Blog Rakamin Academy

Apa itu Content Marketing? Definisi, Tujuan, Bentuk dan Skill

Insights 4 Mar 2023

Pernahkah kamu mendengar salah satu quotes yang terpopuler yaitu “Content is King”?

Yap, memang benar adanya teman-teman, quotes ini nggak salah juga sih. Pada dasarnya, konten merupakan segala sesuatu yang bisa menyampaikan informasi atau pesan kepada orang-orang yang melihatnya.

Nah, beruntungnya dengan semakin mudahnya akses internet dan media maka konten menjadi sebuah alat yang bisa jadi senjata dalam melancarkan strategi pemasaran yang sangat ampuh.

Apabila kamu berhasil untuk membuat konten yang tepat maka kamu berkesempatan untuk dapat meningkatkan hubungan antara brandmu dengan pelanggan.

Apalagi jika kamu membuat konten berkualitas tinggi justru membantu membangun reputasi dan kepercayaan brand sehingga menghasilkan lebih banyak pelanggan.

Konten yang dibuat membantu memikat pelanggan baru sekaligus membuat pelanggan lama tidak berpaling dengan mudahnya.

Justru konten juga bisa saja membantu meningkatkan pelanggan baru syukur-syukur bisa melakukan pembelian berulang.

Lalu, kira-kira apa sih yang dimaksud dengan content marketing ini? Tujuannya apa dan apa saja bentuk-bentunya.

Pada artikel ini, kita akan bahas lebih dalam terkait dengan apa itu content marketing, tujuan dibuatnya content marketing serta bentuk-bentuk dari Content marketing. Kita simak bareng-bareng yuk untuk penjelasannya!

Apa Itu Content Marketing?

Joe Pulizzi sebagaimana dikutip dari Content Marketing Institute mendefinisikan secara rinci terkait content marketing sebagai berikut:

“Content marketing adalah teknik pemasaran dengan cara membuat dan membagikan konten yang bermanfaat, terkait, dan konsisten untuk menarik dan mendapatkan target audiens yang sesuai agar bisa memperoleh keuntungan dari pengunjung website.”

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa content marketing ini kekuatannya ada pada konten teman-teman.

Sekarang ini, semua media apapun bisa kita jadikan sebagai konten. Entah itu gambar, video, suara, apalagi tulisan. Semua bisa jadi konten.

Tidak berhenti disitu saja, media konvensional juga bisa dipakai dalam membuat content marketing.

Misalnya baliho, poster, atau brosur juga masih bisa kamu manfaatkan. Tentu saja, konten yang kamu sajikan baik pada media digital maupun konvensional juga unik dan menarik.

Dengan membuat konten untuk keperluan pemasaran yang tepat, lambat laun konsumen akan datang kepadamu.

Tujuan Content Marketing

Melihat content marketing ini sangat besar pengaruhnya dalam strategi pemasaran suatu bisnis, setidaknya ada beberapa alasan kiranya apa yang menjadi tujuan dari Content Marketing.

Berikut adalah tujuan dari adanya Content Marketing:

Meningkatkan Brand Awareness

Tujuan utama dalam membuat content marketing yaitu untuk meningkatkan brand awareness.

Apabila kamu baru merintis usaha atau launching sebuah bisnis maka brand awareness sangat penting untuk mengenalkan brand pada target konsumen dan menjadikan pelanggan sekaligus meningkatkan konversi dan revenue.

Meningkatkan Konversi Pelanggan

Dengan mengaplikasikan content marketing maka kamu mampu mengonversi audiens menjadi pelanggan.

Agar goals kamu bisa tercapai, salah satu caranya adalah perlu melakukan riset guna merancang strategi konten yang tepat.

Melalui riset tersebut, kamu akan mengetahui target pasar yang sesuai.

Mulai dari siapa kompetitornya, apa saja kata kunci yang cocok, dan strategi konten marketing apa yang pas untuk menarik perhatian audiens.

Kebutuhan Investasi Jangka Panjang

Strategi content marketing berfokus pada produksi konten yang relevan.

Apalagi jika menggunakan strategi SEO, kamu bisa menjangkau target pasar secara optimal.

Maka dari itu, suatu konten dianggap sebagai investasi jangka panjang dibandingkan iklan yang hanya memiliki batas waktu dan biaya tertentu. Agar

Meningkatkan Traffic

Salah satu tujuan dari content marketing yaitu meningkatkan traffik. Melalui konten yang berkualitas, audiens berbondong-bondong untuk datang ke website kamu.

Jika website kamu menampilkan informasi yang lengkap, informatif, runtut dan mudah dipahami, kemudian terdapat adanya penjelasan terkait barang atau jasa yang kamu tawarkan maka audiens tidak akan sungkan untuk berkunjung ke website kamu.

Dengan begitu, traffic akan semakin meningkat dan bisnis kamu juga berkesempatan untuk mengonversi trafik sebagai revenue.

