Blog Rakamin Academy

Rekomendasi 6 Buku Terbaik untuk Belajar UX Writing 2023

ux writing 23 Feb 2023

Melihat semakin sengitnya kompetisi bisnis diluaran sana membuat perusahaan dituntut lebih gesit untuk menarik perhatian konsumen agar produk atau jasa yang ditawarkan dapat bertahan di pasar.

Maka dari itu, perusahaan sekarang ini mulai mencari orang-orang yang berkompeten dalam hal menjaring ketertarikan konsumen.

Siapakah dia? UX Writer jawabannya.

Bicara soal profesi ini, tidak dapat dipungkiri bila UX Writer sangat dibutuhkan untuk menjembatani antara aplikasi dengan user.

Mereka berperan dalam menyusun keterangan dan membuat deskripsi yang dimuat didalam produk.

Adapun ranah kerja dari UX Writer dikenal dengan UX Writing. Disinilah waktu-waktunya dihabiskan untuk melakukan sistem desain, metode penelitian, dan analisis data yang dipadukan dengan keterampilan linguistik.

Mulai dari tata bahasa, sistem bahasa beserta proofreading. Maka dari itu, UX Writer yang baik mampu menerjemahkan rangkaian penjelasan dari istilah yang kompleks menjadi deskripsi yang mudah dicerna.

Jika kamu tertarik menjadi seorang UX Writer, kamu perlu membutuhkan berbagai macam referensi salah satunya buku.

Buku tentunya diharapkan jadi referensi untuk pemula yang ingin mengasah skill terkait UX writing.

Nah, kali ini Rakamin berikan rekomendasi buku UX writing yang bisa kamu baca biar makin paham nih soal ranah kerja UX Writing.

Yuk langsung cek aja daftarnya di bawah ini!

1.  Strategic Writing for UX

Buku pertama yang Rakamin rekomendasikan untuk kamu adalah Strategic Writing for UX.

Buku ini ditulis oleh by Torrey Podmajersky, Senior UX Writer  Google. Torrey Podmajersky merupakan salah satu expert dalam bidang UX Writing.

Dalam buku ini, ia membagikan tips ketika membangun User Experience yang efektif. Buku ini sangat sesuai untukmu yang ingin belajar lebih dalam soal strategi UX.

Buku ini dirancang untuk membantu kamu menulis secara strategis untuk pengalaman pengguna dan mencakup topik-topik seperti audiens, sasaran, struktur, dan nada.

Buku ini merupakan sumber yang bagus untuk seorang UX Writer yang ingin mempelajari taktik untuk melibatkan, membujuk, dan menyenangkan audiens target mereka.

Hal ini juga memungkinkan kamu untuk menulis dengan fokus yang jelas pada kebutuhan pengguna dan menyederhanakan topik yang kompleks untuk memudahkan pemahaman.

Disini kamu dapat memahami penggunaan berbagai kerangka kerja dan pola untuk mendokumentasikan desain UX dengan buku ini.

Kamu juga dapat mempelajari tentang metode yang dapat digunakan untuk mengukur efektivitas dokumentasi UX yang telah dibuat.

Hal ini juga membantu UX Writer memahami bagaimana membuat konten UX sehingga dapat memengaruhi siklus hidup pengembangan perangkat lunak

2.  Writing Is Designing

Lanjut ada buku Writing Is Designing yang ditulis oleh Michael J. Metts dan Andy Welfle, dimana keduanya merupakan profesional dalam bidang UX.

Michael J. Metts adalah orang yang terkenal dalam menulis pengalaman pengguna. Sedangkan Andy Welfle adalah ahli strategi konten.

Mereka telah merancang buku ini untuk membantu UX Writer memahami pentingnya menulis dalam desain UX dan bagaimana formula ini diaplikasikan untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Buku ini berisi banyak informasi tentang topik yang berkaitan dengan UX Writing dan menyertakan contoh yang akan membantu Anda memahami cara menulis UX copy.

Buku ini bisa dibilang sumber yang bagus untuk desainer UX pemula dan menengah.

Buku ini akan membantu Anda mempelajari cara menulis untuk meningkatkan pengalaman pengguna untuk situs web maupun aplikasi Anda.

Desainer dan UX Writer akan belajar bagaimana menggunakan kata-kata untuk membuat desain yang menyenangkan dan ramah pengguna.

