Berapakah Gaji Rata-Rata Front End Developer, Pengen Tahu?

Belakangan ini, profesi Front-End Developer mulai banyak diincar oleh perusahaan teknologi. Pada dasarnya, front end adalah salah satu bagian dari website yang tampilan kepada para pengguna.

Bagian ini dibuat dengan menggunakan HyperText Markup Language atau yang biasanya dikenal dengan HTTP, Cascading Style Sheets (CSS), dan JavaScript.

Dengan adanya tiga bagian tersebut maka suatu URL dapat bekerja optimal dan menampilkan situs website dengan baik. Front End Developer adalah posisi yang bertanggung jawab dalam menghubungkan situs website maupun aplikasi dengan para penggunanya.

Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja Amerika Serikat, pekerjaan front end developer diprediksikan tumbuh sebesar 8 persen dari 2019 hingga 2029 yang jauh lebih cepat daripada rata-rata untuk semua pekerjaan.

Sedangkan, portal lowongan kerja Glassdoor mempublikasikan 45.000 lowongan pekerjaan Front End Developer di daerah Amerika Utara dan Inggris.

Jadi, posisi Front End Developer benar-benar sangat prestisius di kalangan tech companies.

Apalagi jika sobat Rakamin tertarik dengan desain, jago coding dan membuat desain yang dikhususkan untuk website maupun aplikasi, coba saja melamar posisi front End.

Lalu bagaimana dengan gaji yang diperoleh? Apakah gaji sebesar dengan posisi-posisi lainnya? Kalian pasti penasaran kan? Yuk mari kita bahas bareng-bareng lewat postingan berikut.

Faktor yang Mempengaruhi Besaran Gaji Front End Developer

Sama halnya dengan posisi dan bidang pekerjaan lainnya, posisi Front End Developer juga memiliki gaji yang tidak kalah menterengnya. Namun, besaran gaji yang diperoleh juga tidak asal sembarangan menentukan gaji, semuanya diperhitungkan guys. Ada beberapa faktor yang menentukan besaran gaji seorang front end web. Mulai dari pengalaman, karakteristik perusahaan, dan lokasi. Kita kupas satu-satu

Pengalaman

Kalau ini jangan ditanya, pengalaman kerja yang ditempuh sangatlah menentukan seorang front end developer mendapatkan gaji besar.

Semakin berpengalaman maka semakin besar pula gaji yang didapatkan. Semakin besar pengalaman seorang front end developer juga menandakan semakin baik kemampuan untuk memberikan solusi pada proyek web development atau aplikasi mobile.

Payscale menyebutkan bahwa front end developer pada setiap tingkatan mendapatkan gaji yang berbeda.

Front end developer pada tingkatan entry-level (pengalaman kurang 1 tahun) rata-rata mendapatkan gaji Rp 4.250.000 per bulan.

Tingkatan mid-career (pengalaman 1-4 tahun) berada pada angka Rp 7.480.000 per bulan. Selanjutnya, pada senior front End developer (pengalaman 5-9 tahun) memiliki penghasilan rata-rata Rp 8.000.000 per bulan.

Karakteristik Industri

Tidak melulu pengalaman kerja saja, terkadang karakteristik industri juga menjadi dasar pertimbangan dalam menentukan gaji posisi front end.

Jika kamu berada pada perusahaan besar bisa jadi gaji yang didapatkan jauh lebih besar. Meskipun memang pengalaman kerja yang masih minim.

Apalagi seperti data yang dikeluarkan oleh Glassdoor bahwa lebih dari 40 ribu lowongan front end tersedia.

Jadi, tidak heran apabila posisi front end sedang naik-naiknya nih sobat. Terlebih banyak perusahaan dan startup juga telah menciptakan posisi khusus bagi front end developer.

Lokasi

Lokasi punya peran yang tidak kalah pentingnya dalam menentukan gaji front end.

Mengutip IDstar, seorang front end yang bekerja di Jakarta akan berbeda besaran gajinya dengan seorang front end yang berlokasi di Bali.

Sebut saja di Jakarta, posisi front end bisa mendapatkan gaji Rp 10.000.000.

