Blog Rakamin Academy

5 Cara dalam Menentukan Karir Bagi Jobseeker, Anti Bingung!

Insights 22 Sep 2023

Sudah lulus tapi bingung mau mengejar karir dimana? Kebingungan fresh graduate dalam menentukan karir selepas lulus dari perkuliahan memang hal yang lumrah terjadi. Apalagi ketika lulus, persaingan untuk memasuki dunia kerja juga semakin ketat. Pepatah mengatakan “langkah awal akan menentukan langkah selanjutnya”.

Pengalaman kerja yang masih minim membuat jobseeker pastinya juga kesulitan dalam menentukan karir yang tepat saat masuk dunia kerja nanti. Karir pertama yang kamu jejaki akan berdampak pula pada pilihan karir kamu selanjutnya. Jadi jangan sampai menyia-nyiakan kesempatan ya! Selagi masih ada peluang, jobseeker perlu memperjuangkan karir yang diinginkan. Agar kamu tidak semakin bingung, kalian perlu perhatikan cara berikut agar sukses dalam menggapai karir.

Temukan Passion

Cara paling mudah dalam menentukan karir bagi jobseeker adalah sesuaikan dengan passion yang kamu punya. Mencari pekerjaan terutama bagi lulusan baru akan lebih mudah kalau dia berhasil menemukan passion yang dimilikinya. Coba sejenak merenungi diri, kira-kira bidang apa yang kamu suka. Carilah informasi sebanyak-banyaknya terkait bidang yang kamu geluti, cocokkan dengan posisi yang ingin kamu ambil. Biasanya setiap orang akan memiliki kecocokan karir yang disesuaikan dengan aktivitas apa yang berhubungan dengan kuliah atau diluar kuliah.

Mencoba untuk Mengenali Diri Sendiri

Yang akan menjalani dunia kerja nanti adalah kamu sendiri, bukan orang lain. Sebisa mungkin, cobalah untuk mengenali lebih dalam siapa dirimu. Takar seberapa bisakah kamu untuk memasuki setiap posisi yang bisa kamu sesuaikan dengan tipe kepribadianmu. Misalnya, kamu merasa bahwa pekerjaan yang sifatnya lapangan tidak bisa kamu kuasai secara maksimal. Solusinya adalah cari pekerjaan yang bukan lapangan, misalnya perkantoran. Kekuatan kamu ternyata jago public speaking dan berani tampil di depan publik, ambil pekerjaan yang berhubungan langsung dengan minatmu itu. Misalnya content creator, MC, trainer dan lain-lain.

Mengikuti tes seputar karir

Menemukan passion dalam diri sendiri sudah, mencoba untuk merenung tentang kelebihan diri sendiri juga sudah. Tapi masih kurang? Nah kamu juga bisa mengikuti tes seputar karir sebagai parameter kamu dalam menentukan karir kedepannya. Sekarang ini kamu tidak perlu bingung untuk mencari informasi seputar tes karir. Disitulah kamu bisa manfaatkan dan untuk mengukur kira-kira karirku cocoknya dimana ya?

Ada banyak subtes yang bisa kamu ikuti soal tes potensi karir. Mulai dari psikotes, kemampuan matematika dasar, figural, serial gambar yang tentunya tingkat kesulitan soalnya beragam. Hasil yang kamu peroleh nanti adalah gambaran kasar terkait karir apa yang cocok denganmu. Melalui hasil tes tersebut, kamu dapat menyesuaikan jenis pekerjaan apa yang ada sekarang ini.

Mencari pengalaman yang berbeda

Saat kita berpikir, mungkin kita tidak akan ada niat untuk mencoba. Oh karir ini cocok nggak sih? Kalau tidak dicoba gimana kita bisa tahu? Menemukan karir yang tepat memang susah-susah gampang. Tidak langsung bisa klik pada awalnya, tanpa kita tidak coba-coba dulu. Namun jangan khawatir, kamu tetap bisa untuk menemukan jawabannya dengan mencari pengalaman sebanyak mungkin. Selami karir yang mungkin kamu rasa bisa untuk jadi batu loncatan karir kamu kedepannya

Misalnya 3 bulan pertama kamu menjadi seorang sales executive, berlanjut pada 3 bulan selanjutnya kamu bisa menggeluti bidang lain misalnya brand activation dan lain-lain. Nantinya dari segudang karir yang kamu pernah coba ini, kamu akan tahu kira-kira mana yang lebih cocok.

Cari Pekerjaan Sampingan

Setelah lulus kamu bisa manfaatkan untuk mencari pekerjaan sampingan. Selain menambah pemasukan, kamu juga bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mengasah skill di bidang yang kamu tekuni. Siapa tahu pekerjaan sampingan ini bisa menjadi batu loncatan untuk meraih karir dalam beberapa tahun kedepan. Pekerjaan sampingan juga bisa kamu manfaatkan untuk menabung pengalaman karena bisa saja ketika ingin melamar kerja, HRD akan menanyakan kesibukan pelamar sebelum apply ke posisi yang kamu inginkan.

Menentukan karir di awal memang membuat kita jadi bingung. Namun dengan beberapa cara diatas kira-kira sudah tidak bingung lagi kan, dalam menentukan karir? Rakamin berani temenin untuk mewujudkan karir impianmu!

Jangan ragu dan sungkan untuk cek kecocokan karir dengan pekerjaan impianmu di Unified Assessment Test dari Rakamin Academy. Hasil test kami akan memberikanmu gambaran kepribadian dan karir yang mudah untuk kamu pahami dan implementasikan untuk membantumu mencapai karir impianmu. Info lebih lengkapnya kamu bisa kepoin langsung di sini ya!

Tag

Reyvan Maulid

Writing about Data Science and Digital Marketing Topics. Penyuka Seblak dan Maklor!

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.