3.  Jenis Content Marketing

Dalam membuat content marketing, setidaknya ada 5 bentuk yang harus kamu tahu.

Ada blog, e-book, social media, video dan email. Berikut adalah ulasan dari masing-masing bentuk content marketing yang biasanya dipakai oleh marketer.

Blog

Blog merupakan salah satu bentuk content marketing yang paling umum digunakan.

Hal ini dikarenakan dalam blog berisikan banyak informasi yang disajikan secara lengkap yang bisa dijadikan untuk menambah pengetahuan dan wawasan terkait informasi yang dibagikan.

Jadi, blog tidak hanya digunakan untuk keperluan pemasaran saja teman-teman, tapi kamu juga bisa menumpahkan segala ekspresi kamu dalam bentuk tulisan.

E-Book

Selain blog, ada juga e-book yang dijadikan sebagai salah satu bentuk content marketing.

Disini audiens tidak bisa langsung dengan mudahnya untuk mendapatkan e-book ini.

Pengguna harus melengkapi persyaratan terlebih dahulu seperti memasukkan alamat email (surel) agar bisa mengaksesnya.

Social Media

Siapa sih yang tidak kenal dengan media sosial. Salah satu bentuk Content Marketing ini memegang peranan penting dalam pertumbuhan bisnis.

Bagaimana tidak jika hampir setiap orang selalu memeriksa akunnya untuk membuat story atau memantau berita terkini karena durasinya yang singkat dan juga ringkas.

Video

Lain halnya dengan blog dan e-book, video merupakan salah satu bentuk content marketing yang bersifat audiovisual.

Dimana pengguna ataupun audiens tidak hanya mendengarkan audionya saja tapi kamu juga bisa melihat videonya secara langsung.

Video marketing dapat membuat para audiens betah karena konten yang disuguhkan tidak membosankan ketimbang membaca artikel di blog.

Semakin lama waktu yang dihabiskan audience untuk melihat video dapat meningkatkan traffic organik yang sangat menguntungkan bisnismu.

Email

Terakhir ada Email yang termasuk ke dalam salah satu bentuk content marketing.

Efektivitas ketika menggunakan email dinilai lebih tinggi daripada memakai sosial media seperti Facebook dan Twitter.

Hal ini disebabkan Email bisa dikirim ke banyak orang yang telah terdaftar untuk menyetujui melihat segala perkembangan terbaru/update terbaru dari pengirim.

4.  Skill Content Marketing

Ketika kamu ingin berkarir di ranah content marketing maka ada beberapa skill yang kamu kuasai.

Riset dan Analisis Data

Riset dan analisis data bertujuan untuk mengecek apakah kebutuhan audience sudah relevan dengan content atau pesan yang kamu sampaikan. Siapakah audience-mu?

Apa saja ketertarikan atau hal yang mereka sukai? Informasi apakah yang dibutuhkan oleh mereka?

Menjawab beberapa pertanyaan ini merupakan bagian dari riset. Begitu mengetahuinya, kamu bisa lanjut membuat strategi content yang dibutuhkan.

Strategi Content

Sebelum seorang content marketer membuat suatu content, maka yang harus dilakukan pertama kali adalah menyusun strategi content.

Tujuan dari content strategy ini adalah agar content yang dibuat lebih terarah dan bisa tersampaikan kepada target audience.

Dasar-dasar SEO

Sebagai seorang content marketer, kamu harus bisa membuat content berdasarkan SEO untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas traffic content.

Artinya, content yang kamu buat perlu menggunakan kata kunci yang relevan sehingga bisa membuat branding dan meningkatkan ketertarikan audience untuk membaca content.

Jadi sudah pada tahu kan semuanya kalau content marketing sangat worth it dalam keperluan bisnis?

Pengen belajar lebih banyak lagi tentang Content Marketing dan bagaimana cara membuat Content Marketing?

Tepat banget nih, ada Bootcamp Digital Marketing dari Rakamin Academy menantimu guys!

Ikuti perjalanan akselerasi karir selama 18 Minggu bersama expert tutor yang berpengalaman di bidangnya.

Mereka akan siap membantu kamu untuk belajar bareng seputar digital marketing.

Dapatkan benefit-benefitnya kalau kamu serius dan pengen banget ikutan Pelatihan Digital Marketing!

Mulai dari pembelajaran interaktif melalui live online zoom setiap weekend, live group discussion bersama asisten tutor, praktik dan bahas studi kasus, free consultation & counseling expert dan pembuatan portofolio. Apalagi konten-kontennya bisa diakses selamanya! Kurang apa coba.

Eitsss, bagi kamu yang tim gratisan juga boleh merapat, karena kamu bisa ikutan Rakamin Trial Class. Disini kalian bisa menambah skill baru seputar digital marketing.

Yuk tunggu apalagi, buruan daftar sekarang guys daripada tunggu nanti-nanti!

Tag

Reyvan Maulid

Writing about Data Science and Digital Marketing Topics. Penyuka Seblak dan Maklor!

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.