Sedangkan di daerah Bali justru berbeda kawan yakni Rp 6.300.000 per bulan. Di Surabaya, posisi front end dihargai dengan gaji Rp 4.300.000. Adanya perbedaan gaji yang besarannya beragam di berbagai daerah disebabkan oleh kondisi daerah, perbedaan gaya hidup setiap kota dan biaya hidup.

Rata-rata Gaji Front End Developer

Setelah kita mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap besarnya gaji front end, sekarang kita masuk ke berapakah rata-rata gaji front end developer di seluruh dunia.

Berdasarkan data dari Glassdoor, rata-rata gaji front end developer berada pada angka $86,013.

Jumlah tersebut berdasarkan 3.715 karyawan yang diajukan ke Glassdoor terkait posisi front end developer. Gaji front end developer terendah sekitar $51K, sedangkan gaji tertinggi $145K.

Berbeda dengan Glassdoor, Indeed justru mencantumkan rata-rata besarnya gaji front end developer. Meskipun demikian, ukuran sampel yang diambil justru lebih besar dibandingkan Glassdoor.

Gaji front end developer versi Indeed rata-rata sebesar $103.832 dengan bonus tunai tahunan rata-rata $2.500.

Lanjut, situs Payscale melaporkan gaji rata-rata posisi front end developer sebesar $75.310 per tahun dengan gaji terendah $50K dan tertinggi $90K.

Angka dari PayScale didasarkan pada 4.206 profil yang dikirimkan oleh front end developer.

Terakhir ada situs ZipRecruiter yang melaporkan gaji front end developer berada pada angka $94.639 per tahun.

Batas atas gaji posisi front end developer sebesar $147K dan batas bawahnya sebesar $37K.

Dari keempat situs tadi, kita dapat menyimpulkan bahwa rata-rata gaji front end developer berada pada kisaran $89.948 per tahun.

Tentu nilai ini tidak bisa diremehkan, mengingat bahwa posisi ini merupakan posisi yang terbilang prestisius di tech companies.

Gaji Front End Developer di Beberapa Negara

Gaji Front End Developer berbeda dari satu negara ke negara lain. Ini karena biaya hidup di satu tempat bisa berbeda dengan tempat lain.

Berikut list front end developer salary yang ditawarkan berbagai negara yang dikutip dari berbagai sumber:
1. Amerika Serikat – Di AS, junior front end web developer menghasilkan hingga USD 8.750 per bulan.
2. Inggris – Gaji front end web developer di Inggris rata-rata sekitar USD 4.170 per bulan.
3. Jerman – Gaji rata-rata IT Developer yang bekerja sebagai front end developer sekitar USD 4.750 per bulan.
4. Kanada – Rata-rata gaji front end developer di Kanada adalah USD 8.125 per bulan atau sekitar USD 50 per jam. Posisi entry-level (pengalaman <1 tahun) mulai dari USD 3.912 per bulan sementara sebagian besar IT Developer berpengalaman 5-9 tahun menghasilkan hingga USD 13.812 per bulan.
5. Cina – Di Cina, front end developer tingkat pemula (pengalaman 1-3 tahun) menghasilkan hingga USD 2.187 per bulan

Yap, itulah tadi teman-teman gaji UX Designer yang ada di masing-masing negara. Terlihat jelas perbedaannya bukan? Ohiya, profesi front End memang sudah pasti dituntut untuk jago coding.

Tapi, kamu juga perlu menguasai skill UX Design sebagai langkah menjadi seorang front End handal.

Pasti mau kan dapet gaji yang besar seperti diatas? Kamu bisa loh untuk meningkatkan skill UX Design kamu dengan ikut Bootcamp UI UX Design Bersama Rakamin Academy.

Disini kalian akan diajarkan lebih lanjut seputar UI dan UX Design.

Rakamin Academy bekerjasama dengan expert lulusan Master of Education dari Top Global Universities untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Kurikulumnya juga sudah didesain sehingga peserta mudah mempelajari dan mengikuti bahkan untuk orang awam sekalipun. Setiap peserta juga akan dibimbing dari nol.

Cocok juga buat kamu yang sedang switch career di dunia UI/UX. Segera daftar langsung dan kunjungi official website Rakamin Academy untuk informasi lebih lanjut.