Blog Rakamin Academy

Apa itu Business Intelligence? Kenali Tugas dan Skill yang Diperlukan

Insights 28 Agt 2022

Sobat Rakamin pastinya pernah mendengar istilah Business Intelligence? Konon istilah Business Intelligence ini sudah ada sejak tahun 1960-an sebagai sharing berbagi informasi diseluruh organisasi.

Selanjutnya mulai berkembang pada tahun 1980-an bersamaan dengan hadirnya komputer sebagai alat pengambilan keputusan dan mengubah data menjadi insight sebelum menjadi penawaran khusus dengan solusi layanan yang bergantung pada Teknologi Informasi (TI).

Business Intelligence merupakan salah satu sarana yang akan membantu perusahaan dalam menentukan strategi bisnis berdasarkan data riset pasar yang telah dimilikinya. Selanjutnya, business intelligence analyst (sebutan profesi yang berada di ranah BI) akan mengaplikasikan metode, tools dan software yang sesuai dengan kebutuhannya.

Keberadaan business intelligence sangat penting bagi perusahaan. Sebab, seorang business intelligence akan bertugas untuk merencanakan, mengelola data hingga memberikan hasil akhir berupa informasi yang mudah dipahami untuk seluruh stakeholder pada bisnis. Business Intelligence (BI) menggabungkan analitik bisnis, data mining, visualisasi data, alat dan infrastruktur data, serta praktik untuk membantu organisasi membuat lebih banyak keputusan berdasarkan data yang didapatkan.

Dalam kesehariannya, pekerjaan business intelligence ini ditangani langsung oleh seorang business. Lantas, kira-kira seperti apa sih Business Intelligence itu? Kemudian apa saja tugas dan tanggung jawab yang dilakukan oleh soerang Business Intelligence Analyst? Pastikan kamu jangan skip artikel ini dan baca terus sampai habis ya!

1. Definisi Business Intelligence

Berdasarkan definisinya, Business Intelligence merupakan sebuah profesi yang berkenaan dengan pengolahan dan analisis data untuk keperluan bisnis. Beberapa ahli menyebutkan bahwa business intelligence lebih merujuk pada hasil analisis yang telah dilakukan untuk mendapatkan rekomendasi berupa keputusan bisnis.

Robert Half mengatakan business intelligence adalah peran yang membuat hasil analisis pada sebuah bisnis agar dapat dijadikan rujukan bagi perusahaan dalam bekerja sama dengan staf lainnya. Howard Dresner juga mendefinisikan bahwa business intelligence merupakan konsep dan metode untuk meningkatkan cara membuat keputusan akhir menggunakan bantuan sistem mengenai fakta yang terjadi.

Dari definisi tersebut maka dapat disimpulkan bahwa business intelligence dapat membantu perusahaan untuk membuat keputusan yang lebih baik dengan menunjukkan data saat ini dan historis dalam konteks bisnis mereka. Seorang Business Intelligence Analyst dapat memanfaatkan BI untuk memberikan kinerja dan tolok ukur pesaing untuk membuat organisasi dapat berjalan lebih lancar dan lebih efisien.

Dengan memanfaatkan data yang ada maka seorang business intelligence analyst akan lebih mudah untuk melihat tren pasar dalam rangka meningkatkan pendapatan perusahaan.

2. Pentingnya Business Intelligence dalam Perusahaan

Business intelligence dapat menjadi jembatan antara perusahaan dengan analis data agar dapat menghasilkan keputusan yang bermanfaat. Dalam melakukan pengambilan keputusan ini tidaklah asal teman-teman. Mereka membuat keputusan berdasarkan data yang ada pada saat ini kemudian dilakukan perbandingan data terhadap periode yang lalu.

Seorang Business Intelligence Analyst dapat menerapkan business intelligence untuk memberikan kinerja dan tolak ukur pesaing untuk membuat perusahaan berjalan lebih lancar dan lebih efisien. Berikut adalah beberapa peranan dari keberadaan business intelligence bagi perusahaan:

  • Mengidentifikasi cara untuk meningkatkan profit
  • Menganalisis perilaku konsumen
  • Membandingkan data dengan pesaing
  • Track performance atau melacak kinerja
  • Mengoptimasi proses operasional perusahaan
  • Memprediksi kesuksesan perusahaan
  • Melihat tren pasar
  • Menemukan isu-isu atau masalah yang terjadi pada bisnis

Dari peranan diatas bisa dibayangkan betapa besar pentingnya business intelligence dalam menjembatani perusahaan dengan bisnis. Keberhasilan dan kesuksesan bisnis utamanya tidak terlepas dari banyak faktor. Mulai dari perilaku konsumen, psikologi konsumen, tren pasar, kompetitor dan lain-lainnya.