Anda juga akan belajar bagaimana menggunakan tulisan sebagai alat untuk memecahkan masalah dan mendapatkan umpan balik dari pengguna

3.  Everybody Writes

Selanjutnya ada buku Everybody Writes ditulis oleh Ann Handley, seorang Chief Content Officer di MarketingProfs.

Dia adalah kolumnis dan penulis yang luar biasa dari berbagai buku terlaris tentang Content Marketing.

Buku Everybody Writes ditujukan bagi orang-orang yang ingin belajar bagaimana menulis dengan baik.

Buku ini berfokus pada penggunaan tata bahasa yang mudah dipahami, ajakan bertindak (Call to Action) yang menarik, dan bagaimana caranya membuat pelanggan tertarik dengan produk yang kamu tawarkan.

Tentunya dengan gaya penyampaian yang menyenangkan dan mudah diingat oleh konsumen sehingga membuat konten UX Copy kamu lebih menonjol.

4.  Laws of UX

Buku keempat adalah Laws of UX yang ditulis oleh Jon Yablonski. Buku ini merupakan panduan untuk menggunakan psikologi pengguna dalam membuat konten UX Copy.

Buku ini didasarkan pada premis bahwa Anda dapat membuat desain yang lebih efektif dan menarik jika Anda memahami cara berpikir pengguna.

Yablonski membahas perilaku dan interaksi pengguna dengan desain antarmuka digital dan menawarkan cara menggunakan informasi ini untuk menyempurnakan desain Anda.

Buku ini menawarkan tips praktis dan mengajarkan Anda bagaimana desain yang unik dan kreatif dapat dibuat dengan memahami bagaimana orang berinteraksi.

Ini harus dibaca oleh setiap desainer UX yang ingin membuat desain yang efektif dan menarik bagi pengguna

5.  Designing for Behavior Change

Buku Designing for Behavior Change ditulis oleh Stephen Wendel.

Buku ini merupakan salah satu sumber yang berharga untuk belajar tentang berbagai cara untuk memotivasi pengguna dan merancang perubahan perilaku.

Buku ini juga berfokus pada tiga strategi inti untuk membantu pengguna.

Salah satunya adalah mengubah perilaku, yang kedua adalah mengenali perilaku yang ingin diubah oleh audiens target Anda, dan yang ketiga adalah rintangan yang menghambat Anda untuk membuat desain yang efektif.

Dengan memahami ketiganya, Anda dapat membuat strategi yang akan berhasil untuk produk Anda.

6.  Conversational Design

Buku terakhir yaitu Conversational Design ditulis oleh Erika Hall, salah satu penulis buku sekaligus pendiri Mule Design Studio dan penerbitan independen.

Hall adalah konsultan desain yang sangat mumpuni dalam hal bidang desain.

Conversational Design merupakan buku panduan untuk merancang percakapan yang lebih baik.

Buku Conversational Design dalam isinya mencakup dasar-dasar percakapan dan bagaimana menerapkannya pada desain digital.

Hal ini menawarkan pemahaman tentang menciptakan dialog yang efektif dengan pengguna Anda dan merancang antarmuka percakapan yang lebih baik.

Buku ini wajib dibaca oleh setiap desainer yang ingin membuat antarmuka percakapan yang lebih baik.

Ini menawarkan pemahaman tentang percakapan manusia dan bagaimana menerapkannya pada Desain digital.

Anda akan belajar tentang berbagai jenis percakapan, membuat dialog yang efektif, dan merancang antarmuka percakapan yang lebih baik.

Itu dia serba-serbi dari UX Writer dan daftar buku yang cocok kamu baca untuk memulai perjalananmu ke arah sana!

Jangan lupa kamu bisa praktekkan ketika mulai membuat sebuah copy pada UX Writing.

Yuk mulai bangun skill UX Writing kamu sekarang bersama Rakamin Academy!

Nah, jika kamu ingin belajar lebih banyak soal ranah user interface, kamu bisa ikut bootcamp UI/UX di Rakamin Academy, lho! Semuanya akan dipelajari di  Bootcamp Rakamin.

Dan tentunya, kita akan bareng-bareng belajar dari dasar biar semakin paham dengan logikanya dan siap terjun ke industri setelah lulus nanti. Segera daftar langsung dan kunjungi official website Rakamin Academy untuk informasi lebih lanjut.

Mau coba kursus UX writing secara GRATIS di Rakamin? Tinggal klik tombol ini ya.

Tag

Reyvan Maulid

Writing about Data Science and Digital Marketing Topics. Penyuka Seblak dan Maklor!

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.