Blog Rakamin Academy

Jangan Bimbang, Berikut 5 Rekomendasi Kursus UI UX Terbaik!

Bootcamp UI/UX 18 Feb 2023

Belakangan ini profesi UI UX Designer kini diminati oleh sebagian orang yang ingin terjun di dunia digital dan juga desain.

Hal ini disebabkan banyak tersedianya informasi lowongan kerja dari profesi UI UX Designer dari berbagai perusahaan baik multinasional maupun lingkup startup.

Permintaan untuk desainer UX terus meningkat setiap tahunnya. Dilaporkan oleh Linkedln, salah satu media sosial khusus portal informasi lowongan kerja menempatkan profesi UX designer sebagai salah satu dari lima keterampilan teratas pada tahun 2020.

Sementara Glassdoor menambahkan profesi UI UX designer ke daftar 50 pekerjaan terbaik tahun 2022.

Hal ini sebagian besar disebabkan oleh dunia korporat yang memperoleh pemahaman yang lebih baik terkait dengan desain UX.

Selain itu, bagaimana berinvestasi dalam tim desain UX sangat mempengaruhi pendapatan dan tujuan bisnis mereka secara keseluruhan.

Berdasarkan laporan dari CNN Money memprediksi permintaan desainer UX tumbuh sebesar 13% dari tahun 2017 hingga tahun 2027.

Jika anda adalah pemula di bidang UI UX dan merasa belum memiliki pengalaman belajar di bidang tersebut maka kursus UI UX adalah salah satu solusinya.

Menjadi UI atau UX designer tidak melulu harus menempuh pendidikan tertentu asalkan didorong dengan niat dan ketekunan pastinya kamu bisa memulai karir menjadi seorang UX designer.

Sekarang ini banyak sekali lembaga yang menyediakan kursus bagi peserta yang ingin melakukan banting setir ataupun switch career ke bidang UI UX.

Melalui kursus diharapkan peserta khusus dapat mengaplikasikan ilmunya dan menerapkannya di dunia kerja.

Lulusan dari kursus UI UX juga disiapkan untuk menjadi ahli professional melalui materi materi yang disajikan secara terstruktur dan mendalam seputar bidang UI UX beserta aplikasinya di real case industry.

Pada kesempatan kali ini Rakamin akan membagikan 4 kursus UI UX online terbaik.

Siapa tahu artikel yang satu ini bisa menjadi referensi bagi kamu yang ingin banting setir untuk berkarir di dunia UI UX designer. Jangan skip postingan ini ya!

1.  Dibimbing.id

Kita masuk ke rekomendasi kursus UI UX terbaik pertama yaitu dibimbing.id. Kursus yang diselenggarakan oleh dibimbing.id merupakan program pelatihan intensif yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta dalam membuat aplikasi mobile dan web untuk dijadikan portofolio yang menjual bersama praktisi digital berpengalaman selama 4,5 bulan tanpa perlu background pendidikan yang sesuai.

Jadi bagi kamu yang ingin berkarir di bidang UI UX tidak perlu khawatir selama background pendidikan yang kamu miliki itu tidak sesuai dengan bidangnya.

Adapun kurikulum yang dimiliki oleh dibimbing.id dalam menjalankan program kursus tersebut dibagi ke dalam 3 bagian.

Bagian Pertama yaitu introduction yang terdiri dari introduction to UI UX, introduction to UI UX design, fundamentals of UI UX research dan fundamentals of UX writing.  

Sedangkan bagian kedua yaitu deeper comprehension yang terdiri dari wireframing and prototyping, design sprint, user testing dan intense weekly projects. Kemudian yang terakhir yaitu portfolio preparation.

2.  Skilvul

Selanjutnya yang kedua datang dari Skilvul. Skilvul menyediakan kursus UI UX dengan 8 materi.