Sehingga, apabila perusahaan atau seorang pelaku bisnis dapat menggunakan dan mengolah data yang ada hingga menjadi sebuah informasi yang sangat berguna, maka perusahaan ataupun pelaku bisnis akan lebih mudah mencari peluang serta mempertahankan keberhasilan dan kesuksesannya.

3. Tugas Seorang Business Intelligence

Berikut adalah beberapa tanggung jawab yang dilakukan oleh business intelligence (BI) analyst di dalam sebuah perusahaan untuk membantu dalam membuat keputusan bisnis yang berdasarkan data yang aktual:

  • Melakukan identifikasi bagaimana cara untuk meningkatkan performa dan metrik perusahaan melalui insight yang dihasilkan dari data yang telah diolah
  • Mengumpulkan data-data dari berbagai sumber
  • Melakukan analisa customer behavior
  • Melakukan riset tren pasar dan membandingkan data dengan pesaing
  • Mengukur performa dan metrik bisnis dalam kurun waktu tertentu

4. Skill yang Diperlukan dalam Business Intelligence

Di masa sekarang ini, posisi business intelligence di perusahaan begitu penting. Apalagi gaji yang ditawarkan begitu fantastis. Jika kamu tertarik dan ingin menjadi seorang business intelligence analyst maka ada beberapa skill yang perlu kamu kuasai. Baik dari segi hard skill maupun soft skill. Apa aja itu? Mari kita kupas satu persatu ya Sobat Rakamin!

SQL

Kita tahu bahwa SQL merupakan rajanya dalam bidang manajemen database. Pekerjaan sebagai business intelligence akan sangat berhubungan dengan data dan database. Nah, SQL disini sangat berperan untuk melakukan pengolahan data. SQL sendiri adalah kependekan dari Structured Query Language.

Dengan SQL, kamu dapat melakukan berbagai manipulasi data mulai dari membuat, membaca, mengedit, dan menghapusnya. Manipulasi-manipulasi tersebut lebih sering disebut CRUD.

Data Visualization

Data visualization (visualisasi data) merupakan representasi visual dari data dalam berbagai bentuk yang dihasilkan dalam spreadsheet. Visualisasi data menekankan pentingnya penggunaan gradasi dan kombinasi bentuk, warna, dan ukuran yang dapat digunakan dalam melakukan penarikan kesimpulan.

Selain visualisasi data juga memiliki inti yaitu mengkomunikasikan substansi metrik atau indikator yang dipakai dalam bentuk grafik. Visualisasi data bisa membantu audiens memahami pola data. Tentunya komunikasi jauh lebih mudah apabila visualisasi yang disusun menarik dan efektif.

Data Storytelling

Berbeda dengan data visualization, data storytelling memiliki perbedaan dalam hal mengkomunikasikan data kepada pihak-pihak yang berkepentingan. Data storytelling adalah strategi membangun narasi diantara banyaknya kumpulan data didukung dengan adanya visualisasi data yang mudah dipahami oleh awam data. Inti dari adanya data storytelling adalah membentuk sebuah presentasi data dengan tampilan yang menarik dan mudah untuk dimengerti.

Baik data visualization maupun data storytelling, keduanya sangat penting bagi pekerjaan Business Intelligence. Sebab narasi bisa mengubah informasi menjadi insight yang bermanfaat.

Kemampuan Komunikasi

Seorang business intelligence juga dituntut memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Kemampuan komunikasi ini merupakan hal yang fundamental dimiliki oleh seorang BI. Bidang Business Intelligence memang membutuhkan keterampilan khusus yang tidak dapat dipelajari secara instan, namun ilmu komunikasi tidak dapat diremehkan keterkaitannya dengan bidang ini.

Bila anda bekerja di bidang BI, anda tak hanya harus dapat menganalisis data, tapi juga menginformasikannya dengan baik dan benar kepada orang lain, termasuk klien dan kolega yang belum tentu memahami dunia BI.

Nah, itulah tadi penjelasan terkait dengan business intelligence. Buat kamu yang berencana untuk berkarir dengan di bidang business intelligence maka pastikan untuk perhatikan poin-poin berikut ya sobat Rakamin.

Kebetulan Rakamin Academy juga sedang membuka kelas Business Intelligence yang bisa kamu pelajari agar lebih dekat dan mengenal tentang Business Intelligence. Keunggulan yang kamu bisa dapatkan adalah materi-materi dari expert tutor yang berpengalaman dibidangnya.

Kamu juga akan mendapatkan sesi Coaching  & CV Grooming untuk disalurkan kerja dan mendapatkan tiga portofolio sebagai bahan konsiderasi dalam melamar kerja. Tiga loh guys kurang apa coba. Yaudah apalagi yang mau tunggu? Segera daftar yuk sobat Rakamin!

Tag

Reyvan Maulid

Writing about Data Science and Digital Marketing Topics. Penyuka Seblak dan Maklor!

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.