untuk tahu lebih jauh tentang apa yang kamu tuliskan.

Pertimbangkan untuk menuliskan hal-hal yang penting karena hanya tiga baris awal yang memang terlihat saat perekrut mengunjungi profil Linkedln kamu.


Misi = pada bagian ini, kamu bisa jabarkan terkait pekerjaan yang kamu lakukan, bagaimana kontribusimu terhadap pekerjaan yang kamu emban, kenapa kamu tertarik untuk melakukan hal itu.

Informasikan kepada perekrut tentang ketertarikanmu akan suatu hal. Ketertarikan ini pastinya berhubungan dengan rencana karirmu kedepannya.


Keahlian dan Keterampilan = Beritahukan kepada perekrut soal keahlian dan keterampilan yang kamu miliki. Jikalau ada sertifikasi yang mendukung maka kamu bisa tambahkan disana.


Prestasi = Tunjukkan bagaimana keahlian kamu ini bisa membantu dalam mencapai prestasi atau menghasilkan suatu pencapaian di masa lalu.


Call-To-Action = ajak perekrut untuk mengetahui dirimu lebih lanjut dengan memberikan informasi kontak setelah mereka selesai membaca summary pada Linkedln kamu.

Tarik dengan Kalimat Pembuka yang Menawan

Bawalah pembaca alias pengunjung yang mengunjungi profil kamu ini dengan kalimat pembuka yang engaging.

Sebab, Linkedln hanya bisa menampilkan tiga baris awal dari ringkasan yang sudah kamu buat.

Paling tidak 300 karakter pertama harus kuat dan bisa menarik perhatian pembaca agar pembaca ingin tahu lebih banyak tentang siapa dirimu.

Kamu sebagai kandidat mestinya harus bisa memberikan value yang ada pada dirimu yang ingin kamu tunjukkan kepada perekrut.

Nah, untuk membuat kalimat pembukanya sendiri kamu bisa memikirkan hal-hal berikut:
Apa yang membedakan antara dirimu dengan kandidat lainnya
Kombinasi keahlian apa saja yang membantu kamu dalam meraih pencapaian saat ini?
What’s the greatest achievement in your work/life?
Apa prestasi terbaik yang kamu miliki?
Tiga kata yang menggambarkan dirimu

Kamu bisa jabarkan pencapaian-pencapaian sekarang ini dengan menyisipkan keunggulan dari dirimu.

Jelaskan Tentang Pengalaman Kerja

Hal yang paling penting dalam mendeskripsikan ringkasan diri adalah uraian tentang pengalaman kerja yang pernah kamu miliki.

Memang tidak dapat dipungkiri, walaupun Linkedln sudah menyediakan tempat khusus pada kolom pengalaman kerja, kamu bisa meringkas tentang pengalaman kerja selama ini.

Menulis pengalaman kerja dalam Linkedln Summary merupakan kesempatan yang besar untuk kamu sebagai kandidat dalam menunjukkan pencapaian kamu saat ini. Seperti misalnya
“Saya memiliki 2,5 tahun pengalaman kerja sebagai Content Writer di Perusahaan KMM”

Apabila kamu masih berkuliah atau baru lulus kuliah maka kamu bisa mengisi Linkedln Summary dengan pengalaman magang, organisasi, dan kepanitiaan yang pernah kamu ikuti.

Hal ini tentunya akan menjadi nilai tambah bagi pelamar kepada rekruter saat interview nanti. Tonjolkan pekerjaan apa yang kiranya kamu pernah kamu lakukan (Cantumkan job description).

Tuliskan Kemampuan dan Kualifikasi yang Kamu Miliki

Setelah menuliskan pengalaman kerja, kamu bisa menjabarkan tentang keahlian dan kualifikasi yang kamu miliki selama bekerja baik soft skill maupun hard skill.

Misalnya, kamu adalah seorang Data Scientist maka kemampuan yang biasanya kamu miliki akan berhubungan dengan data science seperti bahasa pemrograman Python, SQL, kemampuan numerik, statistik, dan lain-lain.

Jika kamu masih berkuliah ataupun baru saja lulus kuliah, kamu bisa menuliskan tentang keahlian yang kamu kuasai selama mengikuti sebuah organisasi. Misalnya, mendesain poster sebuah acara di kampus.

Tutup dengan Call-To-Action

Call-to-Action sangat penting dalam pembuatan ringkasan diri Linkedln. Sertakan ajakan untuk menghubungi lebih lanjut ataupun ingin lebih dekat untuk berkomunikasi dan membangun koneksi dengan kamu.

Apabila tujuan akhir kamu adalah mendapat tawaran dari perekrut, sertakan pada bagian akhir bio Linkedln terkait informasi kontak agar perekrut bisa menghubungimu dan berdiskusi atas penawaran kerja lebih lanjut.

Tidak hanya nomor telepon, kamu juga bisa menyertakan alamat email sebagai Call-to-Action.

Bahkan akan lebih baik lagi apabila kamu menyertakan CV agar rekruter bisa mengenal kamu lebih banyak.

Itulah tadi bagaimana cara membuat ringkasan diri pada Linkedln. Jadi gimana sobat Rakamin, sudah siap untuk menulis ringkasan diri Linkedln yang terlihat profesional dan berkesan?

Menulis ringkasan diri kurang lengkap apabila kamu tidak menjabarkan skill yang kamu miliki.

Kamu perlu siapkan juga dengan skill yang mumpuni pastinya. Kalau belum punya skill gimana? Mending bangun skill kamu dari sekarang deh bersama Rakamin Academy!

Ada banyak pilihan kelas nih yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari Digital Marketing, SEO, UI UX Designer, Business Intelligence, Data Science dan lain-lain. Infomasi lebih lanjut kamu bisa cek langsung website Rakamin Academy yap.

Tag

Reyvan Maulid

Writing about Data Science and Digital Marketing Topics. Penyuka Seblak dan Maklor!

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.