Adapun rincian materi yang disajikan untuk peserta kursus antara lain design thinking, user flow, wireframe, UI Style Guide, UI/UX Design, UI/UX Prototype, User Research Documents, UX Case Study. Kursus yang dilaksanakan oleh Skilvul tidak memandang latar belakang pendidikan atau jurusan apapun.

Selama memiliki tekad dan niat yang kuat untuk belajar terkait UI UX designer. Dalam kelas kursus mereka menggunakan beberapa tools yaitu Figma, Google Docs, Google Spreadsheet dan Notion.

3.  Binar Academy

Lanjut rekomendasi kursus yang ketiga datang dari Binar Academy. Binar Academy menyelenggarakan UI UX Research & Design. Kursus ini bisa diikuti mulai dari lulusan SMA hingga lulusan yang sudah bekerja.

Adapun keunggulan dari kursus UI UX yang diselenggarakan oleh Binar Academy yaitu belajar tiga kali seminggu bareng fasilitator, mendapatkan challenge di setiap chapter yang dipelajari oleh peserta kursus.

Kemudian mendapatkan feedback dari fasilitator terkait dengan hasil pembelajaran yang telah dilakukan. Lalu dilanjutkan dengan sprint review, job connect, graduation dan final presentation.

4.  Purwadhika

Rekomendasi yang terakhir yaitu Purwadhika. Purwadhika merupakan salah satu lembaga pendidikan digital dan berpengalaman sejak tahun 1987 meskipun demikian lembaga pendidikan Purwadhika Digital Technology School telah diakui dan terdaftar secara resmi di Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.

Purwadhika menyediakan program training intention bagi siapa saja yang ingin shifting ke dunia UI UX design tanpa background desain sekalipun hanya dalam 12 minggu saja.

Kemudian dimentori langsung oleh praktisi UI UX yang telah bekerja dan berpengalaman di berbagai perusahaan multinasional terkemuka.      

Purwadhika juga memberikan dukungan karir dan fasilitas koneksi kerja seumur hidup kepada setiap alumni program job connector.

Disini kamu akan belajar secara menyeluruh berbagai keterampilan yang dibutuhkan seorang UI UX designer mulai dari fundamental UI UX designer hingga mampu mendesain website atau aplikasi yang berorientasi pada kebutuhan pengguna.

5. Rakamin Academy

Rekomendasi kursus UI UX terbaik terakhir ada Rakamin Academy. Selain menawarkan bootcamp digital marketing dan data scientist, Rakamin juga menyediakan kursus UI UX. Rakamin menyediakan program Bootcamp yang bisa diikuti bagi kamu para pemula di bidang UI UX.

Rakamin Academy memiliki kurikulum Advisory Learning yang sudah tersertifikasi oleh Education Alliance Finland. Di sini kamu diberikan waktu 62 sesi pembelajaran plus 3 bulan program, 9 portofolio real case industry, konsultasi belajar bersama expert tutor, career preparation class dan mendapatkan kesempatan virtual internship program.

Tapi jangan khawatir Rakamin Academy juga punya solusinya untuk kamu yang ingin berkarir di dunia UI UX Designer.

Rakamin Academy bekerjasama dengan expert lulusan Master of Education dari Top Global University untuk meningkatkan dan mengevaluasi kualitas pembelajaran peserta. Soal kurikulum sudah tidak perlu diragukan lagi.  

Adapun lulusan kami juga sudah diterima di berbagai perusahaan melalui program job connector yang diselenggarakan oleh Rakamin Academy. Jadi tunggu apa lagi segera daftar langsung dan kunjungi official website Rakamin Academy untuk info lebih lanjut seputar kursus UI UX.

Itulah tadi teman-teman rekomendasi kursus UI UX terbaik yang bisa kamu jadikan referensi sesuai dengan keinginan kamu.

Tag

Reyvan Maulid

Writing about Data Science and Digital Marketing Topics. Penyuka Seblak dan Maklor!

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.