Blog Rakamin Academy

9 Pertanyaan Interview Product Management Lengkap, Yuk Persiapkan!

Insights 8 Jan 2024

Mendapatkan pemberitahuan untuk diundang wawancara sebagai calon kandidat product manager merupakan suatu keuntungan yang bisa kamu manfaatkan. Tidak semua kandidat bisa memiliki kesempatan yang sama denganmu. Maka dari itu, sebisa mungkin kamu harus mempelajari berbagai macam pertanyaan interview yang diajukan untuk posisi product manager.

Dengan persiapan yang matang dan memahami segala pertanyaan dengan baik, tentunya membuat peluang kamu diterima di posisi product manager juga semakin besar. Pastikan kamu memiliki pemahaman yang mendalam tentang industri dan produk yang relevan dengan perusahaan tempat kamu melamar. Kali ini, Rakamin Academy akan berikan kamu kisi-kisi 9 pertanyaan interview terkait product management lengkap! Khusus bagi kamu yang akan melamar sebagai product manager. Penasaran kan? Simak terus ya artikelnya sampai habis Sobat Rakamin!

1. Apa pengalaman kerja yang pernah kamu tangani dan relevan dengan ranah product management?

Pertanyaan yang biasa ditanyakan ketika interview adalah background dari si kandidat itu sendiri. Rekruter berusaha untuk menggali terlebih dahulu di awal terkait adakah pengalaman kerja yang berhubungan langsung dengan ranah product management. Biasanya pertanyaan ini berkutat soal apakah ada pengalaman kerja yang pernah ditangani atau relevan dengan product management?

Pertanyaan ini memberikan kesempatan kepada kandidat untuk menyoroti keahlian mereka dalam konteks product management dan meyakinkan rekruter bahwa mereka memiliki pemahaman yang mendalam tentang peran tersebut. Kandidat dapat menggunakan kesempatan ini untuk menunjukkan bagaimana pengalaman mereka di masa lalu dapat diaplikasikan dalam konteks perusahaan yang sedang diwawancarai.

2. Apa saja tugas dari product manager?

Selain soal pengalaman, tidak jarang apabila kandidat juga ditanya soal pendapat mereka mengenai tugas dari product manager saat interview. Seperti "Bagaimana Anda mendefinisikan peran seorang product manager? Apa menurut Anda tugas utamanya? Apa yang menurut Anda menjadi aspek kunci dalam peran seorang product manager?"

Pertanyaan-pertanyaan ini membantu rekruter mengevaluasi pemahaman kandidat tentang peran product manager, sekaligus memastikan bahwa pandangan dan nilai-nilai mereka sejalan dengan kebutuhan perusahaan. Kandidat dapat menggunakan kesempatan ini untuk menunjukkan wawasan strategis mereka dan bagaimana mereka melihat peran product manager sebagai pemimpin strategis dalam pengembangan produk.

3. Penting atau tidak sih keberadaan product manager di suatu perusahaan?

Wawasan tentang penting atau tidak, keberadaan product manager di suatu perusahaan juga tak luput dari pertanyaan interview. Keberadaan seorang product manager dalam suatu perusahaan sangat penting, terutama dalam konteks pengembangan dan manajemen produk. Peran product manager membawa dampak signifikan pada berbagai aspek bisnis, inovasi, dan keberhasilan produk.

4. Bisa ceritakan tentang proyek atau produk yang pernah kamu kelola sebelumnya?

Biasanya kandidat juga akan diminta untuk menceritakan seputar proyek atau produk yang pernah dikelola sebelumnya. Namun, terkadang kandidat pun sulit untuk menjawabnya. Terkadang, kesulitan yang dialami oleh kandidat dalam menceritakan proyek atau produk yang pernah mereka kelola sebelumnya dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Beberapa alasan umumnya mungkin melibatkan keterbatasan informasi, ketidakjelasan peran dalam proyek tersebut, atau bahkan kurangnya kesadaran akan pentingnya pengalaman tersebut.

Biasanya pertanyaan seputar ini juga memiliki beberapa versi yang jawabannya juga perlu kamu siapkan. Misalnya  "Dapatkah Anda memberikan gambaran tentang tugas atau tanggung jawab spesifik yang Anda tangani dalam proyek tersebut?"

"Apakah ada tantangan khusus yang dihadapi selama pengelolaan proyek, dan bagaimana Anda mengatasi mereka?" dan lain-lain.

5. Bagaimana kamu akan merencanakan dan mengimplementasikan strategi produk?

Pertanyaan dasar dan menggali wawasan kandidat pun sudah ditanyakan. Kini rekruter mulai menggali potensi mereka lewat studi kasus. Kita mulai dari pertanyaan bagaimana kamu akan merencanakan dan mengimplementasikan strategi produk. Merencanakan dan mengimplementasikan strategi produk adalah aspek kunci dari peran product manager.

Tidak heran apabila calon product manager juga akan ditanyakan soal ini. Seorang product manager perlu mengambil pendekatan holistik untuk memastikan produk berkembang sesuai dengan visi dan tujuan perusahaan. Tidak heran apabila product manager perlu pintar dan lihai untuk menyusun strategi produk serta melibatkan kombinasi analisis data, pemahaman pasar, kepemimpinan tim, dan kreativitas.

6. Bisa berikan contoh situasi di mana kamu harus mengambil keputusan sulit terkait produk?

Seperti pertanyaan sebelumnya, kandidat juga biasanya diminta pendapat mereka apabila menangani kasus tertentu. Misalnya pertanyaan seputar “bisa berikan contoh situasi di mana kamu harus mengambil keputusan sulit terkait produk?” Pertanyaan ini memberikan sinyal bahwa sebagai seorang product manager maka kamu perlu tahu bagaimana mengambil keputusan di masa-masa sulit terutama saat produk sedang dalam masa penyusunan maupun produk tersebut sudah siap untuk diluncurkan.

7. Bagaimana kamu mengelola siklus hidup produk dari penyusunan konsep hingga produk tersebut berhasil diluncurkan?

Tidak hanya itu saja, terkadang kandidat (yang sudah berpengalaman) biasanya diminta untuk menjelaskan versi mereka bagaimana cara mengelola siklus hidup produk. Setiap produk punya siklus atau daur hidup yang berbeda-beda. Misalnya produk elektronik akan berbeda siklus hidupnya dibandingkan produk gadget atau tech. Kandidat perlu menunjukkan bahwa mereka tidak hanya memahami konsep siklus hidup produk, tetapi juga memiliki kemampuan untuk merancang dan melaksanakan strategi yang efektif di setiap tahapnya sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan produk yang bersangkutan.

8. Bisa berikan contoh analisis data yang pernah kamu lakukan untuk mendukung keputusan produk?

Product manager tidak hanya berkutat soal bagaimana cara menangani produk, namun juga apakah kandidat memiliki keterampilan khusus dalam hal analisis data. Kemampuan menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan data-driven bagi seorang product manager apabila disampaikan dengan jelas dan meyakinkan dapat membuktikan bahwa seorang kandidat tidak hanya memiliki keahlian dalam merancang produk, tetapi juga dapat menggunakan data untuk mendukung dan memperkuat keputusan strategis produk.

9. Apa inisiatif atau inovasi terbaru dalam dunia produk yang menarik perhatianmu?

Seorang product manager juga perlu menyibukkan waktu mereka melalui tren terbaru seputar dunia produk. Hal ini meliputi pemahaman dan wawasan mereka soal inovasi terbaru yang berhubungan dengan siklus hidup maupun tahapan dalam penyusunan produk. Mulai dari penyusunan konsep sampai peluncuran aplikasi dalam bentuk beta.

Sudah kebayang atau belum dari 9 pertanyaan diatas? Kira-kira semendebarkan apa sih saat interview nanti? Pelajari dengan baik ya sobat Rakamin soal pertanyaan interview tentang product management. Kalau kamu penasaran lebih banyak soal product management, kamu bisa lho buat coba ikutan Free Class Product Strategy Fundamentals: From Idea to Market Success.

Nikmati serunya belajar product management bersama mentor-mentor yang keren dan ahli di bidangnya. Kamu bisa mendapatkan video pembelajaran, akses untuk membangun mini portofolio juga ada tentunya! Info lebih lanjut langsung aja kepoin website kami disini! Selamat menyelami dunia product management bersama Rakamin!

Tag

Reyvan Maulid

Writing about Data Science and Digital Marketing Topics. Penyuka Seblak dan Maklor!

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.